Thursday, 20 August 2015

6 Tips Memilih Baju-Baju Hamil

Kehamilan membuat seorang ibu mengalami perubahan bentuk tubuh. Dari tubuh yang biasanya langsing menjadi lebih berisi dan gemuk karena ada janin yang sedang bertumbuh. Karena kehadiran janin ini, ibu pun akhirnya harus memilih baju yang lebih longgar karena harus menyesuaikan bentuk tubuh ibu hamil yang sudah semakin membulat dari bulan ke bulan.

Dari awal kehamilan, ada baiknya ibu hamil sudah menyiapkan baju-baju hamil ini agar pergerakan tubuh lebih leluasa. Dengan memilih baju-baju hamil yang sesuai kebutuhan, ibu akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktivitas harian. Seperti memasak, berangkat ke kantor, berbelanja, hingga medicalcheck up rutin ke dokter kandungan.

6 Tips Memilih Baju-Baju Hamil untuk Ibu Hamil :

1.    Pilih baju yang menggunakan kancing/resleting depan (busui friendly) sehingga bisa dipakai setelah melahirkan yaitu saat menyusui bayi. Jadi bajunya tetap bisa digunakan lagi.
2.    Pilih baju-baju hamil yang menggunakan karet di bagian atas perut sehingga tubuh tidak terasa sakit karena pakaian yang makin sempit.
3.    Pilih baju-baju hamil yang memakai tali sehingga bisa lebih longgar.
4.    Baju lebih lebar ke bagian bawah, sehingga bisa digunakan selama masa kehamilan sembilan bulan.
5.    Pilih baju-baju hamil yang menggunakan kancing di pergelangan tangan sehingga mudah menggulung lengan saat akan berwudhu
6.    Pilih kreasi motif. Ibu bisa mengkreasikan dua warna yang berbeda sehingga membentuk gradasi di bagian atas dan bawah. Misal tunik atas warna orange, bawah warna hitam sehingga tampil modis. Atau baju diberi aksen renda di bagian bawah sehingga tampak cantik.

Berbagai perlengkapan kehamilan selain baju-baju hamil antara lain : celana hamil, rok hamil, bra hamil, dll. Rok hamil ini bisa Ummi buat sendiri di rumah dengan cara menggunakan bahan yang lebih adem digunakan. Misalnya kain katun. Bahan ini dipotong seperti rok biasa, namun di bagian pinggang hanya perlu diberi tali sehingga Ummi bisa menariknya sesuai ukuran perut yang semakin membesar. Gunanya agar rok ini bisa membuat Ummi tetap leluasa berjalan dan syar’i. Namun jika sudah tidak bisa menggunakan rok yang lebar karena jalannya yang sudah susah, Ummi bisa menggunakan celana hamil yang lebih longgar sehingga bisa tetap berjalan-jalan untuk merilekskan tubuh di pagi hari.  Selamat memilih baju-baju hamil yang sesuai kebutuhan, Ummi.

No comments: