Thursday, 20 August 2015

Cari Tahu Perkembangan Bayi Umur 9 Bulan

Abi dam Ummi, seorang bayi selayaknya makhluk hidup lainnya akan berkembang sesuai dengan tahap pertumbuhan. Seorang bayi memiliki fase pertumbuhan yang akan berjalan sesuai dengan apa saja yang ia pelajari dari lingkungan sekitar dan stimulus yang diberikan oleh orang tua. Sebagai orang tua, Abi dan Ummi bisa mulai mempelajari apa saja perkembangan bayi umur 9 tahun yang akan terjadi nanti.

 Apa saja perkembangan bayi umur 9 bulan yang perlu ibu ketahui? Simak di sini!

1. Bayi Mulai Belajar Menjepit dengan Jari-Jarinya

Perkembangan bayi umur 9 bulan akan mengalami banyak perkembangan. Ini berhubungan dengan motorik halus dan kasarnya. Seorang bayi pada perkembangan bayi umur 9 bulan akan mulai mencoba untuk mengambil hal-hal yang jauh lebih kecil. Ia mulai menggunakan ibu jari dan jari telunjuk yang dikenal sebagai pegangan ‘menjepit’. Seorang bayi akan mulai belajar menggunakan seluruh tangan untuk mengambil benda. Benda ini bisa berbentuk besar maupun kecil. Berapa pun ukurannya, bayi akan senang mengambil benda tersebut. Ia juga mulai memasukkannya ke dalam mulut. Kini ia bisa menggunakan tangannya lebih banyak dari menggunakan mulutnya untuk mengeksplorasi benda-benda. Sebaiknya, seorang ibu menjaga bayinya sehingga tidak tersedak atau kemasukan benda asing yang berbahaya.

2. Perkembangan Bayi Umur 9 Bulan : Ingatan Jangka Pendek

Perkembangan bayi umur 9 bulan juga mencakup ingatan jangka pendeknya yang mulai tumbuh. Seperti bayi lainnya yang jika ditinggalkan dengan orang lain, ia akan merasakan aroma keterasinga. Bayi belum mempercayai orang lain selain Umminya. Ummi akan tetap dicarinya karena ia merasa kedekatan dengan orang yang paling sering bersamanya. Perkembangan yang besar tetapi cukup sulit untuk bayi ini memang akan terjadi.
Ummi lebih baik mulai belajar berkomunikasi dengan si kecil dengan mengatakan bahwa Ummi akan pergi untuk suatu hal. Alasan ini membuat bayi paham bahwa ia akan melihat kembali ibunya. Hal ini membuat bayi tidak merasakan ketakutan ditinggalkan. Pembiasaan ini akan sulit, namun bukan hal yang mustahil bayi akan merasakan perkembangan yang lebih signifikan lagi. Perkembangan bayi umur 9 bulan yaitu bayi mulai belajar permainan yang mengasah interaksi dengan orang tua. Permainan ini misalnya permainan cilukba. Bayi akan belajar mengenali lingkungan sekitar termasuk wajah ibunya.
Demikian perkembangan bayi umur 9 bulan yang bisa Abi dan Ummi perhatikan. Semoga bayi Ummi bisa selalu mengalami banyak perkembangan dan sehat ya.

No comments: