Thursday, 20 August 2015

Inilah 8 Ciri-Ciri Awal Wanita Hamil Muda

Ciri-ciri awal wanita hamil dapat calon ibu ketahui jika ia rajin memperhatikan tubuhnya. Seorang calon ibu wajib mengetahui ciri-ciri awal wanita hamil. Sang calon ibu yang peduli dengan calon buah hatinya harus menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Tujuannya agar janin bisa berkembang dengan baik di dalam rahim ibu. Sehingga kehamilan di usia muda dapat dipertahankan hingga janin besar.

Ada 8 Ciri-Ciri Awal Wanita Hamil yang Bisa Ummi Amati ;

1. Payudara bengkak dan lembut

Ukuran payudara membengkak dan menjadi besar. Payudara yang lebih sensitif bisa menjadi ciri-ciri awal wanita hamil karena kelenjar susu pada tubuh wanita akan segera bekerja.

2. Mual dan muntah (morning sickness)

Mual dan muntah akan sangat sering dirasakan wanita yang hamil. Hampir setiap hari ibu hamil merasakannya pada pagi, siang, dan malam. Sehingga membuat tubuh ibu hamil terasa sangat lemas karena tiap memasukkan makanan ke mulutnya, maka makanan tersebut akan kembali dimuntahkan.

3. Sensitif pada bau

Ciri-ciri awal wanita hamil antara lain sangat sensitif pada beberapa hal, termasuk bau. Misal bau parfum atau makanan yang panas. Hal ini berhubungan dengan perubahan hormon di dalam tubuh.

4. Sering meludah (hipersalivasi)

Terjadi karena perubahan hormon estrogen. Biasanya ibu hamil sering meludah saat kehamilan trimester pertama

5. Pusing dan sakit kepala

Ciri-ciri awal wanita hamil mengalami pusing dan sakit kepala. Karena hamil disebabkan kadar darah yang menurun. Padahal pembuluh darah akan membesar pada saat ibu hamil.

6. Sembelit

Sembelit terjadi karena pengaruh meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus. Sehingga membuat ibu hamil mengalami sembelit atau susah buang air besar. Sembelit yang merupakan ciri-ciri awal wanita hamil juga bisa menjadi keuntungan karena membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih baik.

7. Munculnya bercak darah atau flek dan timbul kram di perut

Ciri-ciri awal wanita hamil yang berikutnya adalah adanya bercak darah yang muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalahartikan sebagai menstruasi.

8. Rasa lelah dan mengantuk, sering kencing atau buang air kecil, sakit punggung dan telat menstruasi

Ciri-ciri awal wanita hamil ini sangat beragam. Namun tergantung dari kondisi ibu hamil yang memang sangat sensitif dengan kondisi lingkungan dan pengaruh hormonal.

Calon ibu perlu mengetahui ciri-ciri awal wanita hamil agar kondisi kesehatannya menjadi lebih baik dengan adanya asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ibu dan janin. Sehingga risiko kematian janin di usia muda dapat dikurangi.

Nah, Ummi, semoga bisa menjaga amanah yang Allah berikan ya. Dan bisa menjalani kehamilan dengan sehat dan bugar sehingga bisa tetap beraktivitas.

No comments: