Thursday, 20 August 2015

List Perlengkapan Bayi untuk Calon Ibu

Memasuki usia kehamilan trisemester akhir, ibu hamil biasanya membuat list perlengkapan bayi yang diperlukan saat akan melahirkan. Agar ibu tidak panik saat mendadak harus ke rumah sakit, sebaiknya ibu sudah menyiapkan list perlengkapan bayi ini jauh-jauh hari. Bagi ibu yang baru pertama kali hamil, list perlengkapan bayi ini berguna agar barang terdata dengan rapi. Sehingga jika ada yang kurang bisa langsung segera dibeli sebelum ibu melahirkan di rumah sakit.

Sejak ibu hamil sudah mendapatkan jadwal hari perkiraan kelahiran, ibu sudah bisa mulai memilih rumah sakit, dokter, hingga metode persalinan apa yang akan ibu lakukan. Jika kehamilan ibu hamil berisiko tinggi, calon ibu bisa berkonsultasi pada dokter agar bisa melakukan penanganan lebih dini sebelum bayi lahir. Misalnya ada kemungkinan bayi sungsang sehingga ibu harus cepat melakukan persalinan darurat lewat caesar. Jika demikian, ibu sebaiknya  sudah menyiapkan list perlengkapan bayi ini.

List Perlengkapan Bayi : Pakaian Bayi Baru Lahir

·         6-8 buah baju bayi lengan panjang.
·         6-8 buah baju bayi lengan pendek.
·         10-12 buah celana panjang bayi.
·         10-12 buah celana pendek bayi.
·         10-12 buah kain bedong untuk menghangatkan tubuh bayi yang baru lahir.
·         6-8 buah singlet bayi atau baju bayi tanpa lengan.
·         1-2 buah sweater bayi.
·         6-8 buah gurita untuk mencegah pusar bayi yang baru lahir agar tidak menonjol keluar.
·         3 buah celemek untuk menjaga baju bayi agar tidak basah terkena air liurnya saat sedang disusui.
·         6-8 pasang kaus kaki dan sarung tangan untuk mencegah bayi agar tidak mencakar wajahnya.

Jika ibu melahirkan di rumah sakit dan biaya persalinan termasuk mendapat fasilitas untuk bayi, maka ibu hamil tinggal membawa perlengkapan secukupnya saja. Tidak perlu terlalu banyak karena sudah ada perlengkapan bayi yang juga disediakan oleh rumah sakit. Ibu hanya tinggal membawa untuk berjaga-jaga jika diperlukan lebih banyak. Namun ibu juga bisa mempersiapkan perlengkapan lainnya seperti perlengkapan tidur bayi dan perlengkapan mandi bayi saat di rumah.
Ibu bisa menyiapkan dengan lebih detail saat bayi sudah masuk usia kehamilan 7 bulan. Tujuannya agar ibu sudah tahu perkiraan jenis kelamin bayi yang akan lahir nanti apakah seorang bayi laki-laki atau perempuan.  Demikianlah list perlengkapan bayi bagi bayi baru lahir. Semoga bermanfaat.

No comments: