Thursday, 20 August 2015

Syarat Pensiun Dini bagi PNS Guru

Abi dan Ummi, menjadi tua adalah sebuah keniscayaan yang akan terjadi pada manusia. Di usia lansia, produktifitas akan terhambat karena fisik yang tak lagi bugar. Banyak orang yang kini melengkapi berkas syarat pensiun dini karena beranggapan bahwa pensiun dini akan mendatangkan keuntungan sebelum masa tua datang. Karena itu, banyak orang memilih memangkas waktu untuk mempersiapkan masa tua. Tujuannya agar persiapan masa tua lebih matang. Misalnya : mencari usaha yang lebih menjanjikan dalam hal finansial.

Rasulullah memerintahkan kita untuk mempersiapkan masa tua dengan sebaik-baiknya. Seperti yang diajarkan dalam sebuah hadis.
“Manfaatkanlah lima sebelum datangnya yang lima: masa mudamu sebelum datang masa tuamu; masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu; masa kayamu sebelum datang masa miskinmu; masa hidupmu sebelum datang masa matimu; dan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu.” (H.R. Baihaqi)
Abi dan Ummi, umumnya, orang mengambil pensiun dini dengan beberapa alasan antara lain karena ingin mewujudkan impiannya yang belum terwujud. Seperti memiliki usaha di luar kantor, traveling keliling dunia atau ingin menghabiskan waktunya untuk berbakti pada lingkungan. Ada pula orang yang ingin memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga, atau malah sedang dalam proses penyembuhan penyakit. Karena sakit, orang tersebut memilih untuk mengambil pensiun dini karena sudah tidak bisa bekerja lagi seperti sebelumnya. Pensiun dini bisa terjadi pada siapa saja, baik PNS maupun pegawai swasta dengan berbagai syarat pensiun dini yang berbeda antara satu instansi dengan instansi lain.
Abi dan Ummi, pensiun dini belakangan menjadi banyak sorotan media. Banyak pegawai negeri sipil yang sudah tua merasa tidak mampu mengikuti kompetensi yang disyaratkan oleh pemerintah, akhirnya memilih untuk mengajukan syarat pensiun dini. Guru-guru yang sudah mendekati masa pensiun bisa memilih untuk berhenti bekerja karena tidak sanggup memenuhi tuntutan kompetensi guru yang disyaratkan UU Guru dan Dosen. Berdasarkan UU, guru yang mendapat tunjangan wajib bergelar strata 1(S-1). Namun karena rata-rata mereka sudah berumur dan berat untuk kuliah lagi mengejar S-1, mereka memilih pensiun dini. Beratnya beban guru sekarang memang akan membuat sebagian guru menimbang untuk melirik syarat pensiun dini. Syarat pegawai negeri sipil (PNS) untuk bisa mengajukan pensiun dini yaitu telah menjadi abdi negara minimal 20 tahun dan usia paling rendah 50 tahun.
Ada beberapa syarat pensiun dini yang harus dilengkapi oleh Abi dan Ummi jika ingin mengajukan pensiun dini.
Sumber : http://www.sdm.depkeu.go.id/administrasi_peg.cfm?id=19

Syarat Pensiun Dini yang Harus Dilengkapi oleh PNS :

1.    Surat permohonan pembayaran pensiun pertama (SP.4A)
2.    Daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan tahun terakhir (DP.3)
3.    Daftar riwayat pekerjaan
4.    Salinan sah surat keputusan pengangkatan pertama sebagai calon pegawai negeri sipil
5.    Salinan sah surat keputusan kenaikan pangkat
6.    Kenaikan gaji berkala terakhir
7.    Salinan sah surat nikah
8.    Surat akte kelahiran anak
9.    Pas foto 4×6 sebanyak 5(lima) lembar
10. Surat pernyataan tidak memiliki barang dinas dari atasan langsung minimal Eselon II (disertakan pada waktu pengambilan uang pensiun)
Abi dan Ummi, jika memang harus mengambil pilihan melengkapi syarat pensiun dini, maka ada baiknya istikharah dulu sebelum mengambil keputusan akhir. Jika syarat pensiun dini sudah dilengkapi, maka tinggal menunggu persetujuan. Semoga hasil terbaik yang akan diperoleh Abi dan Ummi nanti.

No comments: