Langsung ke konten utama

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis



Ekstrak Kulit Manggis. Saat ini, manggis tidak hanya dikenal sebagai buah lokal yang kaya vitamin, tapi juga digunakan sebagai obat herbal. Obat herbal ini awalnya saya kenal saat ada iklan obat yang berisi informasi bahwa buah manggis memiliki banyak khasiat. 


Awal bulan Maret ini, musim buah manggis sudah mulai dirasakan oleh beberapa daerah, termasuk di daerah saya, Tegal. Harga yang biasanya kisaran 20 rb, bisa dibeli dengan hanya merogoh kocek sebesar 10 rb per kilogram. Murah kan, teman? Apalagi dengan iming-iming seabrek manfaat manggis bagi kesehatan tubuh, membuat seorang teman dari grup Food Combining segera menyerbu pasar untuk mencari buah yang manis ini. 


Kemarin saya membuat ekstrak kulit manggis dari buah yang saya makan tersebut. Kulitnya tidak saya buang karena akan diolah menjadi minuman sehat. 


Buah manggis berbeda dengan buah lainnya. Buah ini muncul hanya dalam musim-musim tertentu. Buah manggis yang saya dapat ini berasal dari pemberian seorang teman bapak. Diberi banyak satu plastik, saya jadi ingin mencoba membuat sendiri ekstrak kulit manggis. terbayang kan lezatnya buah manggis yang daging buahnya berwarna putih. 


Jika buahnya bisa dimakan, kulitnya bisa digunakan untuk herbal. Kulit ini yang buat ekstrak dengan cara mengerok daging kulitnya yang berwarna agak cerah, lalu mencampurkannya dengan air panas di dalam panci. Air ini digunakan untuk merebus kulit manggis yang sudah saya kerok tadi, hingga airnya berubah warna menjadi agak pink. 


Saya memakai dua gelas air saat merebus, sehingga menghasilkan 1,5 gelas. Air ini bisa diminum 2-3 kali sehari. Buah manggis yang masih tersisa banyak, bisa dipakai di hari lain. Namun karena manggis seperti halnya buah lainnya yang tidak awet disimpan, maka ada baiknya segera dihabiskan dalam 2-3 hari. 


Jika dirasa sayang untuk dibuang, kulit tersebut bisa dikeringkan lebih dulu, setelahnya jika diperlukan bisa direbus seperti biasa untuk menghasilkan ekstrak kulit manggis.


Ekstrak kulit manggis ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, juga mencegah peradangan di tenggorokan. Beberapa manfaat lain juga bisa dirasakan seperti untuk diet, maupun untuk menjaga dari kadar kolesterol yang tinggi. 


Saya menggunakannya untuk tiga manfaat pertama. Untuk rasanya setelah diminum, ekstrak kulit manggis ini memiliki rasa pahit yang kadar pahitnya di bawah level air seduhan bidara laut. Tidak begitu pahit dibandingkan jamu-jamu loh. Jadi saya merasa nyaman saat meminum ekstrak kulit manggis.


Untuk kesehatan, manfaat ekstrak kulit manggis sudah banyak dirasakan oleh orang-orang. Maukah kamu mencobanya juga, teman? Yuk, membuat sendiri ekstrak kulit manggis di rumahmu. ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan