Langsung ke konten utama

Yuk Kenali Virus Corona Lebih Dekat dengan Menyimak Ulasan Berikut

Yuk Kenali Virus Corona Lebih Dekat dengan Menyimak Ulasan Berikut 

Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala yang ditimbulkan berupa batuk ringan, sesak nafas hingga pneumonia akut yang bisa menyebabkan kematian.


Virus covid19 ini bisa menyerang ke manusia dengan kondisi apapun seperti pria, wanita, muda, anak-anak hingga lansia. Semua bisa terinfeksi virus covid19 dan bisa menularkannya kepada orang lain selama virus masih aktif di dalam tubuhnya.



Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan provinsi Hubei China pada bulan Desember 2019 lalu. Awal mula virus ini hingga sekarang masih menjadi misteri meski banyak yang menebak sumber dari virus adalah kelelawar yang banyak diperjualbelikan dalam kondisi hidup di salah satu pasar tradisional di China. Kelelawar hidup tersebut kabarnya dijual untuk dikonsumsi dan menyebabkan munculnya virus di dalam tubuh manusia. setelah menjangkiti manusia, virus tersebut menular dari satu manusia ke manusia lainnya dengan sangat cepat.

Penyebaran yang sangat cepat dan menyebabkan kematian yang tak sedikit ini membuat pemerintah China mengambil antisipasi dengan menerapkan lockdown bukan hanya di kota Wuhan namun hingga ke provinsi Hubei. Hingga saat ini jumlah kasus positif covid19 di China berjumlah lebih dari 88.000 kasus dengan jumlah kematian mencapai lebih dari 3.000 jiwa.

Di awal terinfeksi, seseorang bisa mengalami gejala diare namun tidak terlalu sering atau parah. Disusul dengan batuk kering dan tenggorokan sakit saat menelan. Demam ringan mulai datang dan semakin memburuk dari hari ke hari.

Jika sistem imun tubuh lemah, gejala akan bertambah dengan sesak nafas sehingga di fase ini Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis untuk alat bantu nafas. Namun jika sistem imun tubuh kuat, Anda bisa saja hanya mengalami batuk ringan tanpa gejala berat lainnya. Meski begitu perlu diketahui bahwa mereka yang sudah positif mengandung virus corona baik bergejala maupun tidak tetap bisa menularkan penyakit pada orang lain.

Jumlah kasus yang sangat besar dalam waktu yang singkat terjadi karena cara penularan virus yang sangat mudah dan masif. Berikut ini adalah cara penularan virus covid19 yang perlu Anda waspadai:


1. Droplet.

Virus bisa menular melalui droplet atau percikan air liur penderita yang terhirup langsung atau masuk melalui mulut, hidung dan selaput mata dari orang lain di sekitarnya.

2. Sentuhan tangan.

Virus juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui tangan yang menyentuh mata, hidung, dan mulut setelah sebelumnya tangan tersebut menyentuh benda yang sudah terkontaminasi droplet pasien positif covid19.

3. Kontak fisik.

Kontak fisik dengan penderita juga bisa menjadi sarana penularan.

Dengan cara-cara penularan tersebut, Anda perlu melakukan pencegahan demi terhindar dari bahaya covid19 diantaranya adalah dengan menggunakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain dan sering mencuci tangan untuk memastikan Anda tidak membawa virus kemanapun Anda pergi.

Gejala yang ditimbulkan dari virus corona ini di fase awal mirip dengan gejala sakit pada umumnya sehingga banyak orang yang ketakutan saat mendapati diri atau keluarganya batuk-batuk. Padahal ada banyak penyakit lain yang memiliki gejala batuk.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online di Halodoc sehingga tidak perlu keluar rumah untuk berobat. Halodoc juga bisa mengirimkan obat yang diresepkan ke rumah Anda sehingga tidak perlu bepergian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan