Langsung ke konten utama

SSL Error Harus Setting Ulang Https Di Dasbor Blogspot

Jadi kemarin ada kejadian yang bikin pusing tujuh keliling. Setelah aku perpanjang domain dua blog di Jagoan Hosting, salah satu blognya ada yang nggak bisa diakses. Entah kenapa nggak bisa.

Sejak jam 12 an blog aikoaimee.com ini nggak bisa diakses, awalnya karena saya nanya kan ke adminnya, kok tanda silangnya ada di gembok dan berwarna merah.  Karena penasaran saya pun nanya, tapi jawabannya muter-muter gaes. Karena dialihkan ke banyak admin dari cs sampai yang bagian ngurus tehnis.  Pusing? Iya. Hahaha.

Yaudahlah ya, diusahain deh buat diurus. Sampai jam 17 an baru deh selesai masalah ini.

Intinya gini masalahnya :

Aku nemu kasus ini :

1. Aku perpanjang blog dan ternyata ada paket bundling hosting yang ikut kebeli. Padahal nggak perlu beli. Namanya id kece untuk akun aikoaimee.com.

Sejak pembayaran selesai dan diaktifkan sampai tahun 2020, mendadak blog ini nggak bisa diakses. Ya itu salahnya karena kebeli hosting padahal nggak butuh.

2. Aku cek di dasbor jagoan hosting ada tanda silang merah di gembok, aku tanya dan jawabannya gini :


untuk tampilan gembok hijau pada Managed DNS Beon Bundle - kikysmile.com dapat anda abaikan saja mbak
sebab layanan tersebut muncul untuk kebutuhan manage DNS kikysmile.com
dan saat ini kami telah mengubah status Managed DNS Beon Bundle - kikysmile.com menjadi canceled agar tidak memenuhi layanan anda
dan terkait gembok merah pada ID Kece - Aikoaimee.Com
disebabkan karena seluruh asset yang ada pada website Aikoaimee.Com belum menggunakan HTTPS
untuk layanan ID KECE anda diharuskan membeli layanan SSL agar tampilan pada member area anda menjadi hijau
jika anda membutuhkan fitur freeSSL, kami sarankan untuk upgrade ke paket cloud hosting
dimana anda akan mendapatkan freeSSL tanpa harus membeli layanan SSL.

Jadi, setting ssl belum diaktifkan sehingga blogku nggak bisa diakses. Aku bingung dong. Perasaan aku beli dua blog di tempat yang sama. Kenapa yang satu error satunya baik-baik aja.

3. Aku kira karena ssl itu kan. Akhirnya si admin nyaranin, mbaknya beli paket hosting yang ada free ssl aja. Aku bengong. Lho, aku pake blogspot, emang harus beli paket ssl apa gimana? Emang ada kebijakan baru harus pake ssl untuk blogspot dan itu berbayar? Emang sekarang blogspot kudu pake hosting?



Pertanyaan itu makin muter-muter yang intinya aku diarahkan buat beli paket hosting dan upgrade ke id fame dari id kece. Pusing? Iya hahaha. Begonya aku langsung iyain aja dan beli paket id fame. Habis 200 rb an.

4. Setelah beli paket hosting aku baru nyadar kalau blog aikoaimee.com nggak bisa diakses. Pertama ada tulisan keamanan belum terjamin karena belum https alias ssl belum dipasang. Yang kedua kali diakses lagi tahu-tahu ngarah ke folder cgi-bin. Makin pusing? Banget. Wkwk.




5. Setelah itu aku kontak ke admin buat minta dibantuin. Intinya aku pakai blogspot dan masalah sebenarnya hanya di ssl aja. Aku ga bisa setting ssl dan aku juga nggak tahu kenapa nggak muncul https. Padahal sebelumnya sejak 2 tahunan ini, ketersediaan https udah aku klik yes di dasbor blogspotku.  Jadi kenapa selarang bisa error? *tanda tanya banget*


Intinya setelah itu dibantuin dengan banyak catatan.

1. Layanan hosting dinonaktifkan karena setting domain blogspot nggak perlu pakai beli paket hosting. Jadi id kece dinonaktifkan dan pembelian paket hosting id fame uangnya dikembalikan dalam bentuk credit saldo.

jika kebutuhan anda hanyalah akses blogspot, maka anda tidak perlu melakukan pembelian hosting. sebab akses blogspot tidak memerlukan hosting untuk penyimpananya. untuk hosting kegunaanya adalah jika anda ingin membuat website sendiri, ataupun menginstall CMS seperti wordpress, sitepad, dsb.

2. SSL bisa disetting dari cpannel dan dihubungkan juga dengan setting di dasbor blogspot. Jadi aku dibantu settingkan sama adminnya.

jika untuk https pada blogspot anda tidak diharuskan membeli hosting dan untuk membuat blogspot anda menjadi https dapat mengikuti panduan : https://support.google.com/blogger/answer/6284029?hl=id

3. Https bikin blog lebih aman karena security blog lebih terjamin. Intinya, saat ini chrome mengharuskan hal itu. Jadi blog nggak akan bisa diakses kalau tampilan https nya belum dibikinin. Jadi harus urus ssl blog tersebut.

karena domain aikoaimee.com saat ini mengarah ke layanan ID Kece
maka agar aikoaimee.com dapat mengakses blogspot sebelumnya
silahkan anda menambahkan record yang dibutuhkan pada blogspot pada Zone Editor yang ada pada cPanel ID KECE anda.
berikut panduan penggunaan zone editor anda : https://www.jagoanhosting.com/tutorial/tutorial-domain/setting-dns-hosting-2setelah menambahkan record blogspot, mohon menunggu masa resolve terlebih dahulu maksimal 24 jam kedepan.

Yaudah itu aja sih.

Intinya awal aku open tiket, admin ngira aku pakai wordpress karena layanannya ada hostingnya. Dan ga muncul info bahwa aku pakai blogspot.  Makanya mereka anjurin beli domain. Ya, human error nih. Kecele beli hosting karena salah klik. :(

Kalau blog error dan nggak bisa diakses sebab belum disetting SSL nya, ya nggak harus beli hosting. Tinggal setting aja di Cpanel dan dasbor blog. Slese.

Ini percakapan dengan adminnya lebih ribet lagi karena balasan adminnya dengan bahasa hosting yang aku nggak ngerti. Heuheu. Semoga bermanfaat artikel ini ya.




Komentar

  1. Kalo blogspot emang ga perlu SSL lagi sih, udah disediakan sejak tahun kemarin. Repotnya emang kalo nggak ngerti technical, malah kebeli hosting. Harusnya domain pointing ke blogspot, malah jadi ke hosting yang dibeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Harusnya ga perlu pake hosting. Salah beli ni. Wekeke

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan