Sunday, 1 January 2017

Tips Membeli Mukena Bagi Muslimah

Tips Membeli Mukena Bagi Muslimah

Bagi seorang muslimah, mukena adalah salah satu kebutuhan pokok untuk menunjang ibadah, terutama sholat yang tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengingat mukena hampir setiap hari digunakan kecuali saat haid dan nifas (digunakan 5 kali dalam sehari).

Maka sudah sewajarnya apabila kita seharusnya memilih mukena yang benar-benar sesuai dengan tuntunan agama yang bisa mengakomodasi ibadah kita, nyaman digunakan, dan memiliki kualitas yang baik agar tidak mudah rusak, yang memaksa kita terpaksa harus membeli mukena baru.

Saat ini, ada banyak jenis mukena yang ditawarkan, mulai dari mukena bali yang khas dan terlihat cantik, mukena sederhana yang elegan, Mukena katun jepang, mukena bordir yang sedikit lebih mahal kurang lebih sama dengan mukena sutra. Ada juga mukena parasut yang ringan dan mudah dibawa serta ringkas, dan mukena katun yang sangat cocok digunakan pada siang hari ketika cuaca sangat panas.

Apapun jenis mukena, kain apapun yang digunakan, dan seperti apa pun motifnya, yang jelas mukena harus bisa menutupi aurat mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan.

Namun yang perlu diperhatikan ketika memilih mukena adalah:
  • Mukena harus nyaman digunakan. Kenyamanan ketika menggunakan mukena bisa dirasakan dari kebebasan dalam bergerak sesuai dengan gerakan-gerakan sholat (tidak mengganggu). Selain itu, karena mukena menutupi hapir semua tubuh kita, maka memilih mukena yang adem atau dingin saat dikenakan adalah pilihan bijak. Jadi, memilih mukena yang sekiranya tidak terlalu tebal atau tidak terbuat dari bahan-bahan yang terlalu panas yang menyebabkan kulit tidak bisa bernapas sebaiknya dihindari. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang iklimnya (tropis) memang panas. Pilih saja mukena katun jepang atau mukena bali yang bahannya halus dan adem dipakai.
    mukena tatuis

  • Mukena harus berkualitas. Karena setiap hari digunakan dan digunakan 5 kali dalam sehari. Mukena haruslah berkualitas. Selain kualitas kain, sebaiknya perhatikan juga kualitas karet dari mukena tersebut. Pilihlah mukena dengan karet yang kira-kira tidak mudah molor. Kemudian pilih juga mukena yang bordirannya atau motifnya tidak mudah luntur tidak mudah rusak dan tidak mudah sobek. 
  • Bagi anda yang suka bepergian, mungkin anda perlu mempertimbangkan mukena-mukena yang terbuat dari kain-kain yang ringan dan mudah dikemas seperti kain parasut yang tidak memenuhi terlalu banyak tempat ketika dibawa. Hanya saja yang harus dipertimbangkan saat membeli mukena parasut adalah rasa gerah yang seringkali kita rasakan ketika menggunakannya. Namun secara umum, ketika digunakan pada malam hari atau tidak terlalu sering, mukena jenis ini bisa dipertimbangkan. Mukena ini walaupun tipis dan ringan namun tidak menerawang.
  • Pilihlah mukena katun jepang untuk anak. Sedangkan untuk anak-anak, mukena berbahan katun yang biasanya hadir dalam berbagai bentuk kreasi lebih cocok untuk mereka. Mengingat mereka biasanya anak lebih aktif bergerak dan bermain. Mukena-mukena yang bisa menyerap keringat adalah yang paling tepat untuk anak-anak.
  • Mukena serbaguna. Mukena ergo adalah salah satu jenis mukena serbaguna yang bisa dimanfaatkan juga sebagai jilbab. Jenis mukena ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot berganti pakaian ketika harus sholat dan melakukan kegiatan sehari-hari.
Itulah beberapa tips memilih mukena bagi muslimah, yang semoga saja bisa membantu anda untuk memilih yang terbaik dan yang paling tepat sehingga ibadah menjadi lebih nyaman dan lebih khusyuk.

1 comment:

Hairi Yanti said...

Mukena Tatuis itu favorit sayaaa. Hehehe.. benar banget mbak, mukena itu enaknya yang leluasa kita bergerak. Pernah ada yang sempit dan kependekan. Berasa ga enak ngangkat tangan kalau takbir. Takut kebuka...