Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

 


Judul Buku : Ayo Berlatih Silat!

Penulis : Ahmad Fuadi

Ilustrator  : Ella Elviana

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan pertama, 2018

Tebal: 26 halaman

Genre : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-483-165-3

Rating Buku : 4/5🌟

Harga buku : Rp 52.000

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi


Saat libur sekolah, Salman mengunjungi Agam di Sumatera Barat. Dia ingin mengenal budaya Minangkabau. Agam mengajaknya melihat silat. Yuk, ikut Salman dan Agam mengenal bela diri khas Indonesia. 


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi


Buku anak berjudul Ayo Berlatih Silat! berkisah tentang Agam dan Salman yang berlatih silat di dekat surau, daerah Minangkabau. Ia ingin melatih silat karena merupakan ilmu beladiri daerah Minang. Selain itu, silat juga mempunyai beragam filosofi yang sangat bagus dan perlu untuk dipelajari oleh keturunan Minang.


Agam dan Salman berlari ke surau

Salman ingin jadi pesilat. Ia mengawali dengan belajar kuda-kuda yang kokoh. Selain itu, belajar jatuh juga adalah bagian dari silat. Bahkan, silat itu belajar dari alam dengan menggunakan semua panca indera. Baik melihat, mendengar, mengamati, dan memperagakan. 

"Silat itu menyesuaikan diri di segala tempat. Silat itu untuk bertemu kawan baru. Silat itu menyehatkan jiwa dan raga."

Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

Menurut saya :


Buku anak berjudul Ayo Berlatih Silat! karya Ahmad Fuadi ini merupakan kerjasama antara Room to Read dan Penerbit BIP. 

Buku anak yang terbit tahun 2018 ini memberikan gambaran bagaimana tradisi belajar silat di daerah Minangkabau terus diturunkan dari generasi ke generasi. 

Meskipun banyak orang dewasa yang tidak memakai silat secara intens di kehidupan nyata, tapi silat biasanya diajarkan saat anak-anak masih kecil. 

Belajar ilmu beladiri silat diajarkan oleh para pesilat profesional. Tradisi belajar silat tak bisa dipisahkan dari budaya Minangkabau. Urang awak Minang pasti pernah belajar silat saat kecil. 

Contoh gerakan silat
Berbagai macam gerakan silat


Silat memberikan pengalaman yang berbeda dibanding belajar beladiri lainnya, karena anak-anak belajar dari alam tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan jurus beladiri tersebut. Seringkali, pesilat belajar di dekat sungai dan surau, juga menyatu dengan alam bebas. 

Latihan bareng dengan tetua 




Overall, buku anak ini sangat ringan dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Ilustrasi buku anaknya juga indah karena menggambarkan bagaimana gerakan silat yang dilakukan oleh pesilat. Hanya saja, tidak ada dialog di buku ini, jadi hanya narasi saja dari penulis. 

Nah, selamat membaca ya! 🥰

Sumber gambar : 


https://www.tokopedia.com/grosir-sepatu-/buku-bacaan-ayo-berlatih-silat-ahmad-fuadi


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina

Baca juga : [Resensi Buku Anak] Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! Karya Widya Ross


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan