Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

 


Judul Buku : Ayo Berlatih Silat!

Penulis : Ahmad Fuadi

Ilustrator  : Ella Elviana

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan pertama, 2018

Tebal: 26 halaman

Genre : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-483-165-3

Rating Buku : 4/5🌟

Harga buku : Rp 52.000

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi


Saat libur sekolah, Salman mengunjungi Agam di Sumatera Barat. Dia ingin mengenal budaya Minangkabau. Agam mengajaknya melihat silat. Yuk, ikut Salman dan Agam mengenal bela diri khas Indonesia. 


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi


Buku anak berjudul Ayo Berlatih Silat! berkisah tentang Agam dan Salman yang berlatih silat di dekat surau, daerah Minangkabau. Ia ingin melatih silat karena merupakan ilmu beladiri daerah Minang. Selain itu, silat juga mempunyai beragam filosofi yang sangat bagus dan perlu untuk dipelajari oleh keturunan Minang.


Agam dan Salman berlari ke surau

Salman ingin jadi pesilat. Ia mengawali dengan belajar kuda-kuda yang kokoh. Selain itu, belajar jatuh juga adalah bagian dari silat. Bahkan, silat itu belajar dari alam dengan menggunakan semua panca indera. Baik melihat, mendengar, mengamati, dan memperagakan. 

"Silat itu menyesuaikan diri di segala tempat. Silat itu untuk bertemu kawan baru. Silat itu menyehatkan jiwa dan raga."

Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

Menurut saya :


Buku anak berjudul Ayo Berlatih Silat! karya Ahmad Fuadi ini merupakan kerjasama antara Room to Read dan Penerbit BIP. 

Buku anak yang terbit tahun 2018 ini memberikan gambaran bagaimana tradisi belajar silat di daerah Minangkabau terus diturunkan dari generasi ke generasi. 

Meskipun banyak orang dewasa yang tidak memakai silat secara intens di kehidupan nyata, tapi silat biasanya diajarkan saat anak-anak masih kecil. 

Belajar ilmu beladiri silat diajarkan oleh para pesilat profesional. Tradisi belajar silat tak bisa dipisahkan dari budaya Minangkabau. Urang awak Minang pasti pernah belajar silat saat kecil. 

Contoh gerakan silat
Berbagai macam gerakan silat


Silat memberikan pengalaman yang berbeda dibanding belajar beladiri lainnya, karena anak-anak belajar dari alam tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan jurus beladiri tersebut. Seringkali, pesilat belajar di dekat sungai dan surau, juga menyatu dengan alam bebas. 

Latihan bareng dengan tetua 




Overall, buku anak ini sangat ringan dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Ilustrasi buku anaknya juga indah karena menggambarkan bagaimana gerakan silat yang dilakukan oleh pesilat. Hanya saja, tidak ada dialog di buku ini, jadi hanya narasi saja dari penulis. 

Nah, selamat membaca ya! 🥰

Sumber gambar : 


https://www.tokopedia.com/grosir-sepatu-/buku-bacaan-ayo-berlatih-silat-ahmad-fuadi


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina

Baca juga : [Resensi Buku Anak] Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! Karya Widya Ross


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.