Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Topeng Dadak Merak by Witaru Emi

 

Buku anak topeng dadak merak


Judul Buku : Topeng Dadak Merak

Penulis : Witaru Emi

Ilustrator : Gery Adams 

Penerbit : Penerbit Bestari

Terbit : Cetakan pertama, 2020

Tebal: 28 halaman

Genre : pictorial book / buku anak

ISBN : 978-602-341-281-5

Rating Buku : 4/5 🌟

Harga buku : Rp 49.500

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Topeng Dadak Merak by Witaru Emi : 


Tahukah kamu sebuah topeng raksasa berbulu merak dengan kepala harimau dan rambut seperti singa? Topeng ini memiliki banyak sebutan, salah satunya Topeng Dadak Merak.  


Hari ini Faza akan menunjukkan keunikan Topeng Dadak Merak kepada kedua temannya Ilham dan Beno. 


Yuk, ikuti perjalanan mereka ke dunia Dadak Merak!


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Topeng Dadak Merak by Witaru Emi :


Taukah kamu pertunjukan kesenian reog Ponorogo selalu bisa memukau penontonnya? Kesenian yang mulanya bernama “Barongan” ini dibawa oleh Ki Ageng Suryongalam yang berasal dari Bali.

Seni pertunjukan reog Ponorogo merupakan salah satu tradisi masyarakat Ponorogo yang masih hidup dan bertujuan mempererat tali silaturahmi masyarakat Ponorogo. 


Topeng dadak merak ponorogo
Topeng dadak merak


Keunikan Reog Ponorogo ini terletak pada properti tari yang digunakan yaitu SINGA BARONG yang bagian atasnya dihiasi dengan bulu-bulu merak. 

Singa Barong ini yang kemudian menjadi ciri khas yang membedakan tarian Jawa Timur tersebut dengan tarian lainnya. Ada yang menyebutnya dengan tarian topeng dadak merak karena topeng itu dihiasi bulu merak yang sangat cantik.

Dadak Merak adalah topeng yang digunakan dalam tarian Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Indonesia. Dadak Merak ini berukuran tinggi sekitar 2,25 meter, lebar sekitar 2,5 meter, dan beratnya sekitar 50-60 kg. Bahkan, jika terkena angin beratnya bisa sampai 75 kg lho. 




Dalam buku anak berjudul Topeng Dadak Merak ini, penulis mengisahkan tentang keingintahuan anak-anak perihal tarian Reog Ponorogo yang menggunakan topeng dadak merak.


Dalam buku anak ini dikisahkan topeng dadak merak ini merupakan salah satu kesenian tradisional yang sangat menarik karena dikembangkan dalam masyarakat Ponorogo secara turun temurun. 


Baca juga : [Resensi Buku Anak] The Fisherman's Daughter by Arleen Amidjaya


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo by Watiek Ideo dan Nindia Maya






Dikisahkan, tiga anak bernama Ilham, Beno dan Faza sangat senang karena bisa melihat Kirab Budaya Grebeg Suro. Mereka melihat ayah Faza membawa topeng sangat besar yang bentuknya adalah perpaduan antara bulu burung merak, singa dan harimau. 


Bulu-bulu merak terlihat seperti kipas raksasa. Kayu dadap terpahat menyerupai kepala harimau.

 

Ekor sapi terurai mirip rambut singa. Itulah mengapa Dadak Merak juga disebut Singo Barong.





Di dalam buku anak ini penulis juga bercerita tentang orang yang memainkan tarian dadak merak. Siapakah mereka?


Dadak merah tidak bermain sendirian. Ia membutuhkan gamelan untuk mengatur irama.

Bersamanya ada Prabu kelana Sewandana  dan Bujang Ganong. Ikut serta Penari Jathil berkuda lumping. 

Berbaju hitam berkumis tebal, Warok namanya.  Dialah si pengawal bertubuh gempal. 

Tarian topeng dadak merak menggunakan konsep tradisional dengan baju khas yang sesuai dengan daerah asal yaitu Ponorogo. Gamelan ditabuh untuk menyemarakkan suasana. 


Buku anak Topeng Dadak Merak karya Witaru Emi ini disertai dengan ilustrasi yang cantik dan menawan. Bagi anak-anak yang melihatnya, tidak akan merasa takut, meski aslinya topeng dadak merak terlihat mengerikan. 


Buatku sebagai pembaca buku ini, aku jadi tahu bahwa nama peralatan yang digunakan dalam tarian Singa Barong ini adalah Topeng Dadak Merak. Ternyata topengnya punya nama tersendiri. Selama ini, aku hanya tahu nama tariannya saja, tanpa tahu apa makna dan filosofi dadak merak ini.


Hanya saja, sayangnya tidak ada dialog dalam buku anak ini, hanya narasi saja yang dituliskan penulis. 


Overall, buku anak Topeng Dadak Merak ini menarik minatku untuk mencari tahu tentang budaya jawa yang melingkupinya. 


Buku anak Topeng Dadak Merak ini bisa digunakan untuk mengenalkan keragaman budaya khas Jawa yang sangat unik. Tarian khas jawa yang sudah melegenda dan dikenal di dunia internasional. 


Nah, selamat membaca ya! 🥰


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi


Baca juga : [Resensi Buku] Kembali ke St.Clare - Enid Blyton


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?