Langsung ke konten utama

3 Cara Menjaga Kesehatan ala Nabi Muhammad yang Wajib Kamu Coba

Banyak orang yang sakit, bukan hanya fisik namun juga mental. Ada yang sakit psikis, hingga kesehatan terganggu. Padahal jika kita bisa menjaga kesehatan, insya Allah semua akan baik-baik saja. 


Menjaga tubuh tetap sehat harus dimulai dari menjaga pola makan, istirahat, dan juga pikiran agar tetap jernih. Itulah sebabnya semua aspek kehidupan harus seimbang, agar tetap bisa melakukan segala aktivitas dengan baik dan lancar.


Rasulullah adalah gambaran ideal sosok yang sehat baik secara fisik, mental, spiritual, emosional, dan intelektual. Itulah sebabnya, cara Rasulullah dalam hal menjaga kesehatan sangatlah baik untuk diteladani oleh kita.


Bubur ayam kuliner khas tegal


Nah, jika kamu ingin sehat dan bahagia ala Nabi Muhammad, kamu bisa mencoba 3 tips berikut ini! 


3 Cara Menjaga Kesehatan ala Nabi Muhammad yang Wajib Kamu Coba: 


1. Hindari langsung tidur setelah makan 


"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Maha Tinggi dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapat hati kalian menjadi keras." (HR. Abu Naim)


Dalam dunia kedokteran, tidur setelah makan dapat memicu timbulnya penyakit gerd atau asam lambung meningkat. Itu sebabnya kita perlu memberi jeda 1-2 jam sebelum tidur dengan jadwal makan terakhir kita. Misal tidur jam 10 malam, maka makan malam maksimal jam 8 malam.


2. Makan secukupnya, dan tidak berlebihan


"Tiada tempat yang manusia isi yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun, jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.”  (HR At-Tirmidzi (2380), Ibnu Majah (3349), Ahmad (4/132))


Makan berlebihan dapat membuat kita mudah mengantuk, mudah terkena penyakit obesitas, juga jadi jarang beraktivitas secara aktif. Itu sebabnya, makan secukupnya sangat penting.


3. Makan sambil duduk tegak, dan tidak makan sambil bersandar


Dari Anas r.a berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah SAW dalam keadaan duduk iq’a (duduk di atas tumit dengan menegakkan betisnya) sambil memakan kurma.” (HR. Muslim: 2044 dan Abu Dawud: 3771).


Sistem pencernaan tubuh dengan ini akan bekerja dengan baik dan terhindar dari gangguan pencernaan yang mungkin muncul akibat makan dan minum sambil bersandar atau makan dan minum sambil berdiri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.