Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina

 

Kanguru pohon hewan papua


Judul Buku : Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka)

Penulis buku : Nelfi Syafrina

Ilustrator : Vico Andika dan Bayu Aryo

Penerbit : Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai)

Terbit : Cetakan Pertama, November 2018

Tebal: 36 halaman

Genre buku : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-366-609-6

Rating Buku : 4/5 🌟

Harga buku : Rp 25.000

Beli di Tiga Serangkai Store

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


Sinopsis Buku Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina: 

Kango, si kanguru pohon, sedang sedih. Ada beberapa teman yang sering mengejeknya. Dia pun berusaha tidak menghiraukannya dan tetap bersabar.

Kango tetap berbuat baik kepada teman-temannya. Bahkan, berkat kesabaran dan kebaikan Kango itu, teman-teman akhirnya menyadari kesalahan mereka. 

Bagaimana hal itu terjadi? Kebaikan apa yang telah dilakukan Kango? 

Baca, yuk, kisah Kango selengkapnya!


❤❤❤


Review Buku Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina:


Nelfi Syafrina menulis buku seri fabel ini setelah ditawari oleh editor Tiga Serangkai. Sebelumnya, ia baru 1 kali menulis fabel dengan tokoh hewan. Jadi ia banyak mencari referensi sebelum memutuskan untuk melanjutkan proyek menulis buku ini.

Nelfi Syafrina pun mencari referensi tentang hewan langka yang sudah ditentukan oleh Mas Hary, editor naskah Tiga Serangkai.  

Ada 5 jenis hewan langka di Indonesia yang ditulis dalam seri fabel anak ini yaitu : Jalak bali, Badak sumatera, Kanguru pohon, Macan kumbang, dan Anoa pegunungan.

Seri fabel anak penerbit tiga ananda
Kumpulan buku fabel anak karya Nelfi Syafrina


Konsep naskah fabel karya Nelfi Syafrina ini adalah hewan langka yang berakhlak mulia. Perpaduan antara akhlak mulia dengan hewan langka ini sangat unik karena bertujuan mengajak anak mengenal aneka keragaman hewan langka di Indonesia dan juga belajar akhlak. 


Kanguru Pohon asli Papua


Dikisahkan dalam buku ini, Kango, si kanguru hutan merasa sedih karena sering diolok-olok oleh teman-temannya. Kango memiliki ekor yang pendek, berbeda dengan kanguru hutan yang lainnya. 

Sayangnya Kango pernah mengalami kecelakaan sehingga ekornya terputus. Namun Kango diberi semangat oleh kakaknya agar tetap tenang dan tidak mempedulikan ucapan orang lain tentang dirinya.

Kango ingin ikut pertandingan lari yang diadakan di hutan untuk menunjukkan kemampuannya. Ia pun berlatih hingga kakinya siap untuk mengikuti pertandingan. 

Kango diberi semangat oleh kakak, ayah dan ibunya di pertandingan, karena jenis kanguru hutan sangat sedikit di hutan itu. Keluarga Kango termasuk hewan langka yang ada di hutan Papua. 

Kango pun berlari dengan kencang dan tak mempedulikan ejekan temannya. Namun, saat lari, temannya terjatuh. Kango berusaha membantu temannya agar bisa berjalan lagi. 

Kango pun melanjutkan pertandingan. Hasilnya, Kango menjadi juara 3, meski begitu ia bahagia karena teman-temannya memperlakukannya dengan baik setelah ia membantu yang lain. 

Menurut Saya : 


Buku fabel anak berjudul Kanguru Hutan yang Sabar ini mengajarkan anak-anak bahwa sikap kita harus sabar menghadapi hidup. Kadang ada teman yang mengejek kita karena fisik yang tidak sama dengan yang lain, bahkan juga tidak mau berteman karena berbeda.

Buku fabel anak ini sangat tipis, seperti pictorial book pada umumnya. Dengan ilustrasi di buku, anak jadi tahu bentuk Kanguru Hutan seperti apa. Sekilas tampak mirip dengan kanguru di Australia, namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

Di akhir cerita, penulis juga menyisipkan informasi dan fakta tentang Kanguru hutan, si hewan langka asli Indonesia ini. Kanguru hutan dilindungi oleh undang-undang karena termasuk hewan langka. 

Kanguru Hutan makan dedaunan, bunga, buah, ranting pohon, dan rerumputan. Selain itu, mereka bisa melompat hingga 9 meter dari pohon. Mereka juga menjilati  bulu di tubuhnya untuk menjaga suhu tubuh tetap aman.

Nah, selamat membaca ya! ❤

Foto sumber : 


https://www.ketiknews.id/nasional/amp/pr-3012060043/Kanguru-Pohon-Mantel-Emas-Ini-Memang-Khas-Papua

Baca juga: [Resensi Buku] Fabel Aku Sayang Keluarga: Mencari Odi by Yovita Siswati & Inner Child


Baca juga: [Resensi Buku] Kue-kue Kesukaan Vili by Stella Ernes


❤❤❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.