Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina

 

Kanguru pohon hewan papua


Judul Buku : Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka)

Penulis buku : Nelfi Syafrina

Ilustrator : Vico Andika dan Bayu Aryo

Penerbit : Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai)

Terbit : Cetakan Pertama, November 2018

Tebal: 36 halaman

Genre buku : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-366-609-6

Rating Buku : 4/5 🌟

Harga buku : Rp 25.000

Beli di Tiga Serangkai Store

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


Sinopsis Buku Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina: 

Kango, si kanguru pohon, sedang sedih. Ada beberapa teman yang sering mengejeknya. Dia pun berusaha tidak menghiraukannya dan tetap bersabar.

Kango tetap berbuat baik kepada teman-temannya. Bahkan, berkat kesabaran dan kebaikan Kango itu, teman-teman akhirnya menyadari kesalahan mereka. 

Bagaimana hal itu terjadi? Kebaikan apa yang telah dilakukan Kango? 

Baca, yuk, kisah Kango selengkapnya!


❤❤❤


Review Buku Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina:


Nelfi Syafrina menulis buku seri fabel ini setelah ditawari oleh editor Tiga Serangkai. Sebelumnya, ia baru 1 kali menulis fabel dengan tokoh hewan. Jadi ia banyak mencari referensi sebelum memutuskan untuk melanjutkan proyek menulis buku ini.

Nelfi Syafrina pun mencari referensi tentang hewan langka yang sudah ditentukan oleh Mas Hary, editor naskah Tiga Serangkai.  

Ada 5 jenis hewan langka di Indonesia yang ditulis dalam seri fabel anak ini yaitu : Jalak bali, Badak sumatera, Kanguru pohon, Macan kumbang, dan Anoa pegunungan.

Seri fabel anak penerbit tiga ananda
Kumpulan buku fabel anak karya Nelfi Syafrina


Konsep naskah fabel karya Nelfi Syafrina ini adalah hewan langka yang berakhlak mulia. Perpaduan antara akhlak mulia dengan hewan langka ini sangat unik karena bertujuan mengajak anak mengenal aneka keragaman hewan langka di Indonesia dan juga belajar akhlak. 


Kanguru Pohon asli Papua


Dikisahkan dalam buku ini, Kango, si kanguru hutan merasa sedih karena sering diolok-olok oleh teman-temannya. Kango memiliki ekor yang pendek, berbeda dengan kanguru hutan yang lainnya. 

Sayangnya Kango pernah mengalami kecelakaan sehingga ekornya terputus. Namun Kango diberi semangat oleh kakaknya agar tetap tenang dan tidak mempedulikan ucapan orang lain tentang dirinya.

Kango ingin ikut pertandingan lari yang diadakan di hutan untuk menunjukkan kemampuannya. Ia pun berlatih hingga kakinya siap untuk mengikuti pertandingan. 

Kango diberi semangat oleh kakak, ayah dan ibunya di pertandingan, karena jenis kanguru hutan sangat sedikit di hutan itu. Keluarga Kango termasuk hewan langka yang ada di hutan Papua. 

Kango pun berlari dengan kencang dan tak mempedulikan ejekan temannya. Namun, saat lari, temannya terjatuh. Kango berusaha membantu temannya agar bisa berjalan lagi. 

Kango pun melanjutkan pertandingan. Hasilnya, Kango menjadi juara 3, meski begitu ia bahagia karena teman-temannya memperlakukannya dengan baik setelah ia membantu yang lain. 

Menurut Saya : 


Buku fabel anak berjudul Kanguru Hutan yang Sabar ini mengajarkan anak-anak bahwa sikap kita harus sabar menghadapi hidup. Kadang ada teman yang mengejek kita karena fisik yang tidak sama dengan yang lain, bahkan juga tidak mau berteman karena berbeda.

Buku fabel anak ini sangat tipis, seperti pictorial book pada umumnya. Dengan ilustrasi di buku, anak jadi tahu bentuk Kanguru Hutan seperti apa. Sekilas tampak mirip dengan kanguru di Australia, namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

Di akhir cerita, penulis juga menyisipkan informasi dan fakta tentang Kanguru hutan, si hewan langka asli Indonesia ini. Kanguru hutan dilindungi oleh undang-undang karena termasuk hewan langka. 

Kanguru Hutan makan dedaunan, bunga, buah, ranting pohon, dan rerumputan. Selain itu, mereka bisa melompat hingga 9 meter dari pohon. Mereka juga menjilati  bulu di tubuhnya untuk menjaga suhu tubuh tetap aman.

Nah, selamat membaca ya! ❤

Foto sumber : 


https://www.ketiknews.id/nasional/amp/pr-3012060043/Kanguru-Pohon-Mantel-Emas-Ini-Memang-Khas-Papua

Baca juga: [Resensi Buku] Fabel Aku Sayang Keluarga: Mencari Odi by Yovita Siswati & Inner Child


Baca juga: [Resensi Buku] Kue-kue Kesukaan Vili by Stella Ernes


❤❤❤

Komentar

  1. Maa sya Allah... baru sempat BW, makasih reviewnya ya Mbak Ila. Semoga bukunya bermanfaat bagi semua pembacanya khususnya pembaca cilik. Aamiin...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan