Langsung ke konten utama

Resep dan Cara Membuat Otak-otak Ikan Tengiri Bumbu Kacang Lezat dan Nikmat

 

Cara membuat otak otak ikan


Ingin membuat kuliner otak-otak ikan tengiri yang lezat? Kamu bisa membuatnya dengan resep dan cara membuat otak-otak ikan tenggiri ala Gadis Fithri Afiana (ig @gadis785). 


Selamat mencoba resepnya ya! 


Bahan Resep Otak-otak Ikan Tengiri: 


🍀510 gram daging tenggiri 

🍀50 gram maizena

🍀300 gram sagu tani

🍀4 butir putih telur

🍀200 ml santan instan

🍀12 butir bawang merah

🍀12 butir bawang putih

🍀3 sdt garam

🍀4 sdt gula pasir

🍀1 sdt merica bubuk

🍀4 batang daun bawang iris-iris


Alat yang digunakan


🍳daun pisang yang sudah dibersihkan

🍳staples/tusuk lidi

🍳plastik pipping bag (optional)

🍳teflon/sejenisnya untuk: memanggang


Cara membuat Otak-otak ikan tengiri

Bumbu kacang:

πŸ₯˜250 gram kacang tanah, digoreng 

πŸ₯˜90 gram gula jawa

πŸ₯˜1 sdt garam

πŸ₯˜5 sdt gula pasir

πŸ₯˜20 gram asam jawa,campur air 3 sdm, buang bijinya

πŸ₯˜5 siung bawang putih, goreng utuh

πŸ₯˜5 siung bawang merah, goreng utuh 

πŸ₯˜10 buah cabe keriting, goreng utuh 

πŸ₯˜4 lembar daun jeruk

πŸ₯˜3 lembar daun salam

πŸ₯˜2 sdm kecap manis

πŸ₯˜500 ml air

πŸ₯˜50ml santan


Cara membuat bumbu kacang:

1. Blender semua bahan jadi satu kecuali daun jeruk dan daun salam. 

2. Tuang bahan diatas dalam wajan, tambah daun salam dan daun jeruk, masak dengan api kecil sampai matang, lakukan tes rasa. 

3. Sisihkan.


Cara membuat otak-otak ikan tengiri :


1. Blender bawang merah, bawang putih, putih telur dan santan, sampai halus.

2. Campurkan daging tenggiri dengan bumbu yang dihaluskan tadi, lalu beri garam, gula pasir, merica, dan irisan daun bawang. Lalu, aduk sampai rata. Tambahkan maizena dan sagu tani. Campur sampai rata.

3. Masukkan adonan ke dalam pipping bag. Gunting ujungnya.lalu isi adonan ke dalam daun pisang, lalu gulung dan distaples. Lakukan sampai adonan habis.

4. Panggang adonan otak-otak dengan api kecil menggunakan teflon, sampai matang di satu sisi lalu balik sekali saja sampai matang seluruhnya. Tanda matang biasanya ketika dipegang adonan sudah kenyal dan tidak menempel di kulit pisang.

5. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan saus kacang.


Hasil resep: 66 pcs

IG ; https://www.instagram.com/gadis785/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan