Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! Karya Widya Ross

 

[Review Buku Anak] Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat!


Judul Buku : Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! 

Penulis : Widya Ross

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal: 110 halaman 

Genre : kumpulan dongeng/ buku fabel anak

ISBN : 978-602-394-465-1

Rating Buku : 5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


Sinopsis Buku Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! Karya Widya Ross:


Bagaimana kalau Rudi Kucing yang bertubuh kecil menjadi polisi? 

Apa yang akan terjadi saat Tupai yang gagap ikut lomba mendongeng?

Buku ini terdiri dari 10 fabel dengan ilustrasi menarik yang akan membangun karakter positif dan memotivasi anak-anak untuk berani serta bersemangat. 

Yuk baca cerita-cerita di buku ini dan temukan semangat di dalamnya. Ayo bersemangat! 


❤❤❤


Review Buku Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! Karya Widya Ross:


Buku fabel untuk anak ini berisi 10 cerita yang berbeda. Setia judul cerita memberikan banyak pengalaman pada pembaca untuk mendapatkan pendidikan karakter tentang semangat.

Fabel berjudul "Semangat" berkisah tentang Pak Cipto yang merupakan seekor keledai yang senang melukis. Pak Cipto merasa sering sekali mudah mengantuk sehingga lukisan pesanannya tidak kunjung jadi. Karena itu, Pak Cipto pun datang ke dokter untuk memeriksakan dirinya. 

Lalu, dokter memberi saran yang harus Pak Cipto lakukan. Apakah saran itu?

Banyak-banyaklah makan buah dan sayuran. Berolahragalah setiap pagi. Katakan pada dirimu seratus kali, "Semangat!"

Setelah melakukan saran Dokter Koko Bajing itu, pak Cipto pun merasa lebih baik. Ia tidak mengantuk lagi dan penyakitnya hilang. Selain itu, Pak Cipto juga bisa menyelesaikan lukisan bunga yang cantik pesanan Bu Dena tepat waktu.


Ada lagi fabel berjudul  "Lawan Rasa Malasmu" yang berkisah tentang Laba-laba bernama Mili. Seharusnya, Mili membuat selimut dan jaket dari rajutan benang-benang agar bisa dipakai olehnya saat menbutuhkan. Namun, Mili sangat pemalas. Hingga hujan turun, ia tak memiliki satu pun jaket dan selimut untuk dirinya sendiri.


Saat hujan deras turun, Mili terpaksa berteduh di bawah dedaunan agar tidak kedinginan karena hujan. Namun, ia tetap kedinginan. Daun-daun itu tertiup angin hingga menjauh dari tubuhnya. Mili terpaksa berteduh di rumah Sisi, tetangganya agar tidak sakit. 


Sisi heran kenapa Mili tidak memiliki satu pun selimut dan jaket. Mili pun mengaku bahwa ia sangat malas melakukan tugasnya merajut benang. Akhirnya, Sisi meminta Mili untuk merajut keesokan harinya. Karena ia tak selalu bisa membantu Mili jika dibutuhkan. 

Lain kali, lawanlah rasa malasmu sekuat tenaga. Aku tidak selalu bisa menolongmu.


Ada lagi fabel berjudul "Berharaplah" berkisah tentang Pipo Kakaktua yang ingin bermain di Taman Bermain Burung. Sayangnya, ibunya tak memiliki uang untuk membeli tiket masuk Taman Bermain Burung. 


Ibunya meminta Pipo untuk bersabar dan terus berdoa agar keinginannya terwujud. Meski begitu, Pipo tetap berharap dan tak putus asa. Pipo yakin keinginannya akan terwujud bila saatnya telah tiba. 


Menangis tidak akan membuat keinginanmu terkabul, Nak. Kita harus berusaha dan berharap. Berharaplah agar keinginanmu jadi kenyataan. (Hlm. 23)

 

Suatu hari, keajaiban datang. Pipo diberi sebuah es krim kacang dari bu Wawa. Tak disangka, di dalam stik es krim tertulis bahwa ia mendapatkan gratis 2 tiket masuk Taman Bermain Burung. Keinginan Pipo terkabul, meskipun ia harus menunggu lebih lama. Tapi kesabarannya membuahkan hasil. 


Ada 7 fabel lainnya yang menarik, bisa kamu baca sendiri di buku  Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! karya Widya Ross ini ya! 


Menurut saya:


Buku Fabel Pendidikan Karakter - Ayo Bersemangat! karya Widya Ross ini sangat menarik karena mengajak anak-anak untuk bersemangat. Melalui berbagai karakter tokoh yang ada di dalam ceritanya, anak-anak belajar bagaimana mengatasi rasa malas, perasaan malu di depan umum, mengatasi rasa takut pada hal yang mengerikan, menjadi lebih berani, bahkan mengatasi rasa mudah mengantuk. 


Saya merasa buku fabel anak ini sangat mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, gaya bahasanya juga sangat indah dan memberi semangat bagi pembaca anak. 


Melihat hewan pun bersemangat melakukan aktivitasnya, pasti anak-anak ikut semangat menjalani rutinitas harian mereka. Apalagi anak-anak diajari menikmati buku fabel ini dengan metode read aloud atau membaca nyaring.


Fabel adalah dongeng dengan tokoh hewan namun diberi sifat atau karakter seperti manusia. Itulah sebabnya, fabel bisa menjadi contoh bagi pembaca anak karena karakternya dibuat mirip seperti manusia. Anak-anak bisa meniru karakter baik yang dikisahkan penulis dalam buku ini.


Nah, selamat membaca yaa! 


❤❤❤

Baca juga: [Resensi Buku] Fabel Aku Sayang Keluarga: Mencari Odi by Yovita Siswati & Inner Child


Baca juga: [Resensi Buku Anak] Kanguru Pohon yang Sabar (Seri Cerita Hewan Langka) karya Nelfi Syafrina


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.