Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] The Fisherman's Daughter by Arleen Amidjaya


Judul Buku : The Fisherman's Daughter (Anak Nelayan)

Penulis buku : Arleen Amidjaya

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : 2015

Tebal : 24 halaman

Genre : pictorial book (buku anak)

Rating buku : 5🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku] The Fisherman's Daughter karya Arleen Amidjaya

Buku ini menceritakan kasih sayang ayah yang menyentuh hati. Di dalamnya juga terdapat usulan kegiatan untuk kebajikan yang bisa dilakukan bersama. 

Seluruh anggota keluarga pasti menyenangi kisahnya dan menyadari hal-hal penting dalam hidup.


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] The Fisherman's Daughter by Arleen Amidjaya


Buku Anak The Fisherman's Daughter (Anak Nelayan) karya Arleen Amidjaya berkisah tentang anak nelayan bernama Nina yang harus membantu ayahnya mengurus rumah. 


Saat ayahnya menjual ikan di pasar, Nina harus membersihkan rumah, mencuci baju, dan memasak lagi. Nina merasa tidak bahagia. Ia berandai-andai jika ia tidak perlu mengurus rumah, pasti hidupnya akan bahagia. 


Keesokan harinya, Nina terbangun dan mendapati seisi rumah sudah bersih, makanan lezat pun sudah terhidang di meja, dan Nina tak perlu melakukan pekerjaan rumahnya selama ini. Nina pun senang menjalani hari-harinya dengan santai dan bahagia. Namun, ia tidak menemukan ayahnya di mana pun. 


Nina curiga ayahnya hilang atau pergi entah ke mana karena ayahnya tak kunjung pulang ke rumah. Nina merasa kehilangan. 


Saat itulah Nina memutuskan untuk pergi berlayar menggunakan perahu, hingga suatu hari Nina tenggelam. 


Di laut, Nina bertemu dengan Raja lautan dan juga ayahnya. Ternyata ayahnya menjalani tugas yang diberikan oleh sang Raja Laut. Ayahnya menukar tugas itu dengan bayaran sang Raja akan mengabulkan keinginan Nina setiap hari. 


Nina membujuk ayahnya agar mau pulang ke rumah lagi. Akhirnya, Nina dan ayahnya bisa kembali ke rumah dan menjalani kehidupan sebagai nelayan lagi.

Baca juga : [Resensi Buku] Kue-kue Kesukaan Vili by Stella Ernes



🏕 🏕 🏕


Dalam buku anak The Fisherman's Daughter karya Arleen Amidjaya ini, penulis ingin memberikan gambaran bahwa hidup yang mudah ternyata tidak menyenangkan karena cenderung membosankan. Selain itu, tidak ada tantangannya dan membuat orang mudah menyepelekan makna kehidupan.


Pada pagi hari, ketika mereka bangun tidak ada makanan di atas meja. Nina pergi ke dapur dan memasak dengan bahagia. Seharian itu, dia mengerjakan semua pekerjaannya dengan riang.

Ayah Nina dan Nina pun menjalani kehidupan dengan lebih bahagia karena saling menyayangi satu sama lain. 

Dan selama bertahun-tahun kemudian, Nina ingin agar dia selalu punya hal untuk dilakukan. Itu karena Nina sudah belajar bahwa hidup lebih berarti jika kamu melakukan sesuatu untuk orang-orang yang kamu kasihi.

Di buku dongeng anak berjudul the Fisherman's Daughter ini, anak-anak juga diajak untuk melakukan aktivitas untuk merayakan Hari Laut di Jepang yang jatuh pada hari Senin ketiga di bulan Juli. 


Ada beberapa ide aktivitas yang dilakukan anak-anak antara lain : 

1. Bentuk kelompok sebanyak 4-5 orang, ajak keluarga dan teman untuk ikut serta.
2. Tiap orang membawa sebuah kantong plastik besar. 
3. Pergilah ke pantai dan punguti sampah-sampah  yang berserakan, masukkan ke dalam kantong plastik, dan pisahkan juga barang-barang yang bisa didaur ulang. 


Dalam buku dongeng anak the Fisherman's Daughter ini, anak-anak juga diajak untuk bermain game online tentang membersihkan pantai. 


Overall, menurut saya buku dongeng anak the Fisherman's Daughter ini sangat bagus karena mengajarkan anak untuk bersikap mandiri sejak dini, juga untuk menyayangi orang tua, dan mencintai lingkungan kita, terutama lautan. 


Selain itu, ilustrasi buku dongeng anaknya juga bagus dan buku ini disajikan dalam bentuk bilingual jadi anak-anak bisa belajar bahasa Inggris juga. ❤


Nah, selamat membaca ya! 🥰


Baca juga : [Resensi Buku] Ups! Aku Tidak Ceroboh Lagi! by Fita Chakra


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.