Langsung ke konten utama

Essay LPDP Tahap 2: Cara Menyusun dan Tips Menulisnya!




Essay LPDP Tahap 2: Cara Menyusun dan Tips Menulisnya!


Tahap pertama pendaftaran LPDP telah resmi ditutup pada 12 Februari 2024. Eits. jangan sedih dulu! Masih ada pembukaan pendaftaran tahap kedua di bulan Juni-Juli, lho!


Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai menyiapkan essay LPDP Tahap 2 yang krusial dalam proses seleksi.


Mau tahu bagaimana cara menyusun dan tips menulisnya? Yuk, simak!


Sekilas tentang Essay LPDP Tahap 2


Essay LPDP tahap 2 memintamu untuk menjelaskan rencana studi, rencana kontribusi pascastudi, dan komitmen untuk kembali ke Indonesia.


Meski format dan pertanyaan mirip dengan tahap pertama, membuat essay yang menonjol membutuhkan persiapan yang matang.


Tips Menyusun Essay LPDP


Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menyusun essay yang menarik dan berbobot


1. Membuat Pengantar yang Menarik


Pengantar atau kalimat pertama adalah kesempatan pertama untuk menarik. perhatian penyeleksi


Gunakan hook yang menarik, seperti data unik, kutipan inspiratif, atau cerita pribadi yang relevan dengan tantangan Indonesia. Sampaikan juga profil diri dan alasan lanjut studi.


2. Ceritakan Latar Belakang Diri


Ceritakan perjalanan kariermu setelah lulus S1, termasuk pekerjaan pertama dan saat ini, prestasi, atau penghargaan yang relevan.


Ingat, ceritakan latar belakang diri dengan singkat dan relevan, kemudian kaitkan dengan tujuan dan kontribusimu nantinya.


3. Uraikan Rencana Studi


Jelaskan masalah urgent di Indonesia yang ingin kamu selesaikan melalui pendidikan lebih tinggi.


Sertakan program studi dan universitas pilihanmu, dan bagaimana ini dapat membantumu dalam meraih tujuan tersebut.


4. Gambarkan Rencana Kontribusi


Pada bagian akhir, jabarkan rencana kontribusi untuk Indonesia setelah menyelesaikan studi.


Jelaskan dengan spesifik kontribusi apa yang akan kamu lakukan dan dampaknya bagi masyarakat.


Ceritakan perjalanan kariermu setelah lulus S1, termasuk pekerjaan pertama dan saat ini, prestasi, atau penghargaan yang relevan.


Ingat, ceritakan latar belakang diri dengan singkat dan relevan, kemudian kaitkan dengan tujuan dan kontribusimu nantinya.



Contoh Essay LPDP


Berikut adalah contoh potongan kalimat essay LPDP yang bisa kamu jadikan referensi


Pendidikan sebagai Kunci Perubahan.


Dari kecil, saya diajarkan nilai penting pendidikan. Pengalaman membangun sekolah di daerah terpencil mengajarkan saya bahwa pendidikan adalah kunci perubahan sosial. Melalui beasiswa LPDP, saya ingin mendalami pendidikan inklusif, untuk memastikan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.


Ekonomi Syariah untuk Indonesia Maju


Bertumbuh dalam keluarga pebisnis membuat saya menyadari potensi ekonomi syariah di Indonesia. Saya ingin belajar lebih dalam tentang ekonomi syariah di level magister, untuk berkontribusi pada pengembangan ekonomi syariah yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.


Mumpung masih ada waktu sekitar 3-4 bulan lagi sebelum pendaftaran LPDP tahap 2, buat essay LPDP yang menarik perhatian penyeleksi, ya!


Jangan lupa, persiapan untuk IELTS juga penting dengan target skor minimal 6,5 untuk S2 dan 7,0 untuk S3.


Kalau butuh bantuan mempersiapkan beasiswa LPDP, kamu bisa konsultasi dan ikut program mentoring dari Kobi Education!


Semoga berhasil, ya! 

Komentar

  1. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, tetapi kesulitan untuk memulai persiapan terkait study maupun beasiswa, program bimbingan dari kobi education bisa jadi pilihan utk raih impian tersebut

    BalasHapus
  2. Salah satu perkara penting dalam mengajukan scholarship memang essay sih menurutku. Lewat presentasi ini, gak cuma mencerminkan diri kita pribadi tapi juga keinginan kuat kita untuk mengabdikan ilmu yang akan kita dapatkan untuk kemudian menjadi manfaat. Banyak calon pemohon gagal di fase ini. Jadi memang butuh banyak tips dan masukan agar essay ini "berisi" dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  3. Penting nih informasi seperti ini, supaya peminat beasiswa LPDP bisa menyiapkan diri sebaik-baiknya. Sulit sih menurut aku menulis essay yg tepat sasaran dan tulisannya berbobot.

    BalasHapus
  4. Jadi inget anakku waktu berusaha tembus LPDP, gugur saat wawancara
    Sesudah itu masuk ITB (S2) dan di sana ternyata banyak jalan menuju beasiswa berikutnya
    Dengan kata lain, hayuk jangan pernah putus asa
    perbanyak usaha dan doa agar bisa kuliah di luar negeri
    Eh LPDP gak hanya untuk kuliah din luar negeri kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Ambu, harus pantang menyerah. Apalagi kesempatan masih terbuka ya, dan persiapannya makin dimantapkan lagi

      Hapus
  5. Menceritakan layar belakang diri bukan yang alay dan lebay sih ya. Tapi yang gereget dna mantul biar LPDP nya bisa sukse.s.. semangat💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia perbedaan orang Indonesia yang sungkan menceritakan kelebihan dirinya, padahal jika gak dijelaskan gimana orang lain akan tau kelebihan kita
      Karena itu sejak SD saya memasukkan anak-anak ke kursus musik, drawing, dan menganjurkan ikut OSIS untuk memperkuat leadership

      Hapus
  6. Wah makasih tipsnya mba, bener banget, adek sepupuku 2x daftar LPDP ke Leiden, dan Alhamdulillah januari kmrn berangkat. Tetap semangat ya menaklukkan LPDP..

    BalasHapus
  7. Beneran keren deh tipsnya, jadi pengen coba-coba LPDP. Saya masih bisa gak ya...

    BalasHapus
  8. Wah Terima kasih banyak tips nya. Sangat membantu! Terima kasih✨. Semangat untuk kita semua

    BalasHapus
  9. Tips yang sangat membantu banget. Poin-poin yang diuraikan memang mengena dan tepat sasaran. Mau menyemangati anak-anak ku nih untuk mencoba LPDP.

    BalasHapus
  10. Saringannya dari seluruh mahasiswa se-Indonesia Raya yaa..
    Jadi kudu bikin essay yang unik dan tidak berbelit-belit dengan bahasa yang sesuai KBBI.
    Alhamdulillah, disertai contoh juga.. Jadi kebayang bikin Essay LPDP atau bisa konsultasi intensif juga nih di Kobi Education.

    BalasHapus
  11. Luar biasa ya perjuangan mahasiswa ke luar negeri pakai LPDP ini, tapi worth it sih, semoga ilmunya bisa bermanfaat buat Indonesia.
    Essay nya aja lumayan banyak persyaratannya

    BalasHapus
  12. Waaa masih ada kesempatan tuh buat yang mau ngejar LPDP tahap 2 ... siapin essaynya dari sekarang. Runut banget mbanya jelasin soal tips bikin essay plus contohnya

    BalasHapus
  13. Bikin essay ini nggak mudah menurut saya, apalagi essay buat apply beasiswa. Memang butuh bimbingan khusus, eh ada Kobi Education yang menyediakan layanan gini.

    BalasHapus
  14. Mengetahui cara membuat essay dari yang sudah berpengalaman itu, rasanya berbeda dari hanya mencari yang sharing setelah mengetahui dari yang lain. Btw, terima kasih, Kak. Ini poin-poin nya klir banget

    BalasHapus
  15. Salah satu beasiswa yg menjadi incaran setiap orang indo.. Tapi banyak terkendala karna essay nya..
    Tipsnya lumayan membantu ini kak, terimakasih sudah berbagi. Wlpun ada tipsnya tetap yg paling utama harus sering² berlatih membuat essay juga yaa biar nggak kaku dan enak dibaca

    BalasHapus
  16. Cocok banget ini memang yang sedang dicari karena sedang berkeinginan untuk apply LPDP juga,Mba. Sungguh memang butuh persiapan yang tidak sedikit dan perlu sekali persiapan matang untuk essay ini.

    BalasHapus
  17. Jujur saya tertarik sama program lpdp ini. Pengen rasanya coba daftar walopun hanya sebatas impian hehe. Nice info btw,aku share ke keponakanku ah,dia punya rencana ingin lanjut kuliah ke LN soalnya

    BalasHapus
  18. Bagi individu yang suka belajar dan menuntut ilmu sampai ke luar negeri, sepertinya beasiswa LPDP ini sangat cocok ya. Nah, mulai sekarang belajar membuat essay itu wajib bagi para calon mahasiswa LPDP

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan