Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo by Watiek Ideo dan Nindia Maya

 

Buku anak Seri pahlawan nasional


Judul Buku : Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo 

Penulis : Watiek Ideo dan Nindia Maya 

Ilustrator : Dhidit Prayoga

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan pertama, 2021

Tebal : 32 halaman 

ISBN : 978-623-04-0243-2

Genre : pictorial book (buku anak)

Rating buku : 5 🌟

Harga buku : Rp 38.000

Baca ebook di Aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


[Sinopsis Buku] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo karya Watiek Ideo dan Nindia Maya:


Cipto Mangunkusumo adalah dokter yang banyak membantu rakyat jelata pada zaman penjajahan Belanda. Dia dan dua temannya dijuluki Tiga Serangkai karena mendirikan organisasi yang membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk merdeka dari penjajahan Belanda.


Bagaimana kisah perjuangan sang dokter?


Buku anak Seri pahlawan nasional - watiek ideo dan nindia maya


❤❤❤


[Resensi Buku] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo karya Watiek Ideo dan Nindia Maya: 


Buku anak Cipto Mangunkusumo ini berisi tentang kisah hidup Dokter Cipto Mangunkusumo yang merupakan pahlawan nasional di Indonesia. Beliau termasuk salah seorang anggota Tiga Serangkai, partai pertama di Indonesia. 

Cipto Mangunkusumo lahir dari keluarga berada. Ia juga berkesempatan belajar di sekolah Belanda di STOVIA (1899)

Sayangnya, ia melihat ketidakadilan di mana-mana. Termasuk perbedaan pakaian yang digunakan oleh murid dari dua kalangan yang berbeda. Yaitu: kalangan pejabat biasa dan kalangan pejabat setingkat Bupati dan anak pejabat Belanda. 

Karena ia bukan anak pejabat tinggi setara Bupati, maka ia harus mengenakan pakaian adat tradisional Indonesia selama bersekolah di sekolah Belanda. 

Saat dr Cipto Mangunkusumo menjadi dokter, ia bekerja untuk pemerintah. Cipto Mangunkusumo sering melihat ketidakadilan yang terjadi di masyarakat. Itu sebabnya, ia sering menyuarakan tulisannya tentang kehidupan masyarakat di pelosok desa yang jauh dari kemakmuran dan kenyamanan.


Tulisan-tulisanku dimuat di koran De Locomotief, dalam tulisanku aku  menentang pernyataan Belanda bahwa hidup manusia itu ditentukan dari silsilah keluarga.
Bagiku, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan menunjukkan kemampuan. Keturunan bangsawan pribumi, Belanda dan rakyat biasa memiliki hak yang sama. 

Semua kisah hidup Cipto Mangunkusumo dikisahkan dalam buku anak ini  mulai dari dia bersekolah, menentang Belanda melalui tulisan,  mendirikan partai Tiga Serangkai, diasingkan ke Belanda dan dikirim ke Bandung, hingga akhir hayatnya memperjuangkan kehidupan  kaum pribumi menjadi lebih baik. 

Menurut saya : 


Buku anak ini memiliki kelebihan gaya bahasa mudah dipahami dan mengisahkan tentang kisah hidup dr. Cipto Mangunkusumo. 

Kekurangan buku ini adalah tidak adanya dialog dalam buku tersebut. Buku ini menggunakan konsep kisah hidup dari tokoh Cipto Mangunkusumo. Jadi menggunakan kata "aku" sebagai pengganti kata saya. Selain itu, buku ini diberi ilustrasi yang cantik. 

Cipto Mangunkusumo hidup sebagai dokter, namun ia juga sangat berempati kepada rakyat miskin yang tak mampu. Ia juga memiliki keyakinan bahwa Indonesia akan menjadi sebuah negara yang akan besar dan bebas dari penjajahan Belanda. Itulah sebabnya ia bersama temannya mendirikan Tiga Serangkai. 

Saya merasa buku ini sangat padat dengan potongan kisah hidup Cipto Mangunkusumo, jadi pembaca bisa merasa dekat dengan tokoh tersebut. 

Meskipun masih ada kekurangan dari segi dialog yang ditiadakan, namun buku ini tetap menarik untuk dibaca anak-anak. Pembaca anak akan tau siapa pahlawan nasional yang dimaksud dalam buku ini.

Pembaca juga belajar kegigihan dari Cipto Mangunkusumo yang belajar mengasah kemampuan menulisnya di jalan kebaikan.

Nah, selamat membaca ya!🥰

Baca juga : 3 Penulis Buku Anak Terbaik Favoritku Asal Inggris

Baca juga : [Resensi Buku] Petualangan Rahasia Peri Bunga by Watiek Ideo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.