Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo by Watiek Ideo dan Nindia Maya

 

Buku anak Seri pahlawan nasional


Judul Buku : Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo 

Penulis : Watiek Ideo dan Nindia Maya 

Ilustrator : Dhidit Prayoga

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan pertama, 2021

Tebal : 32 halaman 

ISBN : 978-623-04-0243-2

Genre : pictorial book (buku anak)

Rating buku : 5 🌟

Harga buku : Rp 38.000

Baca ebook di Aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


[Sinopsis Buku] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo karya Watiek Ideo dan Nindia Maya:


Cipto Mangunkusumo adalah dokter yang banyak membantu rakyat jelata pada zaman penjajahan Belanda. Dia dan dua temannya dijuluki Tiga Serangkai karena mendirikan organisasi yang membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk merdeka dari penjajahan Belanda.


Bagaimana kisah perjuangan sang dokter?


Buku anak Seri pahlawan nasional - watiek ideo dan nindia maya


❤❤❤


[Resensi Buku] Seri Pahlawan Nasional - Cipto Mangunkusumo karya Watiek Ideo dan Nindia Maya: 


Buku anak Cipto Mangunkusumo ini berisi tentang kisah hidup Dokter Cipto Mangunkusumo yang merupakan pahlawan nasional di Indonesia. Beliau termasuk salah seorang anggota Tiga Serangkai, partai pertama di Indonesia. 

Cipto Mangunkusumo lahir dari keluarga berada. Ia juga berkesempatan belajar di sekolah Belanda di STOVIA (1899)

Sayangnya, ia melihat ketidakadilan di mana-mana. Termasuk perbedaan pakaian yang digunakan oleh murid dari dua kalangan yang berbeda. Yaitu: kalangan pejabat biasa dan kalangan pejabat setingkat Bupati dan anak pejabat Belanda. 

Karena ia bukan anak pejabat tinggi setara Bupati, maka ia harus mengenakan pakaian adat tradisional Indonesia selama bersekolah di sekolah Belanda. 

Saat dr Cipto Mangunkusumo menjadi dokter, ia bekerja untuk pemerintah. Cipto Mangunkusumo sering melihat ketidakadilan yang terjadi di masyarakat. Itu sebabnya, ia sering menyuarakan tulisannya tentang kehidupan masyarakat di pelosok desa yang jauh dari kemakmuran dan kenyamanan.


Tulisan-tulisanku dimuat di koran De Locomotief, dalam tulisanku aku  menentang pernyataan Belanda bahwa hidup manusia itu ditentukan dari silsilah keluarga.
Bagiku, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan menunjukkan kemampuan. Keturunan bangsawan pribumi, Belanda dan rakyat biasa memiliki hak yang sama. 

Semua kisah hidup Cipto Mangunkusumo dikisahkan dalam buku anak ini  mulai dari dia bersekolah, menentang Belanda melalui tulisan,  mendirikan partai Tiga Serangkai, diasingkan ke Belanda dan dikirim ke Bandung, hingga akhir hayatnya memperjuangkan kehidupan  kaum pribumi menjadi lebih baik. 

Menurut saya : 


Buku anak ini memiliki kelebihan gaya bahasa mudah dipahami dan mengisahkan tentang kisah hidup dr. Cipto Mangunkusumo. 

Kekurangan buku ini adalah tidak adanya dialog dalam buku tersebut. Buku ini menggunakan konsep kisah hidup dari tokoh Cipto Mangunkusumo. Jadi menggunakan kata "aku" sebagai pengganti kata saya. Selain itu, buku ini diberi ilustrasi yang cantik. 

Cipto Mangunkusumo hidup sebagai dokter, namun ia juga sangat berempati kepada rakyat miskin yang tak mampu. Ia juga memiliki keyakinan bahwa Indonesia akan menjadi sebuah negara yang akan besar dan bebas dari penjajahan Belanda. Itulah sebabnya ia bersama temannya mendirikan Tiga Serangkai. 

Saya merasa buku ini sangat padat dengan potongan kisah hidup Cipto Mangunkusumo, jadi pembaca bisa merasa dekat dengan tokoh tersebut. 

Meskipun masih ada kekurangan dari segi dialog yang ditiadakan, namun buku ini tetap menarik untuk dibaca anak-anak. Pembaca anak akan tau siapa pahlawan nasional yang dimaksud dalam buku ini.

Pembaca juga belajar kegigihan dari Cipto Mangunkusumo yang belajar mengasah kemampuan menulisnya di jalan kebaikan.

Nah, selamat membaca ya!🥰

Baca juga : 3 Penulis Buku Anak Terbaik Favoritku Asal Inggris

Baca juga : [Resensi Buku] Petualangan Rahasia Peri Bunga by Watiek Ideo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan