Thursday, 29 September 2016

Cara Mengatasi Alexa Rank No Data


Hallo, man-teman. Saya mau menuliskan pengalaman saya tentang cara mengatasi alexa rank no data. Jadi apa kamu juga sudah punya blog yang diisi artikel setiap hari? Jika blogmu seperti blog baru saya yang belum terdeteksi alexa rank, jangan khawatir ya. Semua pencapaian di dunia ini ada ilmunya, termasuk dalam hal alexa rank juga. Itu bisa diatasi kalau kita tahu ilmunya. :)

Bagi blogger, jika link blognya sudah masuk ke dalam alexa rank ranking adalah salah satu bentuk indikator bahwa blognya sudah masuk dalam pencarian google dan memiliki pembaca. Semakin kecil nilai Alexa Rank, maka akan semakin bagus bagi blog tersebut. Nah, bagaimana cara mengatasi alexa rank no data bagi blog yang baru diisi dan sedikit jumlah pembacanya? Caranya dengan tiga hal ini. Simak ya!

1.       Mendaftarkan blog di webmaster tools.

Mengatasi alexa rank no data yang pertama kali adalah dengan mendaftarkan blog di webmaster tools. Webmaster tools  ada di link https://www.google.com/webmasters/tools/. Klik add a property. Tuliskan link blog yang akan dimasukkan ke dalam webmaster tools. Isi data yang diminta oleh webmaster tools. Lalu verifikasi linkmu menggunakan salah satu cara yang ditawarkan. Kalau saya pakai google analytics. Nah, sudah jadi.

masukkan link blog

verifikasi link blog
Tinggal maksimalkan jumlah pembaca dengan menyeting bahasa target pembaca (saya pilih bahasa Indonesia karena konten blog saya berbahasa Indonesia saja), memilih versi situs web seperti www. atau https, lalu pilih versi yang diinginkan untuk muncul di pencarian google, apakah pakai www atau https tadi. Kalau sudah selesai, kerjakan cara kedua ya.

catatan untuk memaksimalkan blog dari google webmaster tools bagi blog yang sudah didaftarkan

2.       Melakukan fetching as google

Apa itu fetching as google? Memasukkan link postingan terbaru kita ke webmaster tools agar dirayapi robot google. Tujuannya agar link blog lebih cepat terdeteksi di Google.
Caranya bagaimana? Pertama, pilih blog yang sudah didaftarkan di webmaster tools. Klik crawl di sidebar kiri webmaster tools, isikan link url postingan blog kita. Copikan saja link sesuai dengan petunjuknya. Lalu klik Fetch >> Submitted to index >> crawl only this url >> url submitted to index.

Hasil fetching as google. ada yg salah kirimnya fetching dan render. wekeke

3.       Pasang Badge Alexa Rank di Blog

Saya pasang badge alexa rank ini di blog untuk memudahkan cek jika blog sudah dideteksi alexa rank.
Ini kodenya
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/linkblogmu.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=linkblogmu.com"></script></a>
Ganti linkblogmu.com dengan link blog milikmu.
alexa rank yang sudah terdeteksi, linknya masih no data karena belum ada backlink
Nah, jika sudah memasukkan link blog ke webmaster tools dan melakukan fetching as google, sekarang tinggal memaksimalkan hal lain yaitu blogwalking ke blog-blog yang sudah stabil nilai alexa ranknya dan share link kepada pembaca via social media agar makin banyak yang membaca sehingga google menghitung bahwa blog tersebut memang sudah memiliki pembaca. Selesai. Semoga bermanfaat ya. :)

4 comments:

indri said...

makasih tipsnya, berguna banget buat yang gaptek kayak saya hehehe

Rosalina Susanti said...

Aku belom pasang alexa badge mba, ntar malem ah...

Hafidzah Cumlaude said...

Yuk, pasaaang*lepi mana lepi ><


Tfs, Mbak Ila. Langsung saya praktekin. Cuzz ^^

enninda said...

walah kemana aja aku selama ini kok gatau
tiap pasang alexa no data aku santay2 ajah mbak soalnya hahaha gatau kalo bisa diginiin