Monday, 22 May 2017

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal


Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA.

Saya pakai Klik BCA, pas coba masukin nomor hp yang akan diisi, saya udah submit kok nggak bisa. Tertulis transaksi gagal. Lha kok gagal ya? Yaudah saya berbaik sangka kalau emang hanya sekali itu saja transaksi gagal. Mungkin karena internet saya sedang buruk sinyalnya. Saya pun coba hingga tiga kali yaitu 40 rb, 30 rb, dan 30 rb. Dan err.... tiga-tiganya gagal. Wkwk. Yaudah deh. Saya putuskan untuk beli pulsa via counter tetangga. Pulsa yang saya beli di counter tetangga itu masuk loh. Padahal cuma beli 10 rb aja.

Saya nggak ngecek lagi mutasi rekening karena mikirnya ya error aja. Transaksi gagal udah biasa kalau pake Mandiri juga gitu. Jadi saya nggak mikirin banget. Baru deh pas hari Sabtu saya cek mutasi dan taraa... saldo berkurang sesuai dengan jumlah pulsa yang rencananya saya beli hari Jumat itu. Wew. Kok gitu ya? Padahal hari itu hari Sabtu, jadi saya nggak mungkin dong ke kantor cabang buat ngeprint buku tabungan dan bikin laporan ke bank.

nanya ke CS di twitter tapi disuruh telepon CS BCA 1500888


Saya tanya ke temen di grup arisan blogger. Kata mba Liza Fathia disuruh nanya aja ke banknya. Jadi saya telepon ke CS BCA di nomor 1500888 nggak nyambung juga sebanyak 3 kali. Saya coba email halobca@bca.co.id nanya apa yang harus dilakukan kalau saya saldo tabungan terpotong padahal transaksi internet banking gagal. Saya disarankan oleh CS emailnya buat nelepon ke CS 1500888 tadi. Yaelah, ternyata ujung-ujungnya sama aja. Saya harus telepon juga. Nanya di twitter pun saja jawabannya. Yaudah lah.

Saya pun pinjem hp ibu buat nelepon karena ngira kalo hp saya nggak bisa ditelepon sama CS nya, kemungkinan hp saya yang sedang bermasalah. Jadi endingnya saya nanya via telepon ke CS. Dan CS nya berbaik hati buat urusin masalah ini dengan membuat laporannya terlebih dahulu. Saya ditanya data rekeningnya, nama pemilik, kronologi kejadian, kerugian akibat transaksi gagal, dll. Saat membuat laporan itu, mbaknya agak lama ngurusnya. Sampe dia berkali-kali bilang, “Masih saya bantu cek ya, bu.”  Saya jawab iya, iya, dan iya. xD Sepertinya prosedurnya seperti itu tiap nggak ada kalimat yang meluncur dari saya ataupun dia, dan emang lagi diurus bakalan dijawab gitu. Biar nasabah juga tenang.

Capek banget sih bikin laporannya udah lebih dari 10 menitan. Agak lama, entah kenapa deh. Beruntung nggak dioper-oper lagi kayak pas di twitter. Alhamdulillah. Saya pun dikasih nomor pengaduan untuk mengecek lagi jika selama 7 hari belum ada kejelasan refund dana BCA. Tapi pas hari Senin ini saya cek udah masuk dana refundnya. Alhamdulillah.


Di mutasi rekening tertulis kode KR Otomatis. Kemungkinan itu emang prosedur dari bank bahwa meski nggak dilaporkan pun kalau transaksi internet banking gagal pasti ada koreksi saldo ke rekening nasabah. Alhamdulillah, masalahnya udah selesai. Jadi kalau ada error atau masalah apa soal dana rekening di BCA bisa tanya ke CS BCA di 1500888. Dibanding via email dan twitter, lebih cepat via telepon CS bank. Jadi, apa kamu pernah mengalami hal ini juga? Share dong di komentar. Semoga artikelnya membantu ya. :)

1 comment:

zata said...

wah penting banget infonya nih mba, aku pernah dulu banget ngambil di atm dan uangnya ngga kluar, tapi pas ngecek saldo sudah berkurang sejumlah yang niatnya diambil tadi, duhh..