Tuesday, 12 January 2021

Manfaat Mempelajari Ilmu Pertanian Bagi Calon Mahasiswa Jurusan Agriculture Science

Siswa tahun terakhir biasanya mencari informasi untuk kelanjutan studi mereka di jenjang perkuliahan. Ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah agriculture science yang bisa kamu pelajari di kampus IPB. Namun, jika kamu ingin menjadi peneliti di bidang ilmu pertanian, kamu bisa juga melanjutkan studi S2 di universitas luar negeri. 

Nah, sebelum memutuskan ingin mengambil jurusan kuliah apa, kamu bisa baca terlebih dahulu manfaat mempelajari ilmu pertanian yang dapat kamu gunakan di kehidupan sehari-hari. Selamat membaca ya! 


pemetik kebun teh di malaysia
pemetik kebun teh di malaysia (doc : britannica.com)



Apakah Gelar Kuliah di Bidang Pertanian Tepat Untukmu?


Bagi mahasiswa yang menyukai sains dan matematika, belajar pertanian mungkin merupakan gelar yang tepat untukmu. Ilmu pertanian mengajarkan siswa prinsip-prinsip bertani, beternak, dan praktik pertanian lainnya. Tertarik belajar tentang hewan, tumbuhan, dan tanah? Baca terus untuk mengetahui apakah gelar kuliah di bidang Ilmu Pertanian (Agriculture) tepat untukmu.

Pertanian, bertani, bercocok tanam, bercocok tanam, berkebun; kata-kata ini menggambarkan kata pertanian tetapi tidak bagaimana kata itu dipandang di zaman modern saat ini. 


Mengapa belajar ilmu pertanian? 


Ilmu pertanian adalah praktik kuno dan kunci untuk menopang perkembangan manusia di planet Bumi. Saat ini, cara kita bertani telah berubah secara dramatis dengan pengenalan teknologi yang telah merevolusi produksi dan distribusi. 

Jika kamu akan mencari karier yang menyentuh semua disiplin ilmu, termasuk sains dan matematika, dalam lingkungan serba cepat yang akan berhubungan dengan kehidupan orang-orang di seluruh dunia, jurusan kuliah di bidang pertanian mungkin cocok untukmu!


Mengapa belajar ilmu pertanian di kampus?

Pentingnya pertanian di dunia saat ini sangat penting. Sebagian besar dunia masih sangat bergantung pada apa yang kita hasilkan dari tanah, dan seiring dengan perkembangan di seluruh dunia, permintaan kebutuhan bahan makanan juga akan meningkat. 

Pengenalan teknologi pertanian telah mengubah sebagian besar industri yang terus memajukan cara kita bertani di seluruh dunia. Mempelajari pertanian di kampus IPB berarti kamu akan bekerja di industri penting yang dianggap bergerak cepat dan berteknologi tinggi.

Kursus di bidang ilmu hewan, produksi pangan, hortikultura, manajemen properti, pelestarian lingkungan dan zoologi adalah semua bidang yang dieksplorasi dalam pertanian. Karena bidang ini sangat luas, mahasiswa ilmu pertanian akan menemukan sejumlah jalur karir yang ada di satu bidang. 

Apakah kamu ingin mendalami sains - dan mempelajari biologi, fisika, dan kimia - atau jika kamu ingin terjun ke sisi bisnis - baik itu keuangan atau manajemen - ada begitu banyak pilihan karier yang tersedia bagi lulusan ilmu pertanian.


traktor sawah
traktor sebagai salah satu produk revolusi industri di bidang pertanian (doc : iccef.bbci.co.uk)

Apakah kamu menyukai ilmu sains?


Jika kamu berencana untuk belajar ilmu pertanian, maka kamu harus mencintai sains. Sains adalah pengetahuan sistematis tentang dunia fisik dan material yang diperoleh melalui observasi dan eksperimen. 

Mahasiswa yang telah menikmati kelas sains saat di sekolah menengah mereka berharap untuk mempelajari sains secara lebih rinci mungkin menemukan bahwa gelar di bidang pertanian adalah pilihan terbaik bagi mereka.

Ilmu sains memiliki sistem atau metode untuk diikuti, langkah A ke B dan seterusnya. Pemikir sistematis adalah yang paling beradaptasi dengan sains karena mereka sudah berpikir dalam langkah-langkah dan memberikan logika pada penalaran mereka. 

Seorang petani harus dapat menemukan masalah, membuat rencana, mengembangkan metode, melaksanakan dan menguji rencana tersebut, serta memiliki kesabaran dan dedikasi untuk menjalankan proses tersebut.

Meskipun semua petani di dunia pertanian berinteraksi dengan sains setiap hari, tidak semua petani bekerja di laboratorium. Sebaliknya, kamu mungkin mendapati dirimu sebagai petani yang bekerja di lahan atau peneliti yang mengembangkan biji-bijian berkualitas tinggi atau mungkin menciptakan pencegahan terhadap hama. 

Tidak peduli di mana kamu mungkin menemukan dirimu setelah lulus, belajar pertanian akan membutuhkan kelas sains mendalam yang harus diambil untuk lulus kuliah ilmu pertanian.


Apakah kamu seorang ahli matematika?


Ilmu matematika dan sains berjalan seiring dengan penggunaan persamaan dan variabel. Tanpa matematika tidak akan ada sains dan tanpa sains tidak akan ada matematika. Agar berhasil dalam studi pertanian, kamu tetap harus menguasai angka-angka.

Ilmu Matematika untuk Pertanian mencakup aritmatika, interpretasi statistik, dan konsep aljabar. Baik kamu mengumpulkan dan menganalisis data, mengoptimalkan kondisi tanaman untuk tumbuh, atau menentukan jumlah hasil yang ingin kamu hasilkan, matematika dapat ditemukan di seluruh bidang pertanian dan kursus yang diperlukan.


Jadi, apakah gelar kuliah di bidang ilmu pertanian tepat untukmu?


Baik itu tanah, air, atau tanah yang menarik minat kamu, mempelajari pertanian berarti kamu akan mengerjakan beberapa tantangan terberat di dunia termasuk kelebihan populasi dan kekurangan pangan yang merupakan masalah global yang semakin mendapat perhatian. 

Mahasiswa ilmu pertanian (agriculture) akan belajar tentang kebutuhan paling dasar dari keinginan manusia, termasuk makanan, air, energi, dan pelestarian lingkungan. Hal ini akan menjadi kesempatanmu untuk bekerja erat dengan alam dan teknologi, untuk mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan, dan untuk bekerja secara global untuk menghadirkan sumber daya bagi orang-orang di seluruh dunia. 

Nah, sudah tahu kan manfaat mempelajari ilmu pertanian? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya! 


sumber : https://www.internationalstudent.com/study-agriculture/is-a-degree-in-agriculture-right-for-you/


1 comment:

Fakhruddin said...

Krisis yg paling mengerikan adalah krisis pangan. Dan pangan tidak akan terwujud tanpa pertanian. Jadi setuju, pertanian untuk menopang perkembangan kehidupan di bumi.