Tuesday, 13 November 2018

Tips Sukses Membangun Bisnis Online ala Vanilla Hijab


Tips Sukses Membangun Bisnis Online ala Vanilla Hijab

Halo, man-teman. Ketemu lagi dengan saya, kali ini saya mau membahas tentang tips sukses membangun bisnis toko online di era digital. Seperti halnya bisnis lain, bisnis online juga harus memiliki strategi agar bisa berhasil. Kenapa? Karena persiapan yang matang akan menghasilnya produk dan penjualan yang signifikan. Bagi penjual toko online, mereka harus berjibaku menyelesaikan produk dan pemesanan barang sesuai tenggat yang ditetapkan. Saya akan membahas contohnya untuk Vanilla Hijab ya.

Vanilla Hijab ini termasuk laris di pasaran. Pendirinya adalah Atina, gadis kelahiran Jakarta ini pernah mengalami kegagalan saat studi di ITB karena sakit yang dideritanya, sehingga ia pun terpaksa beristirahat dan keluar dari kuliah. Atina memulai hidupnya yang baru dengan beruliah di tempat lain, selain itu waktu senggangnya ia gunakan untuk menjual jilbab yang ia beli di beberapa pedagang offline.





Sebuah kiriman dibagikan oleh Inspirasi Harimu! (@vanillahijab) pada


Jadi, Atina hanya berbekal social media yang ia miliki. Ia menggunakan nama Vanilla agar terkesan manis karena Atina menginginkan produk yang dijualnya sesuai dengan apa yang ia harapkan. Selera Atina ini sangat menentukan jenis produk yang ia pilih untuk diproduksi.

Kini setelah 4 tahunan Atina berjibaku membangun bisnis toko onlinenya yang sebelumnya hanya dijual via whatsapp dan social media, Atina merambah membangun toko onlinenya sendiri. Jadi, Atina berfokus membuat website yang user friendly. Seperti halnya website penjualan lainnya, Atina menggunakan social media sebagai teaser untuk menawarkan produk tersebut. Beberapa hari sebelum hari pemesanan produk, Atina rutin membagikan informasi produk baru yang akan dijual.

Misal, 3 hari lagi ia akan menjual Nusa Scarf, maka ia akan membagikan postingan mulai dari varian warna, tekstur, video teaser, foto produk dengan model, foto produk dengan warna natural tanpa diedit, dan barulah setelah hari H pemesanan produk, Atina baru memberikan informasi berapa harga produk tersebut. Hal ini membuat pembeli semakin penasaran dengan produk yang akan dilaunching.




Bagi Atina, membuat produk yang sesuai dengan keinginannya dan juga pembeli merupakan sebuah kebahagiaan. Selain toko onlinenya laris, Atina juga membagikan tips suksesnya berjualan via toko online. Apa saja itu?

1.       Varian produk harus berbeda, unik dan menarik pembeli. Warna pastel yang dipilih Atina menyasar segmen anak muda, sehingga harganya pun diusahakan tidak lebih mahal dari harga butik. Atina ingin menjual produk dengan harga yang tetap terjangkau, namun kualitasnya bagus.

2.   Kode unik untuk mengidentifikasi pemesanan produk. Agar pemesanan mudah dicek siapa yang sudah membayar, Atina menggunakan sistem kode produk. Jadi kodenya dilebihkan sesuai nomor pemesanan. Sisa uang sejumlah kode unik inilah yang ia kumpulkan dari para pembelinya dan disalurkan ke yayasan Rumah Zakat untuk pembangunan sekolah di daerah Timur indonesia. Karena zakat dan sedekah yang diberikannya, bisnis toko online yang dibangun Atina sukses meraup keuntungan setiap launching produknya. Padahal Atina rutin membuat produk setiap minggu dengan varian yang berbeda. Jadi, Atina tidak mengambil keuntungan dari kelebihan transfer pembelian produknya.

3.       Menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Atina sangat perfect untuk urusan kualitas produk. Pernah suatu ketika kain yang dicelup sendiri oleh pabrik yang ditunjuknya ternyata tidak menghasilkan warna yang sesuai. Ia pun terpaksa harus menyisihkan kain itu karena jika tetap dijual akan menurunkan kualitas produk tersebut.  Atina lebih memilih rugi di awal daripada harus rugi karena kehilangan pembeli yang loyal terhadap produk Vanilla Hijab.

4.       Memberikan hadiah untuk foto produk terpilih favorit setiap minggu. Sebagai penjual, Atina tahu bahwa toko online miliknya, Vanilla Hijab tetap membutuhkan promosi dari mulut ke mulut. Hal ini dilakukannya dengan membuat giveaway berhadiah produk yang dia launching. Dengan meminta loyal customernya untuk berfoto OOTD menggunakan produk yang dibeli di tokonya, ia pun mendapatkan promosi gratis tersebut. Sebagai imbalannya, customer mendapat produk dan uang tunai yang disediakan sebagai hadiah. Atina paham bahwa meskipun sudah puluhan ribu produk yang dia hasilkan bersama timnya, namun ia tetap butuh pembeli baru. Jadi promosi inilah yang dinilainya efektif agar bisa mendapatkan pembeli baru yang potensial.

Nah, sudah tahu kan tips membangun toko Online ala Atina, owner Vanilla Hijab. Bagaimana dengan toko onlinemu? Semoga tips ini bermanfaat ya. ;)

No comments: