Langsung ke konten utama

Tips Sukses Membangun Bisnis Online ala Vanilla Hijab


Tips Sukses Membangun Bisnis Online ala Vanilla Hijab

Halo, man-teman. Ketemu lagi dengan saya, kali ini saya mau membahas tentang tips sukses membangun bisnis toko online di era digital. Seperti halnya bisnis lain, bisnis online juga harus memiliki strategi agar bisa berhasil. 

Kenapa? 

Karena persiapan yang matang akan menghasilnya produk dan penjualan yang signifikan. 

Bagi penjual toko online, mereka harus berjibaku menyelesaikan produk dan pemesanan barang sesuai tenggat yang ditetapkan. Saya akan membahas contohnya untuk Vanilla Hijab ya.

Berkenalan dengan Produk Fashion Merk Vanilla Hijab Milik Atina



Vanilla Hijab ini termasuk laris di pasaran. Pendirinya adalah Atina, gadis kelahiran Jakarta ini pernah mengalami kegagalan saat studi di ITB karena sakit yang dideritanya, sehingga ia pun terpaksa beristirahat dan keluar dari kuliah. 

Atina memulai hidupnya yang baru dengan berkuliah di tempat lain. Selain itu, waktu senggangnya ia gunakan untuk menjual jilbab yang ia beli di beberapa pedagang offline.





Sebuah kiriman dibagikan oleh Inspirasi Harimu! (@vanillahijab) pada


Jadi, Atina hanya berbekal social media yang ia miliki. Ia menggunakan nama Vanilla agar terkesan manis karena Atina menginginkan produk yang dijualnya sesuai dengan apa yang ia harapkan. Selera Atina ini sangat menentukan jenis produk yang ia pilih untuk diproduksi.

Kini setelah 4 tahunan Atina berjibaku membangun bisnis toko onlinenya yang sebelumnya hanya dijual via whatsapp dan social media, Atina merambah membangun toko onlinenya sendiri. Jadi, Atina berfokus membuat website yang user friendly. 

Seperti halnya website penjualan lainnya, Atina menggunakan social media sebagai teaser untuk menawarkan produk tersebut. 

Beberapa hari sebelum hari pemesanan produk, Atina rutin membagikan informasi produk baru yang akan dijual.

Misal, 3 hari lagi ia akan menjual Nusa Scarf, maka ia akan membagikan postingan mulai dari varian warna, tekstur, video teaser, foto produk dengan model, foto produk dengan warna natural tanpa diedit. 

Dan barulah setelah hari H pemesanan produk, Atina baru memberikan informasi berapa harga produk tersebut. Hal ini membuat pembeli semakin penasaran dengan produk yang akan dilaunching.




Bagi Atina, membuat produk yang sesuai dengan keinginannya dan juga pembeli merupakan sebuah kebahagiaan. Selain toko onlinenya laris, Atina juga membagikan tips suksesnya berjualan via toko online. Apa saja itu?

1. Varian produk harus berbeda, unik dan menarik pembeli. 


Warna pastel yang dipilih Atina menyasar segmen anak muda, sehingga harganya pun diusahakan tidak lebih mahal dari harga butik. Atina ingin menjual produk dengan harga yang tetap terjangkau, namun kualitasnya bagus.

2. Kode unik untuk mengidentifikasi pemesanan produk. 


Agar pemesanan mudah dicek siapa yang sudah membayar, Atina menggunakan sistem kode produk. Jadi kodenya dilebihkan sesuai nomor pemesanan. 

Sisa uang sejumlah kode unik inilah yang ia kumpulkan dari para pembelinya dan disalurkan ke yayasan Rumah Zakat untuk pembangunan sekolah di daerah Timur Indonesia. 

Karena zakat dan sedekah yang diberikannya, bisnis toko online yang dibangun Atina sukses meraup keuntungan setiap launching produknya. Padahal Atina rutin membuat produk setiap minggu dengan varian yang berbeda. 

Jadi, Atina tidak mengambil keuntungan dari kelebihan transfer pembelian produknya.

3. Menjaga kualitas produk yang dihasilkan. 


Atina sangat perfect untuk urusan kualitas produk. Pernah suatu ketika kain yang dicelup sendiri oleh pabrik yang ditunjuknya ternyata tidak menghasilkan warna yang sesuai. 

Atina pun terpaksa harus menyisihkan kain itu karena jika tetap dijual akan menurunkan kualitas produk tersebut. 

Atina lebih memilih rugi di awal daripada harus rugi karena kehilangan pembeli yang loyal terhadap produk Vanilla Hijab.

4. Memberikan hadiah untuk foto produk terpilih favorit setiap minggu.


Sebagai penjual, Atina tahu bahwa toko online miliknya, Vanilla Hijab tetap membutuhkan promosi dari mulut ke mulut. Hal ini dilakukannya dengan membuat giveaway berhadiah produk yang dia launching. 

Dengan meminta loyal customernya untuk berfoto OOTD menggunakan produk yang dibeli di tokonya, ia pun mendapatkan promosi gratis tersebut. 

Sebagai imbalannya, customer mendapat produk dan uang tunai yang disediakan sebagai hadiah. 

Atina paham bahwa meskipun sudah puluhan ribu produk yang dia hasilkan bersama timnya, namun ia tetap butuh pembeli baru. Jadi promosi inilah yang dinilainya efektif agar bisa mendapatkan pembeli baru yang potensial.


Nah, sudah tahu kan tips membangun toko Online ala Atina, owner Vanilla Hijab. Bagaimana dengan toko onlinemu? Semoga tips ini bermanfaat ya. ;)

Komentar

  1. Lewat medsos sebagai teaser yang dilakukan oleh Atina, makanya familiar oleh daku Vanila Hijab ini.
    Memang menginspirasi pastinya buat yang ingin berbisnis secara online

    BalasHapus
  2. Karena aku bingung mau komen apa, maka istriku aku suruh baca postingan ini... Eh malah minta diorderin yang warna khaki. Kalo sudah gini, sapa yang tanggung jawab, Kak? Hehehe...

    BalasHapus
  3. hebat banget emang Atina, patut diteladani

    dimulai dengan motret2 jualan trus diunggah ke IG

    sekarang jadi punya banyak cabang bisnis
    \
    mungkin bisa disebut konglomerat muda ya?

    BalasHapus
  4. Bisnis hijab akan selalu bagus di pasaran. Kalau dilihat perkembangan hijabers yang terus bertambah sekarang, kalau kita bandingin sama 1 dekade lalu, pesat banget.

    Bagus juga belajar dari pengalaman Mba Atina ini. Berawal dari seleranya sendiri, ternyata disukai sama orang lain.

    BalasHapus
  5. Pemilihan nama Vanila cocok banget ya karena hijabnya memang manis. Menginspirasi banget deh mbak🤩

    BalasHapus
  6. Luar biasa inspiring ini mbaaa
    Daya juang dan kreatif nya nih patut ditiruuuu

    Smoga rezekinya makin berkah berlimpaaahhh

    Aamiiinn

    BalasHapus
  7. Ketelatenan dan kesabaran membuahkan hasil ya, Kak. Ilmunya bisa ni aku adopsi, xixixi. Kugarisbawahi juga kalau berdagang jangan lupa menyisihkan berapa persen untuk sedekah ya, Kak. Ilmu dunia dapat, ilmu akhirat juga dapat.

    BalasHapus
  8. Masyaallaah salut sama pengusaha muda begini ya. Apalagi ada misi menyalurkan sebagian pendapatan untuk rumah zakat.

    Semoga usaha semakin diberkahi dan terus berkembang, aamiin

    BalasHapus
  9. Sering dengar vanila hijab .biarpun begitu wanita muslimah tetap kelihatan cantik

    BalasHapus
  10. Wah, tips yang bagus, nih. Saya jadi ingin praktik trik ini. Pembeli akan semangat karena selain pakai produk yang unik, juga ada peluang dapat hadiah.

    BalasHapus
  11. Pertama kali tahu Vanilla Hijab ini tuh dari kakak. Saya lihat kan jilbabnya dia, terus kok beda dari yang lain. Suka aja gitu bahan dan warnanya. Terus dia cerita itu tuh belinya di Vanilla Hijab. Akhirnya mulai deh saya kepoin akunnya, makin suka pas tahu ternyata pendapatannya pun disalurkan untuk amal..Masya Allah.

    BalasHapus
  12. Salut eui buat mbaknya soalnya gak banyak lho pengusaha aman now yang bisa menyeimbangkan antara selera konsumen dengan selera pebisnis. Tidak banyak juga yang mampu menjaga kualitas mengingat harga bahan baku makin gak karuan. Semoga bisnisnya makin sukses dan berkembang :D
    Hijabnya cakep2 yaa.

    BalasHapus
  13. Saya beberapa kali beli produk Vanilla Hijab. Jahitannya rapi dengan pilihan warna yang fresh dan menarik. Pergerakan media sosialnya bagus. Mengikuti kebutuhan jaman dan minat orang untuk berbelanja secara on-line. Efisien dan efektif.

    BalasHapus
  14. Urusan kualitas produk emang nggak bisa ditawar lagi. Tapi salut deh sama kak Atina yang lebih pilih rugi ketimbang kehilangan loyalitas dari pelanggan. Soalnya mah, nggak banyak pebisnis yang mau begitu.

    BalasHapus
  15. Baik banget ya Atina owner dari Vanilla Hijab. Memberikan tips suksesnya asemoga terus berlembang nih ...

    Kalau aku masih terbilang kecil noh mba bisnis online nya nextau praktekan juga tips2 diatas

    BalasHapus
  16. Vanilla hijab ini rasanya sering jadi sponsorship yaa..
    Aku pernah punya dan senengnya memang awet dengan warna-warna pastel yang mudah di mix and match dengan pakaian.

    BalasHapus
  17. Beneran nama yang manis, yang pake insyaallah juga ikut manis hati dan senyumannya. Tips bisnisnya sangat inspiratif, kagum masih bisa menyisihkan keuntungannya untuk membangun sekolah

    BalasHapus
  18. Inspiratif banget. Gagal kuliah karena sakit, tapi sukses membangun bisnis dengan konsisten dan kerja keras. Perlu dicontoh yang seperti ini. Terima kasih mbak Atina.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan