Tuesday, 7 January 2020

5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membangun Toko Online


5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membangun Toko Online


Dunia digital berkembang pesat, mulai dari ebanking, e wallet, toko online, perpustakaan pnline hingga ojek online sangat diminati oleh masyarakat. Dunia online sangat berkembang pesat seiring perkembangan jaringan internet di Indonesia. Jika dulu kita sering berbelanja di toko offline kini orang lebih suka berbelanja via online untuk menghemat ongkir dan mendapatkan diskon untuk produk incaran. Mereka rela membandingkan harga antar toko, barulah kemudian memutuskan untuk membeli produk. Produk yang dijual di toko online pun sangat beragam. Ada yang menjual peralatan masak, pakaian, tas hush puppies, tas branded, paket trip liburan ke luar negeri, tiket menonton film, hingga makanan instan.


Trend berbelanja di toko online akan tetap ada hingga orang bosan membeli. Tapi, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk membangun toko online yang terpercaya? Yap, simak caranya ya!



1.       Membangun Branding Produk Toko Online yang Tepat


Branding sangat diperlukan untuk membangun toko online. Kita tak bisa hanya membangun toko tanpa membrandingnya. Alasannya, saat ini banyak orang yang mencari toko online sehingga persaingan toko online sangat ketat. Setiap toko online harus memiliki ciri khas, misalnya seseorang menjual jasa template web, maka ia harus membangun branding yang tepat. Misalnya : toko online khusus menjual template web yang unyu, responsif, dan bisa customize. Orang harus menonjolkan sisi keunikan ini dalam template yang dijual. Inilah yang membedakan toko online tersebut dengan toko online yang lainnya.

2.       Membuat Produk yang Unik dan Dibutuhkan Pasar


Saat ini toko online yang menjual produk unik akan lebih cepat laku dibanding produk yang biasa saja. Selain keunikan, produk yang dijual juga harus dibutuhkan oleh pasar. Permintaan penjualan akan meningkat seiring bertumbuhnya pasar.

Banyak orang menjual produk yang unik, misalnya tas hush puppies. Harga tas hush puppies bisa sampai jutaan lho. Pertanyaan berikutnya adalah apakah ada pasarnya? Seberapa besar ceruk pasar ini bisa dikembangkan hingga 3 tahun kemudian? Segmen pasar apa yang dibidik oleh produk yang kamu jual? Ya, ini penting agar penjual toko online bisa menghitung kalkulasi dana untuk membangun toko online tersebut. Karena bisnis adalah project jangka panjang maka seharusnya bisnis itu paling tidak harus bisa bertahan selama 3 tahun baru bisa disebut berhasil menembus rintangan dan hambatan selama proses bertumbuh tersebut.



3.       Survei pasar toko online sebelum menjual produk


Sebelum memproduksi dan menjual barang di toko online, pastikan bahwa produk tersebut memang dibutuhkan oleh pasar. Ini penting agar kamu tidak membuang dana sia-sia. Misalnya kamu menjual produk madu, kamu sudah tahu bahwa kebutuhan pasar untuk produk madu sangat besar meskipun persaingannya juga banyak. Jika sudah ada produknya, juallah via online dengan membranding produk tersebut sebagai madu asli. Orang pasti akan memilih madu asli yang dijual dengan packaging yang bagus, selain itu produknya asli bisa dipertanggungjawabkan oleh penjual. Jadi ada garansi jika produk tersebut palsu.

Ada lagi nih, kamu juga bisa menjual produk yang berhubungan dengan dunia kucing, mulai dari makanan kucing, obat kucing, stuff yang bertema kucing, tempat tidur kucing, alat grooming kucing, dll. Banyak sekali kan? Produk ini bisa menyasar segmen pembeli yaitu orang yang memelihara kucing terutama kucing ras.

4.       Keuangan Toko Online yang Sehat


Sebuah toko online bisa dikatakan bagus dan sehat jika arus keluar masuk keuangan lancar. Bedakan antara omset dengan laba. Omset besar belum tentu labanya juga besar. Selain itu apakah barang habis dijual? Jika banyak barang menumpuk di gudang maka akan membuat keuangan jadi tidak sehat, masalahnya banyak barang yang seharusnya berubah menjadi uang tapi berakhir di gudang karena tidak habis dijual. Inilah yang membuat keuangan toko online tidak sehat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membatasi penjualan hanya untuk produk yang laku saja. Jadi buat list untuk mencatat produk apa saja yang laku dijual. Jika tidak laku, segera habiskan barang dalam waktu yang ditentukan misal : 3 bulan agar tidak berakhir di gudang. Sale ini perlu agar barang bisa berubah jadi uang dan bisa digunakan untuk operasional toko online tersebut. Jadi sangat penting untuk mencatat keuangan dan list barang yang laku di toko online tersebut.


5.       Promosi produk toko online yang tepat sasaran


Saat ini kehadiran influencer sangat berpengaruh pada penjualan produk. Selain mengenalkan produk, influencer juga dapat menarik minat audiencenya untuk call to action yaitu membeli produk tersebut di toko onlinemu. Promosi yang tepat sasaran bisa dilakukan dengan memilih influencer yang tepat sesuai profilnya dan produk yang ditawarkan. Misal : profil influencer yang hobi jalan-jalan keluar negeri tentu akan tepat jika dia menawarkan produk trip liburan ke Eropa 10 Hari. Berbeda halnya dengan influencer yang memiliki profil hijabers aktif dan beauty entusiast, pasti produk yang bisa dipromosikan adalah produk yang berhubungan dengan fashion hijab dan produk halal beauty. Nah, sudah tahu kan bedanya apa?

Nah, selamat membangun toko online milikmu ya! Semoga laris! ;)

No comments: