Friday, 31 January 2020

Kupas Tuntas Contoh Sertifikat Layak Kawin dan Komponen Penting yang Ada Di dalamnya



Kupas Tuntas Contoh Sertifikat Layak Kawin dan Komponen Penting yang Ada Di dalamnya
Sertifikat layak kawin menjadi salah satu persyaratan terbaru yang harus dipenuhi oleh setiap pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Sertifikat ini merupakan suatu bukti yang menyatakan apakah pasangan tersebut sudah dinyatakan layak untuk menikah atau belum. Dan dalam setiap proses mengurus pernikahan saat ini, harus dilampirkan juga sertifikat ini. Sebenarnya, seperti apa contoh sertifikat layak kawin itu? Dan apa saja komponen yang ada di dalamnya? 

Alasan Harus Memiliki Sertifikat Layak Kawin 

Perlu digaris bawahi sertifikat layak kawin bukanlah suatu hal yang akan menghalangi niat seseorang untuk menikah. Justru sebaliknya, sertifikat ini akan semakin memantapkan proses pernikahan yang akan dilangsungkan. Seperti yang diketahui bahwa tahapan untuk mendapatkannya mewajibkan calon pengantin untuk menjalani pemeriksaan tes kesehatan. Bukan berarti pernikahan hanya boleh dilakukan untuk pasangan yang sama-sama sehat tetapi ini merupakan bentuk antisipasi, terutama jika setelah menikah ingin mendapatkan keturunan.
Kesehatan menjadi faktor paling penting dan mempengaruhi reproduksi pria maupun wanita. Pemeriksaan tes kesehatan secara mendalam juga dimaksudkan sebagai bentuk pencegahan dini suatu penyakit. Saat ini lingkungan sekitar tercemar dan pola hidup semakin tidak sehat membuat kondisi tubuh mudah terserang berbagai penyakit.
Beberapa manfaat dari pemeriksaan tes kesehatan diantaranya adalah untuk mengetahui status kesehatan pasangan, mendeteksi adanya penyakit atau kelainan genetik, seperti hemophilia, thalasemia, dan anemia sel sabit. Manfaat yang terakhir adalah mengidentifikasi penyakit menular, seperti hepatitis B dan HIV/AIDS. 
Komponen yang Ada Dalam Contoh Sertifikat Layak Kawin
Diberikannya sertifikat layak kawin berarti calon pengantin telah mendapatkan konseling dan juga pemeriksaan tes kesehatan. Terdapat beberapa komponen yang harus ada pada sertifikat layak kawin, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan 

Perlu diketahui di dalam isi contoh sertifikat layak kawin juga ditemukan jika sertifikat ini dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan melalui puskesmas, rumah sakit dan juga laboratorium yang ada di wilayah provinsi DKI Jakarta.
Keberadaan sertifikat layak kawin adalah sebagai tanda bukti jika pasangan calon pengantin telah mengikuti konseling dan juga beberapa tes kesehatan. 
Sebelum melakukan tes kesehatan, pasangan calon pengantin akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur. Jika jawaban dan hasil laboratorium berbeda maka sertifikat layak kawin tidak akan diberikan. 
2. Nama Calon Pengantin
Di halaman depan contoh sertifikat layak kawin juga bertuliskan nama calon pengantin. Jadi bisa dipastikan jika calon pengantin pria dan wanita akan mendapatkan sertifikat layak kawin masing-masing. 
Di bawah nama calon pengantin akan ditemukan keterangan bahwa nama yang disebutkan telah mendapatkan konseling dan juga pemeriksaan kesehatan. Serta sertifikat ini nantinya akan digunakan sebagai persyaratan untuk mendapatkan pengantar nikah dari kelurahan. Jadi dari sini sudah ditegaskan bahwa tanpa memiliki sertifikat layak kawin tidak bisa melakukan pernikahan.
3. Tempat dan Waktu Dibuat
Untuk pasangan calon pengantin idealnya mencari sertifikat layak kawin satu bulan sebelum hari pernikahan. Sebenarnya proses mendapatkannya tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Dan proses mengurus pernikahan ke kelurahan  maupun KUA bisa cepat selesai.
Sebagai bukti telah melakukan pemeriksaan maka di sertifikat layak kawin juga tertera tempat dan waktu dibuatnya sertifikat tersebut. Misalnya Jakarta, 12 Januari 2019. Sehingga akan diketahui jika sertifikat layak kawin  dikeluarkan pada tempat dan waktu tersebut. 
4. Tanda Tangan Dokter yang Menangani 

Pemeriksaan kesehatan akan ditangani langsung oleh dokter, bukan bidan ataupun perawat. Meskipun dalam prosesnya dibantu oleh petugas. Dalam halaman depan contoh sertifikat layak kawin terdapat tanda tangan dari dokter yang menangani pemeriksaan kesehatan. Tetapi terkadang juga ditandatangani oleh kepala puskesmas atau rumah sakit tempat dilakukannya konseling dan pemeriksaan kesehatan.
5. Bertuliskan Paket Pemeriksaan yang Didapat
Pada halaman belakang contoh sertifikat layak kawin terdapat tulisan paket pemeriksaan yang didapat. Ada pun paket tersebut adalah paket konseling calon pengantin, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan imunisasi. Selain itu juga bertuliskan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, seperti cek darah lengkap, GDS (Gula Darah Sewaktu), IMS (Infeksi Menular Seksual), tes HIV dan tes Hepatitis.
Itulah informasi mengenai contoh sertifikat layak kawin dan beberapa komponen wajib yang ada di dalamnya. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak tentang sertifikasi nikah? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

No comments: