Friday, 16 October 2020

7 Tips Fokus Belajar Berjam-jam ala Zahid Azmi Ibrahim

Apakah kamu sulit fokus belajar di sekolah online? Apakah kamu kesulitan untuk belajar hingga berjam-jam? Apakah kamu merasa bosan belajar di rumah saat school from home sehingga sulit memahami materi yang diberikan dosen atau guru? Kamu bisa mengikuti tips belajar efektif ala Zahid Azmi Ibrahim yang akan saya rangkum  di blog ini. 


Dengan mempertimbangkan apa yang akan kamu pelajari dan sedikit trik mental, kamu juga bisa meningkatkan intensitas fokus belajarmu. Dari yang awalnya 1 jam bisa jadi 4 jam, bahkan lebih.


Ini adalah materi dari video Zahid seorang content creator pengembangan diri dan education di YouTube. Materi kali ini akan membahas tentang trik cara belajar berjam-jam dan 7 tips fokus belajar ala Zahid. 


Saya menulis materi di blog ini agar saya bisa mudah mengingat poin-poin penting dari videonya sehingga saya tidak perlu mengulangi kembali.


Tips belajar efektif ini ideal untuk kamu yang ingin mengikuti tes atau ujian besar seperti ujian akhir sekolah, ujian masuk universitas, UTBK, atau sejenisnya. 


Kamu perlu untuk memaksa diri kamu (push limit your self) sehingga kamu bisa lebih lama belajar dan hasil ujian yang diperoleh juga memuaskan. 


Bayangkan jika di luar sana ada orang yang belajar hingga 8 jam dalam satu hari. Kamu bisa belajar 4 hingga 6 jam. Setidaknya kamu belajar lebih giat dibanding sebelumnya jadi hasilnya pun akan lebih meningkat secara signifikan. 




7 Tips Fokus Belajar  Berjam-jam dengan Efektif ala Zahid Azmi Ibrahim :


  1. Eliminasi distraksi dengan aturan 3 detik dan lembar distraksi. 


Eliminasi distraksi adalah menghilangkan gangguan saat belajar. Sekalinya kamu lagi fokus kemudian ada yang menarik, dan focus kamu buyar, sangat sulit untuk bisa kembali ke zona fokus sebelumnya. Jadi pastikan sebelum kamu belajar semua distraksi sudah dieliminasi.


Misalnya : menyingkirkan HP agar kamu bisa fokus belajar. Jika muncul distraksi di pikiran saat kamu sedang fokus, kamu bisa menggunakan aturan 3 detik yaitu hitung 1 sampai 3, lalu fokus kembali. 


Kemudian aturan lembar distraksi. Misalnya : kamu sedang fokus memikirkan soal ujian, tapi kemudian ada distraksi yang yang sebenarnya sangat penting, tapi nggak bisa kamu kerjakan saat itu juga.


Misalnya kamu tiba-tiba ingat kunci motor di mana ya atau ada pikiran ide absurd lainnya. Tulis saja di lembar distraksi. Lupakan. Lalu baca lagi lembar distraksi saat kamu sudah selesai belajar. 


  1. Menentukan target yang jelas misal belajar 25 menit x 4.


Bayangkan aja kalau kamu seorang pelari, lalu kamu disuruh lari keliling lapangan. Tapi nggak ada targetnya. Nggak ada waktunya, dan nggak ada jaraknya. Akhirnya kamu akan lebih mudah menyerah. Kamu di tengah jalan merasa capek, lalu kamu berpikir lebih baik jalan saja karena nggak ada tujuannya. 


Tapi kalau kamu udah tahu tujuannya, misalnya lari 500 meter dalam waktu 3 menit, jadi kalau kamu merasa capek di tengah jalan, kamu punya alasan untuk mendorong dirimu lebih lagi. Oke ini udah mau 500 meter, aku harus lari dikit lagi. Jadi, sebelum kamu belajar, tetapkanlah target dengan jelas.


Misal : targetnya bisa jumlah soal yang mau dikerjakan, jumlah soal yang mau dipelajari, atau juga lama waktu kamu akan belajar. 


  1. Aturan 4% mengerjakan sesuatu yang tingkatnya sedikit lebih sulit daripada kemampuan kamu agar terus tertantang. Bisa dengan jumlah soal dalam menit. Misal kemarin kita menyelesaikan 20 soal dalam 15 menit, terus selanjutnya ditingkatkan 4% nya.

  2. Stasiun pengecasan (reset mental) Memastikan ada dalam kondisi prima untuk belajar, gasnya pelan-pelan, sedikit-sedikit, bisa memberikan reward setelah belajar atau triggered sebelum belajar.

Misal : charging station nya mandi, lalu belajar tidur siang belajar ngopi. pastikan zona atau tempat nyaman kamu sudah dipersiapkan. Beresin dulu tempat belajar, buku disiapin rapi, baru charging Station

  1. Mindset tanggung dikit lagi. Jadi selalu nambah lagi. Pushing yourself over the boundaries.

  2. Tingkatkan standar agar standar semakin naik setiap hari.

  3. Harus hadir setiap hari perubahan akan terus terasa ketika kamu zoom out misalnya dari yang semenit udah bisa 4 jam Bayangkanlah dirimu dalam 3 sampai 4 bulan kedepan pikirkanlah Apa hal yang bisa membuat dirimu di masa depan berterima kasih.

No comments: