Wednesday, 11 August 2021

Manfaat Ekstrak Kulit Manggis



Ekstrak Kulit Manggis. Saat ini, manggis tidak hanya dikenal sebagai buah lokal yang kaya vitamin, tapi juga digunakan sebagai obat herbal. Obat herbal ini awalnya saya kenal saat ada iklan obat yang berisi informasi bahwa buah manggis memiliki banyak khasiat. 


Awal bulan Maret ini, musim buah manggis sudah mulai dirasakan oleh beberapa daerah, termasuk di daerah saya, Tegal. Harga yang biasanya kisaran 20 rb, bisa dibeli dengan hanya merogoh kocek sebesar 10 rb per kilogram. Murah kan, teman? Apalagi dengan iming-iming seabrek manfaat manggis bagi kesehatan tubuh, membuat seorang teman dari grup Food Combining segera menyerbu pasar untuk mencari buah yang manis ini. 


Kemarin saya membuat ekstrak kulit manggis dari buah yang saya makan tersebut. Kulitnya tidak saya buang karena akan diolah menjadi minuman sehat. 


Buah manggis berbeda dengan buah lainnya. Buah ini muncul hanya dalam musim-musim tertentu. Buah manggis yang saya dapat ini berasal dari pemberian seorang teman bapak. Diberi banyak satu plastik, saya jadi ingin mencoba membuat sendiri ekstrak kulit manggis. terbayang kan lezatnya buah manggis yang daging buahnya berwarna putih. 


Jika buahnya bisa dimakan, kulitnya bisa digunakan untuk herbal. Kulit ini yang buat ekstrak dengan cara mengerok daging kulitnya yang berwarna agak cerah, lalu mencampurkannya dengan air panas di dalam panci. Air ini digunakan untuk merebus kulit manggis yang sudah saya kerok tadi, hingga airnya berubah warna menjadi agak pink. 


Saya memakai dua gelas air saat merebus, sehingga menghasilkan 1,5 gelas. Air ini bisa diminum 2-3 kali sehari. Buah manggis yang masih tersisa banyak, bisa dipakai di hari lain. Namun karena manggis seperti halnya buah lainnya yang tidak awet disimpan, maka ada baiknya segera dihabiskan dalam 2-3 hari. 


Jika dirasa sayang untuk dibuang, kulit tersebut bisa dikeringkan lebih dulu, setelahnya jika diperlukan bisa direbus seperti biasa untuk menghasilkan ekstrak kulit manggis.


Ekstrak kulit manggis ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, juga mencegah peradangan di tenggorokan. Beberapa manfaat lain juga bisa dirasakan seperti untuk diet, maupun untuk menjaga dari kadar kolesterol yang tinggi. 


Saya menggunakannya untuk tiga manfaat pertama. Untuk rasanya setelah diminum, ekstrak kulit manggis ini memiliki rasa pahit yang kadar pahitnya di bawah level air seduhan bidara laut. Tidak begitu pahit dibandingkan jamu-jamu loh. Jadi saya merasa nyaman saat meminum ekstrak kulit manggis.


Untuk kesehatan, manfaat ekstrak kulit manggis sudah banyak dirasakan oleh orang-orang. Maukah kamu mencobanya juga, teman? Yuk, membuat sendiri ekstrak kulit manggis di rumahmu. ;)

No comments: