Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Bara dan Kucing Hitam by Leni Aryani

 

Seri kisah anak teladan
Bara dan Kucimg Hitam


Judul Buku : Bara dan Kucing Hitam

Penulis Buku : Leni Aryani

Penerbit Buku : Kanak

Terbit : Cetakan pertama, 2020

Tebal : 32 halaman

ISBN : 978-623-7576-34-1

Genre : buku anak

Rating : 4/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤️❤️❤️



Sinopsis Buku Bara dan Kucing Hitam : 


Bara adalah anak yang patuh pada orang tua. Suatu hari Bara menemukan anak seekor kucing. Bara merawatnya dan memberinya makan. Namun, ayah Bara tidak menyukai kucing ada di rumah. 


Bara sembunyi-sembunyi merawat anak kucing yang ditemukannya. Sampai suatu hari ada pencuri di rumah Bara. Kucing temuan Bara pun berusaha memperingatkan pemilik rumah.


❤️❤️❤️


Resensi Buku Bara dan Kucing Hitam :


Pernahkah kamu merasa bahwa memelihara hewan peliharaan ternyata tidak begitu mudah, pasalnya orang rumah tidak suka dengan apa yang kamu lakukan?  

Yaa... Hal inilah yang diangkat dalam buku anak berjudul Bara dan Kucing Hitam. 

Buku anak ini sangat tipis hanya 32 halaman. Seperti pictorial book pada umumnya, buku ini menggunakan sedikit kata dalam setiap halaman untuk memudahkan pembaca anak belajar memahami ceritanya. 

Buku anak ini bercerita tentang Bara, anak kecil yang sangat senang dengan kucing. 

Ia ingin memelihara kucing yang ditemukannya dalam kondisi kurus, berbulu kotor, terluka dan tersesat karena kehilangan induknya. 

Sayangnya, ayah Bara sangat membenci kucing. 

Bara memberi anak kucing itu makan. Bara juga memandikan dan mengobati luka-lukanya. Bara tidak mau ketahuan oleh ayahnya. Oleh karena itu, Bara memasukkan anak kucing itu ke dalam kardus. Kardus berisi kucing diletakkan di bawah tempat tidur. 


Suatu hari, Bara membawa anak kucing ke dalam kamar di rumah dan menyimpannya di kardus. Ia juga merawat dan memberi makan anak kucing itu. 

Saat Bara sedang tidak ada di rumah, Ayahnya mendengar suara anak kucing di kamar Bara. Ayah pun membuang anak kucing ke luar rumah. 

Bara yang kehilangan kucingnya pun mencari anak kucing itu lagi. Ia menyimpannya ke dalam kardus dan meletakkannya agar tidak terlihat ayahnya. 

Bara memanggilnya si hitam. Hanya Bara yang tahu tempat persembunyian si Hitam. (hlm. 17)


Dalam buku ini, pembaca anak juga akan belajar bagaimana cara Bara memperlakukan kucingnya. Ia tetap memelihara kucing itu meskipun ayahnya tidak suka. 

Bara berusaha merawat kucing yang dulu terluka hingga sehat dan menjadi lebih besar dan gagah.  

Suatu malam, ayah mendengar suara garukan di depan pintu kamarnya. Ternyata, keesokan harinya, burung-burung milik ayahnya hilang dicuri oleh pencuri. 

Sejak itulah, ayah Bara membolehkan Bara memelihara kucing karena tahu kucingnya telah memberi peringatan pada penghuni rumah tentang aksi pencurian itu.


Menurut saya : 


Buku ini sangat tipis yaitu hanya 32 halaman. Selain itu, juga menggunakan ilustrasi yang bagus untuk menunjukkan alur cerita dalam buku.


Tema buku anak ini adalah memelihara hewan peliharaan di dalam rumah. Tentu saja, hal ini harus sepengetahuan orang tua, namun bagaimana caranya agar orang tua membolehkan memelihara hewan peliharaan?


Keunggulan buku ini adalah memberikan gambaran bagaimana interaksi anak dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan burung 


Selain itu, memberi gambaran bahwa memelihara kucing ada manfaatnya. Bukan hanya untuk teman bermain saja, melainkan juga bisa menjadi penjaga di dalam rumah. Jadi, jika ada pencuri, kucing memiliki naluri untuk memberitahu orang di dalam rumah agar waspada.


Di buku ini juga ada dialog meskipun sedikit. Sehingga, di dalam buku tidak hanya narasi cerita saja yang ditampilkan. Melainkan membangun cerita melalui dialog kata agar kisahnya lebih hidup.


Melalui buku anak ini, pembaca bisa melihat bagaimana interaksi anak dengan hewan peliharaan dan juga plus minus memelihara hewan peliharaan di dalam rumah.


Nah, semoga bermanfaat ya! 😍


Selamat membaca! ❤️




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.