Wednesday, 18 April 2018

Cara Menabung Untuk Pernikahan

pernikahan (doc : https://id.pinterest.com/pin/550565123181016959/)

Usia kamu sudah memasuki usia yang cukup untuk menikah? Berapa sih usia untuk ideal untuk menikah? 

Menurut Journal of Social and Personal Relationship pada tahun 2012 usia yang ideal untuk menikah adalah 25 tahun. Ada lagi menurut Biro Sensus Amerika Serikat tahun 2013 usia ideal untuk laki – laki adalah 29 tahun dan perempuan adalah 27 tahun. Sehingga banyak orang yang menyimpulkan usia yang tepat adalah 28- 32 tahun. Semakin dewasa umur semakin dewasa juga pemikiran kita. 

Jika kamu sudah memasuki usia tersebut dan memiliki pasangan mulailah memikirkan untuk pernikahan. Apa saja yang harus disipakan selain mental? Sudah jelas yaitu uang.

Berikut adalah tips menabung supaya pernikahan yang kamu inginkan tercapai:


1.     Miliki dua rekening
     Jika kamu bekerja sudah pasti mempunyai rekenening untuk gaji, buatlah satu lagi yang khusus untuk menabung. Pilihlah bank dan jenis rekening yang mendapatkan bunga besar setiap bulannya. Biasanya bank memiliki jenis rekening khusus untuk menabung ada yang bisa diambil setelah satu tahun menabung ada juga yang bisa diambil setiap bulan tetapi dengan limit yang lebih kecil.

2.      Catat kebutuhan
   Mencatat kebutuhan setiap bulannya apa yang harus dibeli dan apa yang harus dibayar. Mencatat kebutuhan seperti ini dilakukan setiap bulan sebelum tanggal gajian, ini berfungsi untuk mengetahui berapa pengeluaran setiap bulannya,

3.      Menetapkan uang tabungan setiap bulannya
    Uang tabungan diwajibkan untuk selalu konsisten dan bertambah setiap bulannya, jangan sampai nominalnya berkurang. Untuk menetapkannya nominalnya kamu harus mengetahui berapa kebutuhan uang untuk menikah misalnya 100 juta, dan kamu akan menikah dua tahun lagi. Jadi kamu harus menabung minimal 4 juta setiap bulan.

4.     Konsisten
     Harus konsisten! Jika kamu tidak konsisten tabungan kamu tidak akan sampai ke target yang ditentukan, sehingga pernikahan yang kamu inginkan tidak maksimal hasilnya.

Uang tabungan ini bukan hanya digunakan untuk pernikahan, tetapi juga untuk kebutuhan setelah pernikahan seperti kredit rumah murah di Jakarta atau kredit rumah btn murah .


2 comments:

Sabda Awal's Blog said...

langkah 1 s.d 4 sudah dilakukan semua mba, bahkan saya ikut arisan nikah, biar agak kebantu buat biaya nikah mba, insyaAllah mau nikah tahun ini semoga terlaksana

Tira Soekardi said...

makasih sharingnya, bgs buat anakku