Tuesday, 26 June 2018

Rencana Liburan di Bandung


Beberapa minggu yang lalu, seorang teman mengirimkan voice note berisi pesan singkat. Katanya, “Hallo, mba Ila, apa kabar? Kapan main ke Bandung lagi?” Well ya, udah beberapa bulan ini saya belum berlibur ke Bandung lagi. Sempat terpikir untuk mampir sebentar ke Bandung pas bulan lalu nganter adek ke Bandara Soeta. Tapi nggak keburu karena harus ngejar jadwal sekolahnya anak pak sopir yang kebetulan lagi ikut kami waktu itu. Jadi deh kami sekeluarga pun langsung pulang abis dari bandara. Hehe

Bandung punya banyak tempat wisata yang unik dan asyik untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat wisata di Bandung yang ingin saya datangi jika saya berlibur ke sana lagi. Lalu, rencananya mau kemana aja nih?

1.       Ranca Upas


Ranca Upas tempat populer di kalangan anak-anak pecinta Instagram alias Instagramer. Bagi yang ingin merasakan suasana liburan di Bandung Selatan yang masih asri dan alami, kamu wajib ke Ranca Upas ini. Ranca Upas dikenal dengan nama Kampung Cai Ranca Upas. Beralamatkan di Jalan Ciwidey Patengan Km 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Apa aja yang ada di sana? Di sini kamu bisa ikutan camping cantik nan seru karena Ranca Upas menawarkan pesona liburan khas alam dengan camping ground yang luas. Lalu, kamu juga bisa melihat rusa. Yeah, hewan satu ini jadi primadona saat berfoto karena banyak yang penasaran, rusa itu kayak gimana sih? Bahkan kata teman saya, Raisa, penyanyi pop wanita yang sedang naik daun ini pernah ke Ranca Upas juga. Kamu mau foto ala-ala Raisa yang cantik? Bisa banget deh di Ranca Upas ini.

Saat Raisa liburan di Ranca Upas

 
Suhu udara di Ranca Upas terbilang dingin untuk ukuran kota Bandung ya. Bisa mencapai 17-20 derajat celcius. Siap-siap deh kalau mau liburan ke Ranca Upas kamu wajib bawa jaket ya. Biar nggak kedinginan. Hehe.

Trus, berapa sih biaya HTM Ranca Upas? Murah kok, gaes. Kamu hanya perlu membayar 15 rb per orang. Oiya, Ranca Upas ini luasnya sampai 215 hektar. Sangat luas untuk dijelajahi hanya dalam beberapa hari. Jadi sebelum ke sini siapkan staminamu ya, biar liburanmu di Bandung makin asyik. 


Ranca Upas Ciwidey (doc : www.instagram.com/couplephoto )

Baca juga : Spot Foto Menarik di Surabaya 


2.       Curug Malela


Liburan ke curug? Nggak masalah deh. Soalnya kota Bandung punya banyak curug tersembunyi yang masih asri dan bikin betah buat dikunjungi. Kalau kamu pernah main ke curug, pasti tahu dong kalau liburan ala pemburu curug itu ya harus siapin tenaga ekstra ya. Karena namanya main ke curug pasti naik turun jalanannya dan masih jalan yang berbatu-batu gitu.

Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gunung Halu. HTM masuk ke Curug Malela sebesar 10 rb rupiah saja. Curug ini punya debit air yang besar dan berarus deras lho. Jadi tetap wajib hati-hati ya ketika main ke sini.

Curug Malela punya 5 jalur air terjun. Sangat banyak ya, jadi kamu bisa memilih jalur mana yang kamu sukai. Dengan ketinggian 60 meter dan lebar  70 meter, Curug Malela tampak memesona bagi siapapun yang memandangnya. Liburan ke sini yuk!


Curug Malela (doc : www.instagram.com/rian_hadisetiawan)

Baca juga : Terbang dengan Express Air dan Nikmati Pesona Air Terjun di Kalimantan Utara Ini Sekarang Juga


3.       Stone Garden Geopark

Indonesia memiliki beragam keunikan alam yang patur disyukuri. Jika kamu terbiasa main ke gunung, pantai, goa, danau, dll, kini saatnya kamu mencoba hal lain. Gimana kalau main ke gunung kapur? Yes, ini wishlist saya sejak lihat seorang teman memposting tentang Stone Garden Geopark. Saya baru tahu bahwa Geopark di Indonesia ada banyak banget pas baca kisah Annisa Malati yang menjadi host sebuah acara traveling yang membahas tentang Geopark di Indonesia. Jadi kalau kamu baru sekali main ke geopark ini, kamu bakalan ketagihan dan penasaran buat explore geopark lainnya.

Stone Garden Geopark terletak di Desa Gunung Massigit, Kecamatan Cipatat. Biaya HTM untuk masuk Stone Garden Geopark adalah sebesar 10 rb rupiah. Untuk waktu masuk dibatasi ya. Sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore. Jadi disarankan sebelum jam 5 sudah harus pulang yes. Biar nggak kemalaman juga di jalan kan? Hehe


Stone Garden Geopark (Pic from www.instagram.com/bagasarif007 )

Stone Garden Geopark ini merupakan kawasan gunung kapur dengan luas 2 hektar dan tinggi hingga 709 meter dari atas Gunung Pawon. Stone Garden juga diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bagi kamu yang ingin mengeksplore Stone Garden Geopark, kamu bisa melihat hamparan batuan gamping di pegunungan kapur yang eksotis dan menawarkan keindahan alam yang berbeda.

Nah, karena sudah ada itinerary, saya ingin sekali mewujudkan wishlist saya ini. Jadi, saya pun mulai iseng searching penginapan yang murah di aplikasi Traveloka. Karena saya penasaran berapa harga penginapan murah di Bandung yang bisa saya temukan di Traveloka. Ada beberapa promo yang menggabungkan akomodasi dengan hotel, dengan harga yang lebih terjangkau. Diskonnya pun beragam ya.


Jika kamu jago nyari penginapan murah dengan sangat jeli, kamu bisa deh dapet harga super murah untuk sebuah penginapan di Bandung. Hehe. Asal mau nyari sampai di kedalaman ya. Ingat, gaes. Hemat pangkal kaya. Wkwk. Karena dengan sedikit berhemat, kamu bisa menggunakan sisa uangmu untuk membeli oleh-oleh atau dipakai untuk keperluan lainnya.




Kalau kamu punya rencana liburan seperti saya, kamu bisa mencari penginapan di Bandung via Traveloka dengan filter harga sesuai budget yang kamu miliki. Cari deh harga yang sesuai budget travelingmu di aplikasi Traveloka. Saat kamu memesan hotel di Traveloka, kamu nggak akan diribetin dengan beragam kerumitan. Karena banyak kemudahan yang didapat. Misalnya ada berbagai jenis pembayaran, bisa lewat indomaret juga loh, cepat transaksinya, dan juga ada beragam pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia, bahkan di dunia.

Kalau kamu biasa liburan ala backpacker, ya cari aja penginapan dengan harga terjangkau. Kalau biasa liburan ala koper, ya nggak papa kalau misalnya kamu pengin nyari penginapan yang luxury nan mewah ala putri raja. Wekeke. Nggak papa banget malah kalau mau honeymoon di Bandung. Tempatnya nyaman dan pastinya mengesankan ya.

Anyway, harga hotel Traveloka yang kamu bayar nggak harus kamu keluarkan saat itu juga loh. Kamu bisa bayar di tempat. Nah, kamu berminat liburan di Bandung juga? Share dong itinerary liburanmu berikutnya! ;)


No comments: