Langsung ke konten utama

[Tips Blogging] Inilah 13 Cara Membuat Blog Mini Penghasilan Maksimal




[Tips Blogging] Inilah 13 Cara Membuat Blog Mini Penghasilan Maksimal : 

1. Menentukan 1 tema khusus / niche untuk blogmu.


Pilih tema blog yang kamu kuasai. Pilih 1 tema khusus agar lebih mudah mendapat pembaca loyal. Misal : tema kuliner, resep masakan, travelling, beauty, financial, internet marketing, parenting, review film/drama korea, resensi buku, dll. 

Jika kamu merasa satu tema/niche blog terlalu spesifik dan kamu ingin membuat blog lifestyle alias blog gado-gado, kamu bisa memilih 3 tema spesifik agar tidak keluar jalur. Misal : eat,  travel, beauty.

2. Tentukan branding blog. 


Kamu ingin dikenal sebagai blogger seperti apa? Branding ini terlihat dari pilihan template blog, font, link blog, judul blog, foto profil penulis, foto artikel, tagline, isi artikel, dll. 

3. Tentukan gaya bahasa sesuai target pembaca. 


Kalimat, gaya bahasa, sapaan untuk pembaca menentukan penerimaan mereka terhadap tulisan tersebut. Misal pembaca artikelmu adalah ibu-ibu berusia 30-40 tahun. Gunakan gaya bahasa yang lebih mudah dipahami oleh pembaca. Ini akan berbeda dengan target pembaca millennial. Gaya bahasa anak millennial lebih gaul dan simple. Infografis yang eye catching. Selain itu tone/warna foto juga mempengaruhi penerimaan mereka terhadap isi artikel tersebut.

4. Memilih template blog yang SEO friendly


Template blog yang SEO friendly ini harus mudah diakses lewat web ataupun mobile, loading cepat, tampilan clean (bersih), tidak menggunakan font dan warna tulisan yang bikin mata lelah, tidak ada musik, dll.

5. Riset keyword sebelum menulis di blog


Kamu bisa cari keyword yang populer di masa sekarang ataupun memprediksi tema tersebut akan ramai di masa mendatang. Misal : sebentar lagi Ramadhan dan Idul Fitri.


Segala jenis tulisan bertema kedua hal itu akan banyak dicari orang.

Jadi untuk meraup viewers yang banyak kamu bisa menulis artikel dengan tema tersebut 2 minggu sebelumnya agar postingan blog sudah dideteksi Google. 

Kamu bisa riset keyword populer di Google Keyword Planner. Bisa juga cari di Youtube search, hastag instagram, top trending twitter, dll. 

6. Membuat list ide tulisan di blog sesuai keyword populer


Buat 100 ide tulisan sesuai keyword yang sudah dicari. Lalu kembangkan dalam waktu yang sudah ditentukan. Misal kamu ingin mengembangkan blog dalam waktu 3 bulan. Berarti kamu harus menulis minimal 1 artikel setiap hari. 

7. Menentukan panjang artikel di blog


Panjang artikel sangat mempengaruhi lamanya orang membuka blog kita. Jika kamu menyasar tipe pembaca cepat alias fast reader, kamu bisa menulis artikel dengan gaya bahasa ringan dan panjangnya sekitar 500-800 kata/artikel. Berbeda dengan tulisan yang lebih detail, kamu bisa membuat tulisan sepanjang minimal 1200 kata/artikel. Dengan begitu kamu akan mudah menuliskan artikel karena sudah menentukan tipe artikel apa yang akan dibaca oleh pembaca blogmu. 

8. Buat 3 keyword turunan dari keyword utama


Misal keyword utama : liburan ke Lombok. Keyword turunan bisa dipilih : tips liburan hemat ke Lombok ala backpacker, itinerary 3D2N liburan ke Lombok, review penginapan murah ala backpacker di Lombok, dll.





9. Tautkan link satu sama lain antara keyword utama dan keyword turunan


Kamu bisa menambahkan link di anchor text, bisa juga menambahkan link di tulisan lain. 
Misal : anchor text : liburan ke Lombok : www.lombokku.com >> link blog utamamu.
Link tulisan lain : Baca juga : Tips Liburan ke Lombok ala Backpacker
Sisipi link : www.lombokku.com/tips-liburan-ke-lombok-ala-backpacker/

10. Prediksi Artikel Populer di Blog


Ada dua jenis artikel yang dapat meraih viewers terbanyak. Yaitu artikel yang selalu dibutuhkan/dicari oleh orang sepanjang masa, dan artikel yang populer secara musiman. 

Misal : artikel sepanjang masa >> Tips relationship, tulisan bertema pernikahan, tips mengurus anak balita, resep masakan Indonesia, dll

Misal : musim lebaran orang akan banyak mencari tips mudik, tips mengatur keuangan( tips mengatur uang THR, tips beli tiket promo, cara ganti jadwal tiket pesawat atau tiket kereta api, tips mengatur resep masakan dalam 1 bulan, dll), resep kue kering lebaran, resep takjil untuk buka puasa, doa ramadhan, cerita ramadhan, dll.

11. Buat timeline posting artikel dalam waktu yang ditentukan. 


Kamu ingin membangun 1 blog bertema khusus. Setelah menbuat riset, kamu membuat 100 list keyword yang akan kamu tulis artikelnya. Kamu bisa membuat dulu tulisannya baru diposting secara berkala. Misal : 1 hari menulis 3-5 artikel.

Setelah 1 bulan, seluruh artikel dengan 100 keyword selesai ditulis. Kamu posting artikel secara berkala. Misal 1 hari posting 1 artikel. Selama 3-4 bulan, blog akan terus update. Kamu bisa mengerjakan hal lainnya yaitu editing dan tehnik SEO. 

12. Editing SEO untuk Blog


Editing SEO di blog mencakup pemilihan judul yang click bait, penggunaan heading untuk setiap point penting( Heading 1-3), keyword density(sebaran keyword dalam artikel) sebanyak 1-3% dari total jumlah kata, meta description menggunakan kalimat persuasif, memberi tag/label, edit link unik sesuai keyword, rename foto sesuai keyword sebelum diupload di artikel, edit link ke postingan lain, menebalkan keyword/bold keyword, dll. 

13. Editing sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar


Edit artikel dengan detail hingga tak ada typo satu pun. Selain itu sesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk kata bahasa asing menggunakan italic, untuk kata serapan disesuaikan dengan EBI, untuk penggunaan kata di disambung dan dipisah, dll. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan