Saturday, 25 April 2020

Yuk Kenali Virus Corona Lebih Dekat dengan Menyimak Ulasan Berikut

Yuk Kenali Virus Corona Lebih Dekat dengan Menyimak Ulasan Berikut 

Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala yang ditimbulkan berupa batuk ringan, sesak nafas hingga pneumonia akut yang bisa menyebabkan kematian.


Virus covid19 ini bisa menyerang ke manusia dengan kondisi apapun seperti pria, wanita, muda, anak-anak hingga lansia. Semua bisa terinfeksi virus covid19 dan bisa menularkannya kepada orang lain selama virus masih aktif di dalam tubuhnya.



Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan provinsi Hubei China pada bulan Desember 2019 lalu. Awal mula virus ini hingga sekarang masih menjadi misteri meski banyak yang menebak sumber dari virus adalah kelelawar yang banyak diperjualbelikan dalam kondisi hidup di salah satu pasar tradisional di China. Kelelawar hidup tersebut kabarnya dijual untuk dikonsumsi dan menyebabkan munculnya virus di dalam tubuh manusia. setelah menjangkiti manusia, virus tersebut menular dari satu manusia ke manusia lainnya dengan sangat cepat.

Penyebaran yang sangat cepat dan menyebabkan kematian yang tak sedikit ini membuat pemerintah China mengambil antisipasi dengan menerapkan lockdown bukan hanya di kota Wuhan namun hingga ke provinsi Hubei. Hingga saat ini jumlah kasus positif covid19 di China berjumlah lebih dari 88.000 kasus dengan jumlah kematian mencapai lebih dari 3.000 jiwa.

Di awal terinfeksi, seseorang bisa mengalami gejala diare namun tidak terlalu sering atau parah. Disusul dengan batuk kering dan tenggorokan sakit saat menelan. Demam ringan mulai datang dan semakin memburuk dari hari ke hari.

Jika sistem imun tubuh lemah, gejala akan bertambah dengan sesak nafas sehingga di fase ini Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis untuk alat bantu nafas. Namun jika sistem imun tubuh kuat, Anda bisa saja hanya mengalami batuk ringan tanpa gejala berat lainnya. Meski begitu perlu diketahui bahwa mereka yang sudah positif mengandung virus corona baik bergejala maupun tidak tetap bisa menularkan penyakit pada orang lain.

Jumlah kasus yang sangat besar dalam waktu yang singkat terjadi karena cara penularan virus yang sangat mudah dan masif. Berikut ini adalah cara penularan virus covid19 yang perlu Anda waspadai:


1. Droplet.

Virus bisa menular melalui droplet atau percikan air liur penderita yang terhirup langsung atau masuk melalui mulut, hidung dan selaput mata dari orang lain di sekitarnya.

2. Sentuhan tangan.

Virus juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui tangan yang menyentuh mata, hidung, dan mulut setelah sebelumnya tangan tersebut menyentuh benda yang sudah terkontaminasi droplet pasien positif covid19.

3. Kontak fisik.

Kontak fisik dengan penderita juga bisa menjadi sarana penularan.

Dengan cara-cara penularan tersebut, Anda perlu melakukan pencegahan demi terhindar dari bahaya covid19 diantaranya adalah dengan menggunakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain dan sering mencuci tangan untuk memastikan Anda tidak membawa virus kemanapun Anda pergi.

Gejala yang ditimbulkan dari virus corona ini di fase awal mirip dengan gejala sakit pada umumnya sehingga banyak orang yang ketakutan saat mendapati diri atau keluarganya batuk-batuk. Padahal ada banyak penyakit lain yang memiliki gejala batuk.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online di Halodoc sehingga tidak perlu keluar rumah untuk berobat. Halodoc juga bisa mengirimkan obat yang diresepkan ke rumah Anda sehingga tidak perlu bepergian.

No comments: