Thursday, 2 April 2020

[Tips Blogging] Inilah 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog Yang Bikin Kamu Produktif Menulis


doc : pinterest.com


Inilah 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog Yang Bikin Kamu Produktif Menulis


Tahukah kamu bahwa kamu bisa terus produktif tanpa perlu terpengaruh dengan mood menulis yang kadang tak menentu. Inilah tips mencari ide menulis blog agar bisa terus produktif menulis setiap hari. Simak ya!

[Tips Blogging] 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog :


1. Buat sebuah mind map

Mind map untuk menulis dibuat dengan cara menulis 1 kata di tengah kertas kosong. Buat garis melengkung keluar dengan spidol warna warni, tuliskan ide yang ingin kamu bahas. Buat sebanyak mungkin ide dari 1 tema yang kamu tulis tersebut. Kembangkan artikel sesuai dengan mind map itu.

2. Wawancara narasumber dengan menggunakan 5W+1H

Wawancara ini menggunakan tehnik 5W+1H; what, who, when, where, why, how. 
Kamu bisa melakukan wawancara melalui tulisan, telepon, video call ataupun tatap muka. Sediakan alat recording (bisa menggunakan hp) lalu rekam percakapan tersebut. Tulis resume wawancara sebagai bahan tulisanmu.


3. Membaca Artikel Bertema Sejenis untuk Referensi

Membaca 5-10 artikel yang bertema serupa sehingga memperkaya wawasan. Tulis ide yang belum dibahas orang lain agar artikelmu berbeda.  

4.  Lakukan Self Talk/Kontemplasi 

Selalu bertanya tentang suatu hal (merenung/kontemplasi). Lakukan selama 10 menit dengan fokus pada satu titik. Misal memandang piring kosong di meja atau tiang listrik di pinggir jalan. Atur nafas agar kamu merasa lebih rileks. Lalu tuliskan apa yang terpikir di kepala dengan konsep menulis bebas. Setelah artikel selesai ditulis, kamu bisa mengedit artikel tersebut sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

5. Memilih 3 Hal Unik Yang Out Of The Box 

Memilih 3 hal unik yang berkaitan dan saling berlawanan. Misal : air terjun, travelling, zero waste akan menjadi artikel yang lebih spesifik tentang hubungan ketiga hal tersebut.

6. Tambahkan Quotes atau Ucapan Orang Penting/ Public Figure 

Tambahkan quotes/perkataan orang penting (public figure) yang mendukung argumen dalam tulisanmu. Misal kamu ingin menulis tentang manfaat membaca buku untuk anak-anak, kamu bisa memasukkan quotes tentang buku dari penulis best seller yang kamu idolakan. 

7. Mencari Ide Ngeblog Lewat Potongan Koran, Majalah maupun Buku 

Ambil koran, majalah ataupun buku. Pilih 1 kalimat yang menarik perhatianmu. Buat pengembangan ide dari kalimat tersebut. Ide menulis ini bebas. Jadi kamu bisa mengembangkannya lebih detail lagi sesuai keinginanmu.

8. Mencari Ide Tulisan Lewat Siaran Berita, Radio, Video Youtube maupun Podcast 

Dengarkan siaran berita, radio, video youtube, ataupun podcast. 
Buat ide tulisan dari tema yang kamu dengarkan tersebut sesuai dengan opinimu sendiri.

9. Buat list barang/hal-hal yang akan memancing orang untuk berkomentar

Misal : Inilah 7 barang wajib dibawa saat melakukan solo travelling, 11 minuman berbahan kopi yang bisa kamu buat di rumah, inilah 9 kuliner legendaris khas Yogyakarta, 7 kue tradisional terlezat di Palembang, 5 sajian kuliner khas Keraton Solo, 11 Motif Kain Batik Tulis Harga Selangit, 7 undangan pernikahan unik ala millennial, dll. 




10. Asah kepekaan dengan membaca, mendengar dan merasakan apa yang ada di sekelilingmu

Kepekaanmu membaca lingkungan akan membuat kamu lebih mudah menuliskan ide-ide yang ada di sekitar kita. 

11. Buat 100 ide tulisan di blog untuk 3-6 bulan ke depan

Lalu mulai menulis sesuai timeline yang kamu tentukan. Dengan begitu kamu memiliki ide yang bisa kamu kembangkan dan akan produktif menulis. Buat waktu khusus untuk menulis. Misal : 1 jam setiap hari pukul 5-6 pagi

Nah, selamat mencoba tips blogging  cara mencari ide menulis blog ya. Semoga bermanfaat! ;)

No comments: