Langsung ke konten utama

[Tips Blogging] Inilah 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog Yang Bikin Kamu Produktif Menulis


doc : pinterest.com


Inilah 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog Yang Bikin Kamu Produktif Menulis


Tahukah kamu bahwa kamu bisa terus produktif tanpa perlu terpengaruh dengan mood menulis yang kadang tak menentu. Inilah tips mencari ide menulis blog agar bisa terus produktif menulis setiap hari. Simak ya!

[Tips Blogging] 11 Cara Mencari Ide Menulis Blog :


1. Buat sebuah mind map

Mind map untuk menulis dibuat dengan cara menulis 1 kata di tengah kertas kosong. Buat garis melengkung keluar dengan spidol warna warni, tuliskan ide yang ingin kamu bahas. Buat sebanyak mungkin ide dari 1 tema yang kamu tulis tersebut. Kembangkan artikel sesuai dengan mind map itu.

2. Wawancara narasumber dengan menggunakan 5W+1H

Wawancara ini menggunakan tehnik 5W+1H; what, who, when, where, why, how. 
Kamu bisa melakukan wawancara melalui tulisan, telepon, video call ataupun tatap muka. Sediakan alat recording (bisa menggunakan hp) lalu rekam percakapan tersebut. Tulis resume wawancara sebagai bahan tulisanmu.


3. Membaca Artikel Bertema Sejenis untuk Referensi

Membaca 5-10 artikel yang bertema serupa sehingga memperkaya wawasan. Tulis ide yang belum dibahas orang lain agar artikelmu berbeda.  

4.  Lakukan Self Talk/Kontemplasi 

Selalu bertanya tentang suatu hal (merenung/kontemplasi). Lakukan selama 10 menit dengan fokus pada satu titik. Misal memandang piring kosong di meja atau tiang listrik di pinggir jalan. Atur nafas agar kamu merasa lebih rileks. Lalu tuliskan apa yang terpikir di kepala dengan konsep menulis bebas. Setelah artikel selesai ditulis, kamu bisa mengedit artikel tersebut sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

5. Memilih 3 Hal Unik Yang Out Of The Box 

Memilih 3 hal unik yang berkaitan dan saling berlawanan. Misal : air terjun, travelling, zero waste akan menjadi artikel yang lebih spesifik tentang hubungan ketiga hal tersebut.

6. Tambahkan Quotes atau Ucapan Orang Penting/ Public Figure 

Tambahkan quotes/perkataan orang penting (public figure) yang mendukung argumen dalam tulisanmu. Misal kamu ingin menulis tentang manfaat membaca buku untuk anak-anak, kamu bisa memasukkan quotes tentang buku dari penulis best seller yang kamu idolakan. 

7. Mencari Ide Ngeblog Lewat Potongan Koran, Majalah maupun Buku 

Ambil koran, majalah ataupun buku. Pilih 1 kalimat yang menarik perhatianmu. Buat pengembangan ide dari kalimat tersebut. Ide menulis ini bebas. Jadi kamu bisa mengembangkannya lebih detail lagi sesuai keinginanmu.

8. Mencari Ide Tulisan Lewat Siaran Berita, Radio, Video Youtube maupun Podcast 

Dengarkan siaran berita, radio, video youtube, ataupun podcast. 
Buat ide tulisan dari tema yang kamu dengarkan tersebut sesuai dengan opinimu sendiri.

9. Buat list barang/hal-hal yang akan memancing orang untuk berkomentar

Misal : Inilah 7 barang wajib dibawa saat melakukan solo travelling, 11 minuman berbahan kopi yang bisa kamu buat di rumah, inilah 9 kuliner legendaris khas Yogyakarta, 7 kue tradisional terlezat di Palembang, 5 sajian kuliner khas Keraton Solo, 11 Motif Kain Batik Tulis Harga Selangit, 7 undangan pernikahan unik ala millennial, dll. 




10. Asah kepekaan dengan membaca, mendengar dan merasakan apa yang ada di sekelilingmu

Kepekaanmu membaca lingkungan akan membuat kamu lebih mudah menuliskan ide-ide yang ada di sekitar kita. 

11. Buat 100 ide tulisan di blog untuk 3-6 bulan ke depan

Lalu mulai menulis sesuai timeline yang kamu tentukan. Dengan begitu kamu memiliki ide yang bisa kamu kembangkan dan akan produktif menulis. Buat waktu khusus untuk menulis. Misal : 1 jam setiap hari pukul 5-6 pagi

Nah, selamat mencoba tips blogging  cara mencari ide menulis blog ya. Semoga bermanfaat! ;)

Komentar

  1. Terima kasih tips-tipsnya Bu. Mencerahkan dan membantu untuk blogger-blogger yang lagi tidak ada ide menulis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan