Langsung ke konten utama

[Kesenian dan Budaya Jepang] Ryukyu Buyo, Tarian Samurai Asal Okinawa Jepang

 


Yang paling penting adalah semangat yang mendasari seni pertunjukan Ryukyu. "Chimugukuru – Ketulusan", jiwa orang Okinawa… Itulah yang ada di balik tarian. 


Okinawa di barat daya Jepang terdiri dari banyak pulau yang indah. Selama 450 tahun sejak abad ke-15, Kerajaan Ryukyu yang merdeka makmur, secara aktif berinteraksi dengan Cina dan negara-negara Asia Tenggara. 


Ryukyu Buyo diciptakan sebagai seni pertunjukan untuk menghibur utusan asing. Para penari semuanya adalah pria elit dari keluarga samurai. Keindahan gaya yang dipoles dikembangkan selama periode ini. 


Ryukyu Buyo dulu disebut tarian ritual. 


Saya pikir gerakan dasarnya lahir dari upacara doa dan festival. Ini pertama kali dilakukan selama periode dinasti. Ini dimulai sebagai seni pertunjukan untuk menghibur tamu negara. Kami mempertahankan martabat yang besar sambil menawarkan keramahan. 


Ryukyu Buyo, Tarian Samurai Asal Okinawa Jepang 


MIYAGI Noho, Master Tari dan Harta Karun Nasional yang Hidup, telah mempertahankan tradisi Ryukyu Buyo selama hampir 80 tahun. 


Dia mengatakan bahwa akarnya terletak pada tarian klasik dari periode dinasti. 


“Rojinodori”, “Wakashuodori”, “Nisaiodori”, dan “Onnaodori”… Bentuk-bentuk tarian klasik diklasifikasikan seperti itu. 


Tarian Rojinodori :


Tarian Rojinodori dilakukan pada jamuan makan selama periode dinasti. Mereka ditarikan dengan khusyuk oleh para pria tua di depan raja dan tamu negara untuk merayakan kemakmuran dan umur panjang mereka. 


Tarian Wakashuodori :


Tarian Wakashuodori dibawakan oleh anak laki-laki berusia sekitar 14 dan 15 tahun. Tarian ini merupakan tarian untuk mendoakan kebahagiaan anak muda, dan anak laki-laki berkostum feminin menghibur tamu negara. 


Tarian Nisaiodori: 


Dan ada tarian Nisaiodori. Gerakan dasar karate tergabung dalam tarian yang lincah ini. Performa Nisaiodori yang ideal memadukan kekuatan dan fleksibilitas dengan sempurna. 


Meenuhama adalah tarian perwakilan Nisaiodori. Ini menggambarkan pelabuhan yang indah, memuji keanggunan kapal feri dan burung yang terbang melewatinya. 


Tarian Onnaodori :


Dengan kostum glamor dan tariannya yang anggun, onnaodori disebut sebagai “bunga Ryukyu Buyo”. 


Pada masa dinasti, tarian klasik ditarikan oleh “onnagata”, laki-laki berpakaian seperti perempuan. Noho juga telah tampil sebagai onnagata selama bertahun-tahun. 


Setelah berpuluh-puluh tahun menari sebagai onnagata, saya telah belajar bahwa jika seorang pria menari dengan mengingat gerakan dasar dengan kuat, dia dapat menghadirkan pesona feminin yang sesungguhnya. Berpura-pura menjadi seorang wanita atau berusaha keras untuk menjadi feminin bukanlah ide yang baik sama sekali. Ini semua tentang bergerak dan menari sebagai diri alamimu. Kamu harus memiliki kemauan yang kuat dan konsisten. Dan kamu harus melakukannya dengan bermartabat. 


Tarian Shudun:


"Shudun" adalah tarian tertinggi yang membutuhkan tingkat kinerja tertinggi. 


Dimulai dengan penari berjalan perlahan ke panggung utama, dengan kaki meluncur dan mata terfokus pada satu titik, menunjukkan bahwa wanita itu fokus pada sesuatu yang serius. 


Hal ini benar-benar hanya gerakan dan tindakan yang sangat terkendali. Sebaliknya, pikiran wanita yang mengalir dari dalam sangat besar. 


Di bagian tengah, ekspresi wajah dan gerakan tangan yang sangat halus menunjukkan hatinya yang tidak puas. Hanya mata dan sedikit gerakan kepala yang mengungkapkan begitu banyak perasaan. 


Mata penari bergerak dalam garis melengkung seolah-olah membuat bentuk segitiga terbalik. 


Bangun dari mimpi kekasihnya, dan menatap bulan, gerakan itu mengungkapkan lamunan. Dan gerakan yang disebut "makurat". 


“Bangun dari mimpi kekasihku… Kami tidur berdampingan di atas bantal. Ah, itu hanya mimpi.” 


Itu adalah isyarat yang mengungkapkan kesedihan wanita seperti itu. 


Gerakan tangan melihat bulan menunjukkan rasa kehancuran yang tak tergoyahkan. Gestur seperti menggendong bayi mengungkapkan perasaannya yang membara untuk orang yang dicintainya. Bagaimanapun, itu menunjukkan keinginan seorang wanita. 


Kamu harus memikirkan "bentuk" dengan cara yang terkendali, menjaga keinginanmu di dalam daripada mengeluarkannya secara realistis. Ada keindahan dalam caramu menari seperti yang kamu pikirkan. 


Jikata terus mendukung tradisi Ryukyu Buyo. Ansambel terdiri dari koto, seruling, dan drum, ditambah inti "Uta sanshin", bernyanyi sambil memainkan sanshin. 


Menyanyi adalah elemen utama dari iringan, dan sanshin menciptakan melodi. 


Untuk Uta sanshin, kamu benar-benar perlu melatih suaramu. Poin terpenting adalah kemampuan untuk memproyeksikan suaramu. 


Saya banyak menekankan itu dalam praktik. Saya percaya Jikata adalah bagian inti dari Ryukyu Buyo. Koreografi didasarkan pada nyanyian. Tarian menjadi fokus utama setelah di atas panggung. Namun, lagunya ditulis terlebih dahulu dan kemudian tariannya mengikuti.


Bagaimana penyanyi dapat membantu para penari untuk tampil dengan nyaman? 


Kau tidak dapat melakukan Jikata tanpa banyak berlatih. Sepenuhnya memahami makna lagu dan bernyanyi dengan penuh emosi… 


Ketika menjadi satu dengan tarian, itu menciptakan Ryukyu Buyo yang sebenarnya. 


❤️❤️❤️


Akhir Kejayaan Kerajaan Ryukyu di Okinawa Jepang :


Kerajaan Ryukyu berakhir pada tahun 1879, tetapi nyala api Ryukyu Buyo tidak padam. 


Kelas samurai, yang menjalankan tradisi, kemudian mulai tampil di teater-teater kecil. Gaya itu disebut "Zoodori". 


Setelah kerajaan runtuh, teater komersial lahir. Itu diciptakan dari kehidupan orang-orang biasa. Berbeda dengan bentuk tarian klasik, itu ditandai dengan tarian spontan dan berirama. 





Tarian Hamachidori yang Ditarikan oleh Laki-laki: 


"Hamachidori" adalah salah satu tarian zoodori paling populer. Hanya laki-laki yang menari pada periode dinasti, tetapi sekitar waktu ini perempuan juga mulai berpartisipasi. Ini meletakkan dasar bagi penciptaan penari wanita yang luar biasa saat ini. 


Ryukyu Buyo terus berkembang, menjalani kehidupan baru mengikuti arus zaman. Yang mendasari semuanya adalah dunia unik yang dipelihara selama era Kerajaan Ryukyu. 




Bagaimana Ryukyu Buyo diturunkan begitu lama? 


Kuncinya adalah semangat yang mendasari seni pertunjukan Ryukyu. Ini adalah "Chimugukuru", hati dan jiwa orang Okinawa. 


Nenek moyang kita dengan tegas melindungi dan memeliharanya, dan mewariskannya kepada kita hari ini. Kita harus memastikan bahwa kita mewariskannya kepada generasi berikutnya. Saya merasa bahwa kami memiliki rasa tanggung jawab dan kewajiban. 


Kata Okinawa "Chimugukuru" mengacu pada perasaan ketulusan terdalam yang bersemayam di hati. 


Selama perasaan itu masih ada, api Ryukyu Buyo tidak akan pernah padam.


❤️❤️❤️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?