Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal


Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA.

Saya pakai Klik BCA, pas coba masukin nomor hp yang akan diisi, saya udah submit kok nggak bisa. Tertulis transaksi gagal. Lha kok gagal ya? Yaudah saya berbaik sangka kalau emang hanya sekali itu saja transaksi gagal. Mungkin karena internet saya sedang buruk sinyalnya. Saya pun coba hingga tiga kali yaitu 40 rb, 30 rb, dan 30 rb. Dan err.... tiga-tiganya gagal. Wkwk. Yaudah deh. Saya putuskan untuk beli pulsa via counter tetangga. Pulsa yang saya beli di counter tetangga itu masuk loh. Padahal cuma beli 10 rb aja.

Saya nggak ngecek lagi mutasi rekening karena mikirnya ya error aja. Transaksi gagal udah biasa kalau pake Mandiri juga gitu. Jadi saya nggak mikirin banget. Baru deh pas hari Sabtu saya cek mutasi dan taraa... saldo berkurang sesuai dengan jumlah pulsa yang rencananya saya beli hari Jumat itu. Wew. Kok gitu ya? Padahal hari itu hari Sabtu, jadi saya nggak mungkin dong ke kantor cabang buat ngeprint buku tabungan dan bikin laporan ke bank.

nanya ke CS di twitter tapi disuruh telepon CS BCA 1500888


Saya tanya ke temen di grup arisan blogger. Kata mba Liza Fathia disuruh nanya aja ke banknya. Jadi saya telepon ke CS BCA di nomor 1500888 nggak nyambung juga sebanyak 3 kali. Saya coba email halobca@bca.co.id nanya apa yang harus dilakukan kalau saya saldo tabungan terpotong padahal transaksi internet banking gagal. Saya disarankan oleh CS emailnya buat nelepon ke CS 1500888 tadi. Yaelah, ternyata ujung-ujungnya sama aja. Saya harus telepon juga. Nanya di twitter pun saja jawabannya. Yaudah lah.

Saya pun pinjem hp ibu buat nelepon karena ngira kalo hp saya nggak bisa ditelepon sama CS nya, kemungkinan hp saya yang sedang bermasalah. Jadi endingnya saya nanya via telepon ke CS. Dan CS nya berbaik hati buat urusin masalah ini dengan membuat laporannya terlebih dahulu. Saya ditanya data rekeningnya, nama pemilik, kronologi kejadian, kerugian akibat transaksi gagal, dll. Saat membuat laporan itu, mbaknya agak lama ngurusnya. Sampe dia berkali-kali bilang, “Masih saya bantu cek ya, bu.”  Saya jawab iya, iya, dan iya. xD Sepertinya prosedurnya seperti itu tiap nggak ada kalimat yang meluncur dari saya ataupun dia, dan emang lagi diurus bakalan dijawab gitu. Biar nasabah juga tenang.

Capek banget sih bikin laporannya udah lebih dari 10 menitan. Agak lama, entah kenapa deh. Beruntung nggak dioper-oper lagi kayak pas di twitter. Alhamdulillah. Saya pun dikasih nomor pengaduan untuk mengecek lagi jika selama 7 hari belum ada kejelasan refund dana BCA. Tapi pas hari Senin ini saya cek udah masuk dana refundnya. Alhamdulillah.


Di mutasi rekening tertulis kode KR Otomatis. Kemungkinan itu emang prosedur dari bank bahwa meski nggak dilaporkan pun kalau transaksi internet banking gagal pasti ada koreksi saldo ke rekening nasabah. Alhamdulillah, masalahnya udah selesai. Jadi kalau ada error atau masalah apa soal dana rekening di BCA bisa tanya ke CS BCA di 1500888. Dibanding via email dan twitter, lebih cepat via telepon CS bank. Jadi, apa kamu pernah mengalami hal ini juga? Share dong di komentar. Semoga artikelnya membantu ya. :)

Komentar

zata mengatakan…
wah penting banget infonya nih mba, aku pernah dulu banget ngambil di atm dan uangnya ngga kluar, tapi pas ngecek saldo sudah berkurang sejumlah yang niatnya diambil tadi, duhh..
Unknown mengatakan…
Maaf saya jg br mengalami hal yg serupa cuma saya mandiri mobile banking sampai 5 x tlp 14000 tengah malam bilang nya lg offline
Ade mengatakan…
Aku baru alami mas isi plsa paket 60 trus 60 trus 5 ribu gagal trus yg saya isi punya kwan pla tapi transaksi gagal trus saldo saya kepotong dan duit dri kean tk jadi bayar apeees kali saya mas pakai simobi plus...aku tunggu tk ada hasilnya
Aisyah DC mengatakan…
Saya mau bikin internetbanking tidak Di layanin dengan baik Oleh cs
Kei mengatakan…
Kayaknya efektif ke banknya aja lah udah. Pegel dioper oper kek wasting time -_-
Unknown mengatakan…
Baru kejadian sama saya transaksi isi paket data 200rb gagal tp saldo ke debet,,tgl 22 transaksi dan langsung nelp cs suruh tunggu sampe tgl 29 tgl 30 april saldo msh blm balik.udh coba lapor ke bank nya langsung tp disuruh bikin laporan lg dan disuruh nunggu lg semingguan��
Unknown mengatakan…
2 kali beli pulsa di e banking mandiri trasaksi gagal uang kepotong
Unknown mengatakan…
Saya 2x beli pulsa lwt mobil bankg mandiri...transaksi gagal tp saldo berkurang🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️
Unknown mengatakan…
Saya salah ngetik no hp, nonya tidak terdaftar, udah datang k cs BCA katanya uang udah masuk k Telkomsel, datang k GraPARI Telkomsel, katanya uang ga masuk karena no ny salah. Harus gimana ya?
Unknown mengatakan…
Trus gimana ya pulsa gak masuk tapi saldo kepotong?
Abdullah mengatakan…
Sama.. realnya mereka juga manusia
Unknown mengatakan…
Barusan ni BCA ke potong saldo pulsa ga masuk
Nurepih mengatakan…
Baru nih saya bayar lazada 2 kali error tapi saldo terpotong lewat internet mbanking
Unknown mengatakan…
Barussan bayar pake kode QR 300rb saldo terpotong tp transaksi gagal haduhhh
Unknown mengatakan…
Nah itu kenapa ya bisa bgitu saya 2x error yg pertama saya udh lapor ke BCA alhamdulillah udh di balikin langsung otomatis saya tanya ke CS ngga ada gangguan nah saya nyoba lgi besoknya nah bgitu kepotong tp ngga masuk pulsanya
Itu gangguan dari providernya apa dri BCA nya sih soalnya saya hampir tiap hari transaksi
Tp baru x ini nih bgini jadi malesin

Dan ngga ada info sebelumnya gimana gimananya
My story mengatakan…
Sama persis ini..
Cuma lagi cari info..
Makasih bos
Krewold mengatakan…
Intinya jgn beli plsa di m-banking . Udah ribet . Gk masuk pula .
Bli di counter pulsa aja aman.. Gk takut uang hilang
Unknown mengatakan…
Saya juga mengalami hal yg serupa kejadiannya hari ini tgl.22 april.2021 beli paket lewat mobil banking saldo kepotong pulsa ga masuk gimana itu lama2.ga ada yg make mobil banking itu
Unknown mengatakan…
Ya saya pernah beli d mbanking mndiri transaksi tngah mlm 100k. Status berhasil tapi pulsa tidak masuk ke telkomsel. Sya coba beli di mbanking bca berhasil dan plsa bisa masuk. Udh tlpon k mndiri tp dpt jwaban yg saling lempar😂 ah jadi males deh pakai mandiri. Sering pulsa gak masuk tp transaksi brhasil dan saldo trpotong. Entah kmn plsanya
Unknown mengatakan…
Saya jg td pagi beli dr mbanking ga masuk sampe skrg..di tlp 1500888 gada opeartor yg angkat dah 3x dan kepotong pula..mana nih call centre yg gratis,kok gada,,email jg ga bs
Unknown mengatakan…
Mari kita semua jangan pake m.banking..saya sdh kapok..beli pulsa saldo berkurang...ke cs hallo bca..ribet jawaban nya...malah..suruh nunggu 1mggu..kliatan perush platmerah spt telkomsel..arogan merasa yg paling superior..ga ada yg mo ngalah..akhirnya konsumen yg dirugikan..yg males bertanya..saldo berkurang bye bye..
YP88 mengatakan…
Sy alamai jg 5x gagal tp terpotong jd total 500rb sudah dari Jumat dan sudah lapor tp sampai hari ini belum jg masuk dana pengembalian nya
Unknown mengatakan…
Saya pun mengalami hal serupa, 2x transaksi isi paket data Indosat gagal,yg ke 3 saya coba isi pulsa aja berhasil dan masuk pulsanya,saldo saya berkurang untuk transaksi yg 2x isi paket data. PARAH #m.bankingBCA #BCA.
Unknown mengatakan…
Saya barusan beli pake data di m banking BCA paketnya blum masuk🥴🥴 saldo nya dah terpotong
Unknown mengatakan…
Saya tdi beli paket indosat di mbangking bca paketnya blm masuk tetapi saldonya terpotong😐
Bw mengatakan…
Baru saja td malam ngalamin, isi 2 x nominal @100k x 2 jd 200k ditransaksi gagal terus, akhirnya nyerah dipkir emang error & beli dikonter aja.
Trus iseng2 coba cek mutasi.. ko dana keluar 100k 2x auto panik, trus tlp cs tp yg kembali cuma 100 sj, yg harusnya 200.
Gimana sama transaksi yg dulu2 sering gagal, & lupa cek mutasi.. jgn2 kepotong jg..🤦‍♂️
Anonim mengatakan…
Barusan saya beli pulsa smartfren tapi saya salah milihnya indosat trus saldonya udah kepotong itu gimana ya
Anonim mengatakan…
Barusan saya beli pulsa smartfren tapi saya salah milih indosat saldo juga sudah kepotong itu gimana ya kak
Ila Rizky mengatakan…
Hallo, kak. Bisa ditanyakan ke cs BCA langsung ya, kak. Bisa via twitter @haloBCA atau DM instagram.
Unknown mengatakan…
Kak sama juga ngalamin hal yg sama. Tgl 04 feb 2022 tengah malam jam stgh 10 sya ngisi kuota m3 ke mbanking mandiri. Memang sih sinyal lagi jelek, pas pertama saya masukin pin hasil nya server error, lalu sya penasaran lagi nyoba sampai 3 x. Ujung" nya 3x penarikan. Ke potong 3x uang nya. Pas kejadian nya malam minggu, mau hub. Cs mandiri pasti lgi offline. Kak kasih solusi ya 🙏
Unknown mengatakan…
Saya juga mengalami sperti teman2 yg komentar. Semalam sya ngisi kuota m3 di mbanking mandiri. Pas pertama transaksi masuk pin tertulis server error. Lalu sya nyoba sampe 3x akhirnya tiga" nya berhasil. Otomatis uang juga ke ptong 3x. Mau hub. Cs mandiri lagi offline. Solusi nya gmana ya kak ?
Unknown mengatakan…
Min mau tanya, kalau saya kan tranfer dari m-banking bca ke bri, uang belum masuk, tapi di mutasi uang keluar berhasil + biaya potong, kejadian sudah 2 hari apa masih bisa dilaporin ke CS bca nya?
Ila Rizky mengatakan…
Iya, laporin ke cs aja kak. sekalian nanti bakal ditanya detail kronologinya, dan ditanya transaksinya jam berapa.
Troik325 mengatakan…
kalau saya mah lebih ribet. saya beli pulsa sama arng trnyata dia jualanya melalu bank bca, saya udh naya sama dia smpe 3 x bulak balik ttp kata di disini udh sukses,
yaudh lh saya asrah z mungkin bukan milik iklasin z
ajay ar mengatakan…
Saya mengalami nya mbak

Postingan populer dari blog ini

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.