Thursday, 15 March 2018

Pengaruh Suku Bunga BI


Pengaruh Suku Bunga BI

Suku bunga BI  atau biasa disebut juga dengan BI rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap atau kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

doc : www.katadata.co.id

BI Rate diperbaharui setiap bulan  dan diimplementasikan pada operasi moneter yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Faktor utama dalam penetapan BI rate adalah inflasi. Inflasi adalah peningkatan persediaan uang yang dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga. Jadi jika inflasi meningkat maka BI rate akan naik, dan jika inflasi menurun maka BI rate akan turun. 

Apa saja hubungan BI rate dalam kehidupan?

1.       Menjaga perekonomian tetap stabil

Bank Indonesia bisa memberikan stimulus kepada bank yang mengikuti ketetapan Bank Indonesia. Saat BI rate naik bank-bank yang ada diharapkan untuk menaikan suku bunga deposit dan kreditnya, begitu pula jika BI rate turun Bank Indonesia berharap setiap bank menurunkan suku bunga deposit dan kreditnya.

2.       Mengontrol Inflasi

Saat harga-harga meningkat tinggi maka BI akan memperketat peredaran uang, sehingga tidak banyak uang yang beredar di masyarakat dan mengakibatkan inflasi. Seperti yang sudah dijelaskan inflasi merupakan faktor utama dalam penetaoan BI rate.

Bagaimana pengaruh suku bunga BI terhadap cicilan KPR? 

Banyak yang mengkhawatirkan kenaikan BI rate ini akan membuat cicilan KPR setiap bulannya melonjak naik. BI rate bukanlah satu-satunya faktor penentu kenaikan suku bunga kredit. Ada tiga faktor lainnya yaitu risiko kredit, biaya operasional, dan margin keuntungan. Jadi belum tentu cicilan KPR akan naik setiap BI rate naik. Bank penyedia program KPR sudah memperhitungkan resiko kenaikan BI rate ini dan memberi tahu nasabah yang ingin mengajukan KPR terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan ada kenaikan yang sangat tinggi di setiap bulannya.

Kamu bisa mengunjungi website SMF http://www.hfis-smf.co.id/smf-highlight/ untuk mengetahui suku bunga BI setiap bulannya,  analisis tentang perkembangan suku bunga BI, dan pembiayaan perumahan KPR sehingga kamu bisa mengetahui kebutuhan yang harus disiapkan setiap bulannya.. 


No comments: