Langsung ke konten utama

Pengaruh Suku Bunga BI


Pengaruh Suku Bunga BI

Suku bunga BI  atau biasa disebut juga dengan BI rate adalah suku bunga kebijakan yang mencerminkan sikap atau kebijakan moneter yang ditetapkan oleh bank Indonesia dan diumumkan kepada publik.

doc : www.katadata.co.id

BI Rate diperbaharui setiap bulan  dan diimplementasikan pada operasi moneter yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Faktor utama dalam penetapan BI rate adalah inflasi. Inflasi adalah peningkatan persediaan uang yang dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga. Jadi jika inflasi meningkat maka BI rate akan naik, dan jika inflasi menurun maka BI rate akan turun. 

Apa saja hubungan BI rate dalam kehidupan?

1.       Menjaga perekonomian tetap stabil

Bank Indonesia bisa memberikan stimulus kepada bank yang mengikuti ketetapan Bank Indonesia. Saat BI rate naik bank-bank yang ada diharapkan untuk menaikan suku bunga deposit dan kreditnya, begitu pula jika BI rate turun Bank Indonesia berharap setiap bank menurunkan suku bunga deposit dan kreditnya.

2.       Mengontrol Inflasi

Saat harga-harga meningkat tinggi maka BI akan memperketat peredaran uang, sehingga tidak banyak uang yang beredar di masyarakat dan mengakibatkan inflasi. Seperti yang sudah dijelaskan inflasi merupakan faktor utama dalam penetaoan BI rate.

Bagaimana pengaruh suku bunga BI terhadap cicilan KPR? 

Banyak yang mengkhawatirkan kenaikan BI rate ini akan membuat cicilan KPR setiap bulannya melonjak naik. BI rate bukanlah satu-satunya faktor penentu kenaikan suku bunga kredit. Ada tiga faktor lainnya yaitu risiko kredit, biaya operasional, dan margin keuntungan. Jadi belum tentu cicilan KPR akan naik setiap BI rate naik. Bank penyedia program KPR sudah memperhitungkan resiko kenaikan BI rate ini dan memberi tahu nasabah yang ingin mengajukan KPR terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan ada kenaikan yang sangat tinggi di setiap bulannya.

Kamu bisa mengunjungi website SMF http://www.hfis-smf.co.id/smf-highlight/ untuk mengetahui suku bunga BI setiap bulannya,  analisis tentang perkembangan suku bunga BI, dan pembiayaan perumahan KPR sehingga kamu bisa mengetahui kebutuhan yang harus disiapkan setiap bulannya.. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan