Langsung ke konten utama

Cara Membuat Iklan di Facebook (FB Ads) Dengan Transfer Bank


Facebook ads atau biasa disebut fb ads merupakan salah satu alternatif untuk menjaring audience atau target untuk melakukan call to action dengan jangkauan yang lebih luas. Misalnya saja mengklik blog kita atau melakukan pembelian pada suatu web ecommerce. Sebenarnya saya sudah mengetahui fb ads ini sejak tahun 2011. Saat itu saya aktif di sebuah MLM dan sering beriklan di fb. Ya, waktu itu belum ada opsi pembayaran menggunakan transfer bank atau ATM. Jadi pilihan utamanya hanya menggunakan kartu kredit. Karena kendala itulah akhirnya yang sering membuat iklan adalah upline saya, dan saya hanya membayar sesuai dengan nominal yang telah dibagi tiap orang di grup. 

Anyway, soal cara membuat iklan di facebook ini saya tuliskan sebagai referensi saja. Siapa tahu ada yang ingin mencoba beriklan di facebook. Berdasarkan pengalaman tahun 2011 saat itu, untuk jumlah target memang melebihi ekspektasi menurut saya. Soalnya dulu beriklan 200 rb bisa sampai ratusan orang yang mengisi form pendaftaran di landing page. Jadi menurut saya sangat efektif untuk bisnis. Hanya saja ya begitu sih, karena reach peoplenya itu lumayan banyak, iklannya jadi cepet habis masa tayangnya. Karena budget yang diberikan sesuai dengan yang diminta facebook. Misalnya saja 200 rb untuk 200 klik. Dari 200 klik itu bisa tayang selama berapa hari tergantung target audiencenya. Nah, kalau dalam sehari bisa mencapai 200 klik ya sudah, iklan habis deh dalam sehari itu saja. Besoknya kalau mau beriklan lagi  ya... bayar lagi.

Baca juga : Peluang Bisnis Waralaba di Era MEA

Untuk kali ini saya hanya menunjukkan bagaimana cara membuat iklan di facebook, jadi nggak sampai iklannya running ya. Hehe. Hanya ingin uji coba aja kok gimana sistem pembayarannya kalau pakai transfer bank/atm. Oke, mulai aja ya. 

1. Buat sebuah postingan di fanpagemu. Gunakan foto yang bagus, berikan caption yang sesuai dengan kebutuhan. Pakai teknik copy writing dengan memakai link bait dan call to action, jadi orang mau untuk mengklik iklan tersebut. (Sorry kalau saya tidak menggunakan semuanya, ini hanya contoh suka-suka :P)
2. Pilih postingan yang akan diboost (diiklankan). Klik boost post
3. Pilih people you choose through targeting untuk memilih audience yang lebih detail. Misalnya pilih lokasi di kota Tegal, Usia 21-35 tahun, interest, hobi, dll. Sayangnya saat saya mencoba menambahkan interest dengan food, facebook tidak bisa menampilkan data dengan lebih detail sehingga people reachnya nggak muncul alias unavailable. Jadi saya hanya menargetkan tiga hal yaitu orang yang berlokasi di Tegal, berjenis kelamin perempuan, dan usia 21-35 tahun. Untuk interest saya kosongkan. 


4. Pilih jenis kelamin usia, lokasi, dan interest. 

5. Berikan budget yang sesuai kebutuhan. Misalnya untuk total budget 13 rb, estimated people reached ada sekitar 800-2100 orang. Jika ingin menambahkan estimated people reached bisa dengan menambah budget harian. Lalu durasi, pilih sesuai kebutuhan. Misal dalam 1 hari, 7 hari, maupun 14 hari. Nanti akan ada pilihan running day iklan sampai tanggal berapa. 


6. Pilih jenis pembayaran (payment method). Bisa menggunakan credit atau debit card lalu masukkan card number, expired card, dan security code. Bisa juga menggunakan ATM dan bank transfer. Jika menggunakan bank transfer klik centang di ATM dan bank transfer. Klik continue. 


7. Setelah memilih manual payment yaitu ATM dan Bank Transfer, klik tanda centang syarat dan ketentuan yang diminta oleh Facebook. Klik use manual payments


8. Tambahkan dana yang diinginkan. Kalau di sini tercantum 13 rb rupiah. Klik review payment untuk melihat keseluruhan proses pembuatan iklan. 


9. Tahap selanjutnya akan terlihat final balance dana yang telah disediakan untuk beriklan di facebook ads. 

10. Klik continue untuk melanjutkan proses. 


11. Setelah itu Facebook akan mengeluarkan invoice yang harus segera dibayarkan. Untuk Cara pembayarannya bisa melalui ATM dengan membayar menggunakan payment code yang sudah disediakan yaitu 16 digit virtual account bank Permata. Bisa juga menggunakan transfer bank. Hanya saja Facebook tidak menerima pembayaran melalui klik BCA . 



12. Setelah itu account balance dalam status pending hingga pembayaran selesai dilakukan.  


13. Kita harus menunggu selama 15 menit sebelum iklan diapprove oleh Facebook untuk bisa ditayangkan. Jadi iklan memang harus direview dulu sebelum bisa dirunning


14. Kita bisa menambahkan budget iklan mulai dari 10 rb rupiah jika diperlukan. Tinggal klik add budget. 


15. Dalam waktu 15 menit iklan sudah selesai direview dan siap running. Hanya saja Facebook masih menunggu pembayaran payment. Jika sudah membayar tinggal klik saja petunjuk yang disediakan Facebook. Jika iklan ingin dinonaktifkan geser tanda biru di sebelah kiri dekat judul iklan. Maka iklan akan segera berstatus inactive

16. Lakukan pembayaran untuk dana beriklan di Facebook Ads, setelah itu kamu bisa segera merunning iklan tersebut. Jika ingin menghapus iklan yang batal tayang tinggal klik delete promotion yang berwarna merah. Selesai. 


Nah, sudah tahu Cara Membuat Iklan di Facebook (FB Ads) dengan Trasfer Bank, kan? Kalau iya, silahkan aplikasikan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat ya. :) 

Komentar

  1. Kalau lewat hp, gak ada pilihan ATMnya mbak.. doohh, syebeelll

    BalasHapus
  2. Saya juga lagi suka belajar sama Fb ads nih. Tapi karena sudah pernah pakai kartu kredit, koq jadi ga nemu pembayaran dengan atm ya?

    BalasHapus
  3. mb Meriska : coba dibuka via laptop aja, mba. mungkin tampilan fbnya beda.
    mba Desy : hmm, bisa gt ya, mba? coba dibuat iklan yang baru/create campaign, mba. iklan yang lama distop. nanti munculnya seperti apa. atau mentoknya nanya ke cs fb ads, hehe

    BalasHapus
  4. saya pingin juga beriklan di Fb , murah kok .....

    BalasHapus
  5. Mau nanya, hitungan budget FB Ads ini gimana ya, per klik atau per engagement?

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya ^_^

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?