Thursday, 9 May 2019

5 Kelas Online (Online Course) Yang Bisa Meningkatkan Skill Belajarmu

5 Kelas Online (Online Course) Yang Bisa Meningkatkan Skill Belajarmu

Kecepatan akses digital membuat kita mudah belajar dari mana saja. Selain belajar dari aplikasi android, saat ini juga sudah banyak orang yang mulai melirik kelas digital atau kursus online yang berbayar maupun gratis.



Kelas belajar atau kursus online ini dari berbagai macam jenis dan kebutuhan ya. Ada yang untuk belajar monetize youtube, editing video, belajar bahasa pemrograman untuk pemula, belajar makeup, skill fotografi ala profesional, skill masak ala chef, dll.

Nah, apa saja kelas yang saya maksud?

Yuk pelajari dan kenali satu per satu.

Inilah 5 Kelas Online Yang Bisa Meningkatkan Skill Belajarmu : 


1. Code Politan - Kelas Pemrograman Pemula Gratis dan Berbayar https://www.codepolitan.com


Kamu pernah ingin belajar pemprograman dengan mudah dan alur yang rapi? Kali ini kelas pertama yang akan saya bahas adalah kelas belajar pemrograman digital di Code Politan.

Kelas online ini membuka kursus belajar bahasa pemrograman untuk pemula. Ada yang free dan berbayar.

Bagi yang ingin belajar di kelas premium/berbayar bisa memilih dua kelas yang sedang dibuka yaitu kelas online Membangun Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Online dan kelas Belajar Cepat Membuat Web App Berbasis React. 

Masing-masing kelas di Code Politan menggunakan bahan ajar video, modul di web, grup chat untuk konsultasi.

Untuk tingkat kesulitan dituliskan di webnya, jadi kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Misal kita baru belajar sebagai pemula, pilih yang tingkat kesulitannya untuk pemula. Di kelas berbayar ada studi kasus juga.

Lama kelas berlangsung mulai dari 2 bulan, 6 bulan 1 tahun hingga selamanya (lifetime).

Menurut saya alur modul yang diajarkan sangat bagus dan sesuai untuk pengguna awam sekalipun atau yang baru banget belajar. Ya, apalagi bisa konsul ya. Kalau saya ambil 1 kelas yang free dulu.

Harga kursus mulai dari 500 rb an/course.









2. Gress Course - Kelas Lintas Bahasa (https://twitter.com/gresscinov)

Belajar bahasa jadi lebih mudah jika kita berguru pada orang yang sudah mempelajarinya. Di Gress Course ini saya ambil 4 kelas bahasa. Awalnya hanya dua, lalu saya tambah dua kelas lagi yaitu arab, belanda, jepang dan mandarin.

Kelas bahasa di Gress Course ini berjalan selama 8 pekan dengan 1 kali ujian. Mentornya Erlangga Gresscinov dan tim. Materi setiap pekan yaitu materi pdf (2 hlm), audio mp3 (5-10 menit), dan latihan 3-5 soal yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa speaking, writing, listening, dan reading.

Kelas bahasa Gress Course ini dibuka setiap 1 bulan sekali. Saat ini sedang dibuka kelas bahasa inggris untuk 4 skill.

Biaya per kelas bahasa 40 rb. Jadi kalau ambil 2 kelas bayar 80 rb. Setiap kelas untuk 2 bulan ya.




Soal kualitas sejauh ini saya merasa materi yang diberikan Gress mudah dipahami dan detail. Selain itu praktis karena hanya yang perlu dipelajari saja yang akan dia berikan. Latihannya juga berguna bagi pemula untuk mengasah 4 skill bahasa.

Kekurangannya karena ini kelas di whatsapp grup, jadi materi diberikan via google drive. Namun belum ada koreksi untuk setiap latihan. Jadi menurut saya bagusnya tetap didampingi teman yang bisa bantu koreksi materi tersebut.

Kelebihannya : harga yang murah, materi kelas bahasa yang mudah dipahami untuk pemula dan kemudahan akses belajar.

3. Creators Academy Asia - Kelas Belajar Optimasi Youtube dan Editing Video https://www.creatorsacademy.id/all-courses/


Kelas creator ini berguna bagi kamu yang ingin mengupgrade skill editing video dan monetize youtube. Belajar dari ahlinya langsung ya. Ada Anjas Maradita, Raditya Dhika, dll.

Saya belum ikut kelas ini. Tapi teman saya ada yang sudah ikutan. Modul yang diberikan sesuai untuk orang awam dan yang ingin memperdalam tentang video editing dan youtube.

Harga kursus mulai dari 400 rb. Bisa diakses untuk 1 tahun.




4. Sekolah Online Bengkel Diri - Kelas Pengembangan Diri Muslimah https://instagram.com/bengkel_diri


Bengkel diri ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman muslimah pranikah dan pasca nikah. Kelasnya berguna bagi muslimah yang ingin upgrade ilmu tentang pernikahan, parenting dan attitude. Bagi yang mau ikutan bisa lihat di instagram @BengkelDiri. Harga kursus untuk 2 bulan adalah 250 rb. Per pekan diisi 2-3 materi kelas. Ada kenaikan level juga bagi yang sudah mengerjakan tugas.




Kalau kata temen saya, kelas Bengkel Diri ini mirip talkshow atau seminar parenting gitu. Yang perlu ditekankan di sini adalah kempuan untuk memahami kelas akan sebanding dengan kesungguhan mengerjakan tugas yang diberikan.

Kalau di kelas bahasa yang saya ikuti pun demikian. Selama tugasnya dikerjakan, skill kita akan meningkat. Jadi bukan asal iseng ikut kelas ya, cuma untuk sekadar tahu saja.

5. Kelas.com - Belajar dari Mentor Terbaik https://kelas.com/


Saya pernah subscribe kelas gratis di kelas.com ini. Beberapa kelas yang premium mengharuskan kita untuk membayar sejumlah uang sebagai biaya untuk mengikuti kelasnya.  Mulai dari 190 rb/kelas.

Nah, di kelas.com ini mentornya dari praktisi yang benar-benar sudah ahli di bidangnya. Sebut saja Chef Juna (cooking class), Darwis Triadi dan Rio Motret (fotografi class), Ryan Ogivly (makeup class).



Setahu saya Rian ini yang biasa makeupin artis dengan makeup untuk style ala-ala no makeup makeup club alias flawless, gaes. Kalau om Darwis ya udah kenal ya. Beliau fotografer handal seantero Indonesia. Beliau sudah konfirm untuk ngajar kelas fotografi baru-baru ini.



Sedangkan Chef Juna saya pernah lihat contoh materi kelasnya. Bagus banget buat kamu yang suka masak. Karena diajarin gimana tehnik-tehnik memasak yang berdasarkan pengalaman sang chef. Tehnik ini bisa dibilang jarang banget dibahas oleh orang awam. Jadi beneran bermanfaat bagi yang suka masak dan ingin belajar masak ala chef restoran. :D

Nah, kalau kamu apa sudah pernah ikut kelas online di atas?

Jika iya, gimana kesannya setelah ikut kelas online? Kalau belum ikut kelas, mungkin kamu bisa coba ikut salah satu kelasnya untuk tahu gimana kualitas materinya dan meningkatkan skill yang kamu perlukan. Pssst, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan passionmu ya, gaes.

Share dong pendapatmu tentang kelas online di kolom komentar ya. ;)

1 comment:

zunif said...

wah bagus juga ya kak banyak akses dan media buat belajar online tentang berbagai hal, ijin ke tkp satu satu ya kak,, makasih ;)