Tuesday, 7 May 2019

Cara Berdonasi di Kitabisa.com Bayar Pakai Gopay

Suatu hari aku pernah baca cerita Atelier Angelina, pengusaha butik baju muslimah ternama di Cianjur. Dia mengajarkan anaknya untuk bersedekah setiap subuh berapapun nominalnya. Dimasukkan ke dalam celengan kecil, lalu setelahnya akan dikumpulkan saat sudah tercukupi untuk disalurkan kepada yang berhak menerima.


Saat itu Teh Angie bilang bahwa sedekah terbaik yang bisa kita berikan adalah sedekah di waktu subuh. Sedekah di waktu subuh ini akan didoakan oleh malaikat. Sebaliknya yang tidak bersedekah saat subuh akan mendapatkan kerusakan.

Cerita ini berawal dari Teh Angie ngerasa bahwa banyak masalah di butik, mulai dari customer yang rewel, pengiriman yang terlambat, refund, cs diterror dengan pertanyaan dari customer, hingga banyak masalah lainnya.

Teh Angie merasa ada yang nggak beres. Kenapa banyak masalah yang sepertinya nggak tuntas juga. Dan itu terjadi setiap hari. Setelah ditelusuri barulah ia ingat hadits yang menganjurkan untuk berinfaq di waktu subuh agar malaikat mendoakan kebaikan di hari itu. 

Pointnya bukan di berapa besar nominal uang yang diberikan, tapi rutin setiap subuh. Karena di waktu subuh itu kita akan didoakankan oleh malaikat. Jika kita berinfaq akan didoakan kebaikan, pun sebaliknya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

Aku yang baca jadi merinding, eh beneran ga sih? Aku pun ingat-ingat lagi gimana hari-hari yang kulalui.  Sedekah iya, tapi bukan di waktu khusus seperti subuh. Justru saat subuh kita jarang bisa keluar rumah untuk bersedekah kan, misal sedekah ke masjid atau ke dhuafa? Apalagi misalnya ada kesibukan lain di rumah, misal : masak, nyuci, ngaji, dll. 

Nah, Teh Angie bilang bahwa solusinya ya itu tadi. Dia sediakan celengan untuk berinfaq dan sedekah, buat anaknya, buat dirinya. Termasuk dia mewajibkan seluruh karyawan di butiknya juga, yang sampai 100 orang an itu. Tujuannya biar nggak ada masalah setiap hari, kalau pun ada masalah ya bisa dicari segera solusinya. Tidak berlarut-larut hingga nemu jalan buntu. 

Zahwa yang masih kecil pun disuruh untuk sedekah, berapapun nominalnya. Misal ada uang 500 rupiah, 1000 rupiah, gpp pakai uang receh itu. Masukkan ke kaleng setiap usai shalat subuh dengan niat sedekah. Dari situ akan datang keberkahan dalam kehidupan yang dijalani. 

Nah, Teh Angie bilang setelah melewati fase  menyelesaikan masalah dengan jalan sedekah itu, dia merasa ada gunanya sedekah di waktu subuh. Makanya dia sharing di ig storynya. 

Cerita ini udah lama banget aku bacanya, tapi kadang aku lebih suka sedekah di masjid langsung (kalau pas shalat di masjid ya). Tapi ternyata kadang juga suka kelupaan kalau pas nggak ada receh. 😅



Nah, solusinya gimana? 

Kalau aku coba mulai rutinkan sedekah pakai Gopay di Kitabisa.com. Bukan jumlah sedekah yang besar, tapi berusaha untuk rutin setiap hari. Seperti kata teh Angie. Kita berusaha nyari berkahnya waktu subuh itu, agar malaikat mencatat kita sebagai orang-orang yang mau menginfakkan hartanya di jalan Allah. 

Dari situlah aku cobain buat sedekah via Kitabisa.com. Trus bayarnya gimana? Gini nih cara bayar sedekah di Kitabisa.com dengan Gopay. 

1. Klik web kitabisa.com lalu login dengan akun kita.
2. Pilih campaign yang ingin kita bantu donasi.
3. Masukkan jumlah nominal donasi di laman kitabisa.com. Cek jumlah donasi dan nama campaign. Klik lanjutkan. Pilih pembayaran via gopay.
4. Klik bayar dengan GO-PAY, aplikasi GOJEK akan terbuka. 
5. Periksa rincian pembayaran donasi di Kitabisa.com. Lalu klik PAY. Dan transaksi telah selesai. 





Nah, sudah berhasil pembayaran donasi di Kitabisa.com via Gopay. Coba deh setiap subuh dirutinkan. Insya Allah berkah. Berapapun nominal yang kita berikan akan berguna bagi orang lain yang membutuhkan. Apalagi di bulan Ramadhan ini, kita bisa menyisihkan sebagian rezeki untuk disedekahkan pada fakir miskin dan dhuafa.

Oiya, pastikan saldo GoPay sudah terisi sesuai nominal donasi yang ingin kita salurkan ya, agar transaksi bisa berhasil.  Selamat mencoba! 😉




No comments: