Wednesday, 1 May 2019

Review Aplikasi Scan Barcode untuk Membaca QR Code

Hallo man teman, udah lama nih nggak posting di blog ini. Kali ini saya mau bahas tentang aplikasi scan barcode alias aplikasi pembaca QR Code. Jadi aplikasi ini bisa diunduh di playstore, free ya. 😊
Saya pakai aplikasi scan barcode untuk baca QR Code dari buku yang saya beli. Di situ ada tulisannya bisa dapet big bonus yaitu 700 an lebih kosakata bahasa mandarin yang paling dicari,  belajar lafal dan huruf mandarin, dan file A-Z Idiom Mandarin dalam bentuk pdf. 




Pas saya search di playstore, saya nemu aplikasi scan barcode dari Gamma Play. Nih aplikasinya udah didownload oleh 50 jt orang. Banyak juga ya. Hehe

Nah, kelebihan QR Code apa sih?


QR Code yang ada di bukunya tinggal discan aja gitu, kakak. Kalau pas butuh file atau yang lainnya kadang kan ribet ya kalau harus ngetikin link yang panjang. Nah, ini tinggal sodorin aja QR Codenya. Trus dibaca sama aplikasi scan barcodenya. Udah deh kelar. Hehe

Kita langsung bisa baca link yang dimaksud oleh QR Code tersebut. Saya tinggal klik linknya, masuk ke google drive untuk unduh/donwload 3 pdf tentang belajar bahasa mandarin.


Jadi cara pakai aplikasi scan barcode :


1. Gunakan aplikasi scan barcode pada ponsel pintar untuk memindai gambar barcode. Aplikasi tersebut dapat diunduh, misal di play store pada sistem operasi android.

2. Siapkan aplikasi e-reader untuk dapat membaca e-book setidaknya aplikasi seperti pdf reader.

Ya, menurut saya ini solusi praktis untuk simple dan hemat bagi yang mau berbagi bacaan ataupun yang lain. Daripada harus didownload trus pindahin satu-satu ke cd kan ya. Selama link di QR Code tersebut nggak berubah ya filenya bisa dibaca dan diunduh.



Nah... Selain itu bisa hemat juga. Penerbit bukunya nggak perlu nambahin bonus cd di buku, jadi harga buku lebih murah. Kalau yang saya beli ini masih di bawah harga 70 rb an. Kalau udah pake cd biasanya di atas 100 rb an.



Alhamdulillah, dengan scan barcode begini juga saya dimudahkan untuk langsung menyimpan file bonus belajar bahasa mandarin pdf tersebut ke google drive saya sendiri.

Kalau kamu gimana? Pernah pakai aplikasi pembaca/ scan barcode QR Code juga? Share dong kesannya di sini ya. 😉


No comments: