Tuesday, 13 July 2021

Inilah 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Investasi Emas Antam

 

Emas global dunia

Emas dinilai sebagai salah satu aset investasi aman (save haven) yang cukup menjanjikan untuk dimiliki oleh siapapun. Lantas bagaimana trik jitu untuk investor pemula maupun lanjutan dalam berinvestasi di aset emas? Nah, apa saja sih yang harus kita ketahui tentang emas sebelum memutuskan berinvestasi emas? Simak penjelasannya di bawah ini ya! 


Inilah 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Investasi Emas Antam : 


1.       Pilih emas fisik atau emas digital?

Kalau kamu tipe orang yang lebih suka investasi yang ada wujudnya atau dapat dipegang fisiknya, kamu bisa memilih beli emas atau investasi properti. Emas ini bisa kamu simpan di rumah dalam save deposit box bank. Sedangkan investasi properti akan bisa bertahan hingga bertahun-tahun asal bisa menghasilkan uang kembali, misalnya properti sebagai kios atau kontrakan akan menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

 

Selain emas fisik, ada juga produk investasi lain yaitu emas digital yang sudah bisa kamu beli di marketplace maupun pegadaian. Emas digital lebih memudahkan untuk saving bagi orang yang suka dengan digital.

 

Baca juga : Cara Mudah dan Cepat Mengisi Saldo Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital


Sedangkan untuk beli emas secara online juga jauh lebih mudah bagi para millenial yang menyukai kepraktisan. Apalagi jika kamu bingung harus simpan emas di mana karena harus punya tempat penyimpanan yang aman untuk simpan emas yang sudah dibeli.

 

Nah, emas digital akan memudahkan kita untuk menyimpan karena tabungan investasi emas tersebut dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk fisik. Selain itu, emas digital juga dapat dijual dengan lebih cepat.

 

2.       Emas bisa dibeli mulai dari ukuran 1 gram

Porsi investasi kita harus disesuaikan dengan gaji atau pendapatan yang masuk. Jadi, investasilah jika kita sudah memenuhi kebutuhan pokok setiap bulan seperti biaya makan, tabungan, listrik, transportasi, cicilan rumah/bayar kos, dll. Jika sudah terpenuhi, barulah kita bisa memprioritaskan untuk investasi.

 

Alasannya? Karena kebutuhan pokok harus terlebih dahulu dicukupi, jangan sampai kita memaksakan untuk investasi padahal uangnya tidak ada. Apalagi situasi pandemi seperti sekarang ini di mana arus kehidupan kita tidak ada yang pasti besok akan seperti apa.

 

Jadi, jika kamu ingin investasi, kamu bisa mulai investasi emas. Sisihkan uang agar kamu bisa menabung sedikit demi sedikit untuk membeli emas. Jika sudah terkumpul uangnya, kamu bisa membeli emas mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 5 gram, 10 gram, bahkan 100 gram.


Jual beli emas antam online


 

Lalu, bagaimana cara beli emas antam 5 gram? Misalnya kamu ingin membeli emas antam, kamu bisa beli emas di Blibli.com sekarang sudah ada emas antam yang bisa kamu beli via online. Jadi, nggak harus ke kantor Antam, kan? Selain itu beli emas antam di Blibli.com juga lebih terjamin karena ada garansi pembelian produk.

 

3.     Beli Emas Limited Edition atau Emas Edisi Reguler?

Biasanya Antam mengeluarkan versi emas limited edition, misalnya emas berukir motif batik yang bisa kamu pilih sendiri variannya. Ada juga emas yang bisa digrafir sesuai dengan nama atau keinginanmu. Biasanya emas limited edition seperti ini bisa dipesan langsung di kantor Antam. Nah, untuk harga emas yang edisi khusus seperti ini biasanya dijual dalam waktu terbatas dan jumlahnya juga sedikit. Namun, nggak usah khawatir karena kamu juga tetap bisa beli online di web Antam ya.

 

4.    Dapatkah Emas menjaga nilai mata uang dari inflasi?

Sejak dulu sudah diketahui bahwa emas dapat menjaga nilai mata uang kita dari inflasi yang melanda perekonomian dunia. Emas yang kita miliki tetap bisa dicairkan dengan nominal yang tidak terlalu jauh. 


Nilai emas akan cenderung stabil dibandingkan uang yang disimpan di bank yang mana rentan dengan devaluasi. Emas dapat dengan mudah dicairkan jika dibutuhkan, baik dijual lagi atau digadaikan.


Baca juga : Benda Seserahan Pernikahan yang Anti Mainstream


Jadi, jika kamu berinvestasi di emas, maka investasi ini akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang yaitu sekitar 5-10 tahun. Bahkan jika kamu sangat telaten, kamu juga bisa menyimpan emas untuk membayar biaya pendidikan anak saat kuliah nanti. Jadi, siapkan investasi terbaikmu mulai sekarang ya. 


Misal : biaya kuliah anak 100 juta, maka kamu harus menyimpan emas minimal senilai itu, atau bahkan bisa lebih ya, agar kamu tidak khawatir dengan masa depan pendidikan anak nanti. 

 

Nah, apapun produk investasi yang akan kamu gunakan, tetaplah tenang dan jangan panik, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana kebutuhan ekonomi makin meningkat. 


Jangan tergoda dengan investasi abal-abal yang selalu memberi iming-iming imbal hasil besar ya, dan pastikan investasi emas yang kamu beli adalah produk antam yang asli, bukan yang abal-abal.


Nah, selamat berinvestasi emas! Semoga bermanfaat ya!

 

No comments: