Saturday, 23 May 2015

Ucapan Selamat Pernikahan Islami yang Dianjurkan

Ucapan selamat pernikahan islami diberikan pada pasangan yang sudah menjalani akad nikah. Sesaat setelah resmi menjadi pasangan, orang akan menyalami dan memberikan ucapan selamat. Karena sebaik-baik ucapan adalah doa, mendoakan keberkahan bagi kedua mempelai adalah yang terbaik. Ucapan selamat pernikahan islami ini bisa menggunakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah, yaitu “Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir.” Ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.

“Dari Abu hurairah, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika mengucapkan selamat kepada seorang mempelai, beliau mengucapkan doa : Baarakallahu laka wabaraka ‘alaiyka wa jama’a baiynakuma fii khoir (Mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan Dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan),” (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Darimi 2:134, Hakim, Ibnu Majah dan Baihaqi).

1. Ucapan Agar Kedua Mempelai Mendapat Keberkahan di Dunia dan Akhirat

Ucapan selamat pernikahan islami hendaknya diberikan pada kedua mempelai agar keduanya mendapatkan keberkahan dan kemuliaan di dunia dan akhirat. Dari doa itu kita bisa belajar bagaimana Rasulullah memuliakan umatnya dengan mengajarkan bahwa ucapan selamat terbaik adalah dengan memohon agar Allah mencurahkan keberkahan atas pernikahan tersebut. Juga mempersatukan keduanya dalam kebaikan. Jika pun ada sebuah keburukan yang datang setelah pernikahan, karena doa itu, sang mempelai bisa tetap bersama karena keduanya menjalani dengan ikhlas di jalan yang Allah ridhai.  Karena ucapan selamat pernikahan islami  itu pula, Allah akan memberikan sakinah, mawadah, dan warahmah dalam pernikahan.

2. Diucapkan saat Akad Nikah

Ucapan selamat pernikahan islami ini, jika diberikan sesaat setelah akad nikah, akan berlimpah keberkahannya. Karena saat akad nikah malaikat akan turun untuk menyaksikan perjanjianMitsaqan Ghalidza. Mistaqan Ghalidza adalah sebuah perjanjian berat yang hanya disebutkan Allah dalam Alquran yang setara dengan perjanjian yang Allah buat dengan Nabi Musa. Ucapan selamat pernikahan islami ini layaknya menjadi kado yang indah. Sehingga akan melahirkan kebaikan bagi kedua pasangan hingga akhir hayat.  Kelak, dari kedua mempelai akan lahir keturunan terbaik yang menjadikan peradaban umat Islam terang benderang. Selamat merayakan cinta bagi pasangan yang mengikrarkan cinta pada jalan yang Allah ridhai.

No comments: