Langsung ke konten utama

Diet dengan Puasa yang Dianjurkan Rasulullah

Ibadah puasa termasuk dalam rukun islam. Saat kita berpuasa, tubuh akan mengistirahatkan perut sehingga usus tidak terforsir untuk mencerna makanan setiap hari. Dalam puasa kita mengenal saat sahur dan berbuka. Puasa juga bisa menjadi salah satu jalan untuk diet. Diet dengan puasa dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Diet dengan puasa harus memenuhi syarat-syarat yaitu kehalalan sajian, nikmat/lezat, dan berkhasiat. Makanan yang dimasukkan ke dalam mulut hendaknya makanan yang juga mengandung obat. Kita sebagai orang Indonesia, mengenal bumbu makanan dari bahan rempah-rempah. Rempah-rempah di sini berguna untuk obat karena menyehatkan tubuh. Seperti: Serai, jahe, salam, laos, dll. Ummi pasti sering menggunakannya dalam masakan, kan?
Diet dengan Puasa yang Dianjurkan Rasulullah
i.huffpost.com
Ada tiga langkah diet dengan puasa yaitu :

1. Makan Buah atau Minum Air Putih Sebelum Makan Berat, Terutama Sebelum Makan Daging

“Adalah Rasulullah berbuka dengan ruthab (kurma segar) sebelum shalat, jika tidak terdapat ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), maka jika tidak ada tamr beliau meneguk seteguk air.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud
Kita sering salah mengira bahwa buah cocok menjadi makanan penutup. Padahal sebenarnya buah menurut Rasulullah adalah makanan pembuka. Jadi saat berbuka puasa, usahakan untuk memakan buah terlebih dahulu agar perut tidak kaget saat menerima makanan berat. Diet dengan puasa akan membuat tubuh menjadi lebih segar saat tubuh menerima makanan yang baik bagi pencernaan.

2. Makan dengan Tiga Jari

Di dalam hadis Ka’ab bin Malik dari bapaknya, beliau berkata, “Rasulullah saw. ketika makan beliau mempergunakan tiga jarinya dan menjilati jarinya sebelum mengelapnya.” (HR. Muslim Ahmad, Abu Dawud, dan Ad-Darimi)
Makanan yang diambil dengan tiga jari akan lebih lezat dan porsi yang diambil pun cukup untuk sekali suap. Setiap kali selesai makan, Rasulullah menjilat jarinya sebelum mengelapnya. Makan dengan tiga jari membuat enzim yang ada di tangan masuk ke dalam mulut dan bercampur dengan air ludah. Enzim ini berguna untuk mencerna makanan di dalam perut.

3. Tidak Makan Tergesa-gesa

“Ketenangan itu dari Allah dan tergesa-gesa itu dari syaitan.” (HR. Tirmidzi)
“Jika seseorang dari kalian sedang makan, maka jangan tergesa-gesa sampai dia menuntaskan makannya, meskipun iqamah telah dikumandangkan.” (HR Bukhari)
Setiap kali waktu berbuka dan sahur telah tiba, ambillah makanan sesuai porsi yang dianjurkan. Sebenarnya tubuh hanya butuh sedikit makanan untuk menegakkan tubuh. Karena saat kita melakukan diet dengan puasa, kita hanya perlu membagi isi perut menjadi tiga bagian yaitu satu bagian untuk makanan, satu bagian untuk minuman, dan satu bagian untuk udara. Artinya kita memakan makanan hanya sedikit sehingga tidak terlalu kenyang. Saat berbuka maupun sahur, usahakan tidak makan dengan tergesa-gesa sehingga mulut bisa mengunyah dengan lembut.
Nah, Abi Ummi, selamat mencoba diet dengan puasa. Semoga Allah memberikan kesehatan bagi kita semua untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan