Langsung ke konten utama

Kenali Lebih Dini Gejala Autis Pada Anak

Abi dan Ummi, gejala autis yang terjadi pada anak seringkali tidak mudah disadari oleh orang tua. Proses tumbuh kembang anak dalam berkomunikasi merupakan salah satu cara untuk mendeteksi apakah anak mengalami keterlambatan atau tidak. Untuk itu lebih baik seorang ibu mengenali proses tumbuh kembang anak pada usia awal pertumbuhan sehingga ciri-ciri anak autis yang pada umumnya terjadi dapat segera diketahui.

Abi dan Ummi, gejala Autis yang terjadi pada anak antara lain:

Gejala Autis yang Terjadi pada Anak yang Wajib Diketahui

·         Mengulang kata yang sama, berulang-ulang.

·         Sulit diajak berbicara dengan orang lain.

·         Tidak mengerti petunjuk sederhana, pernyataan atau pertanyaan.

·         Perkembangan bahasa yang terlambat.

·         Menggunakan bahasa yang salah(Tata bahasa formal, kata-kata yang salah, dll)

·         Berbicara dengan nada atau suara yang tidak normal, atau dengan irama yang aneh.

Gejala autis yang bisa dideteksi pada anak yang bermasalah dalam aspek bahasa atau komunikasi. Hal ini menyebabkan seorang anak akan kesulitan berinteraksi sosial. Anak autis merasa nyaman hidup di dunianya sendiri. Mereka terbiasa menyendiri dan terpisah dari orang lain, sehingga kesulitan berkomunikasi dalam kelompok anak-anak lainnya.

Anak autis juga tidak menyadari kehadiran orang lain atau yang terjadi di sekitar mereka. Saat anak akan bermain atau berteman, karena gejala autis ini, anak akan tersisih dari arena permainan. Anak autis tidak suka bila disentuh, dipegang atau dipeluk. Dengan berbagai cara meski sudah diajak mengobrol, anak autis akan kesulitan dalam memahami atau membicarakan perasaan dengan orang lain. Ia pun seperti tidak mendengar ketika orang lain berbicara padanya.

Konsultasikan Gejala Autis pada Dokter Anak

Ada baiknya orang tua segera mengkonsultasikan pada dokter anak tentang kesulitan yang dialami anak ketika berkomunikasi dan berkembang. Jika orang tua sudah menangkap gejala autis sejak dini, maka anak akan segera mendapatkan terapi yang sesuai dengan kondisinya. Jika seorang anak memiliki gejala autis sudah dikenali, maka orang tua bisa tetap memaksimalkan pertumbuhannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Abi dan Ummi ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.