Langsung ke konten utama

Short Youtube: Video Pendek Di Bawah 60 Detik di YouTube

 

Contoh video short Youtube


Halo teman-teman kali ini saya akan bahas tentang video short YouTube. Short Youtube adalah video pendek di bawah 60 detik di YouTube yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai manfaat untuk para content creator.


Short Youtube: Video Pendek Di Bawah 60 Detik di Youtube


Short Youtube bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan channel YouTube kamu, agar bisa mendapatkan audience yang lebih luas dan menjangkau lebih banyak penonton. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan Short Youtube untuk branding channel.

Dalam dunia perkontenam youtube, content creator seringkali kesulitan memenuhi syarat agar bisa monetize. 


Baca juga: Cara Menambahkan Rekening Bank Lokal ke akun Google Adsense



Dalam aturan terbaru Youtube, seorang content creator dapat mendaftarkan akunnya untuk monetize di Google Adsense dengan memenuhi syarat yaitu : 

1. Total jam tayang channel Youtube mencapai minimal 4000 jam


Ya, minimal total jam tayang youtube channel yang bisa dimonetize adalah 4000 jam. Hal ini membuat kita kesulitan untuk memenuhinya. Apalagi jika video youtube dibuat dalam durasi yang pendek,  misalnya 5-15 menit. 

Butuh berapa views untuk mencapai 4000 jam tayang? 

Katakanlah kamu membuat 15 menit untuk 1 video youtube. Setiap orang menonton sampai habis. Kamu rutin membuat video selama setahun sebanyak 300 video. 

Mari kita hitung ya.

Total jam tayang : 300 video x 15 menit x 1000 views = 4.500.000 menit : 60 menit = 75.000 jam tayang

Kalau kamu hanya butuh 4000 jam tayang, 

4000 jam x 60 menit = 240.000 menit.

Bikin video 15 menit 

Minimal views : 240.000 : 15 = 16.000 views

Ya, kalau kamu bikin 1 video berdurasi 15 menit, lalu video itu viral dengan jumlah views 16.000 views, kamu bisa langsung monetize akunmu. 

Kalau kamu hanya bisa mendapat views 1000 views per video 15 menit, maka kamu perlu membuat 16 video saja lho. Mudah, kan? 🥰🚀

Eits.... tapi ada 1 lagi syarat yang harus diikuti. Apa itu? Jumlah subscribers.

Kenaikan views yang cepat dalam waktu sehari


2. Total Jumlah Subcribers Youtube Channel Mencapai 1000 Subscribers


Soal jumlah subscribers ini bikin keki sih, karena cari orang yang mau subscribe akun youtube secara permanen itu susah ya. Apalagi kalau orang itu nggak begitu tertarik dengan niche akun youtube kita, dan hanya menonton 1-2 video saja, kemudian tidak membunyikan lonceng notifikasi video terbaru.

Feed short memberikan ruang untuk setiap video baru mendapatkan audience


Baca juga : Cara Mendapat Uang THR Ramadhan dari Tiktok Hingga 550 Ribuan



Nah itulah yang harus kita pecahkan dengan membuat video short youtube. 

Apa saja manfaat membuat short youtube?


Manfaat membuat Short Youtube


1. Menambah jam tayang youtube channel


Jumlah views short youtube meskipun bukan video viral bisa mencapai 500-1000 views. Bahkan kalau viral bisa tembus 200 rb sampai 1 jutaan views lho. 


Jadi kalau kamu bisa bikin video durasi 60 detik dan nambah 1000 views saja, maka kamu dapat tambahan sebesar : 1000 menit atau setara 16,66 jam/video.


Kalau kamu butuh tambahan jam tayang hanya 1000 jam untuk sampai syarat monetize, maka kamu bisa lho cobain bikin short youtube ini.


Soalnya video pendek lebih mudah mendapatkan audience. Memang kelihatannya sepele ya, hanya 1 menit aja  tapi orang biasanya masih mau menghabiskan waktu 1 menitnya untuk menonton video pendek. Karena nggak makan waktu dan biasanya lebih ringan atau istilahnya versi lite.

2. Mendapatkan subscribers baru


Dapat subscribers youtube susah? 

Hmm... gimana kalau kamu bikin video short biar banyak akun pengguna youtube yang terjangkau oleh channelmu. 

Ya... Soalnya youtube punya kebijakan merekomendasikan short untuk ditampilkan di pencarian video sesuai keyword Google. Dengan begitu kamu bisa dapet subscribers baru jika penonton tertarik dengan videomu.


3. Buat Bikin Branding Akun Youtube Channelmu


Branding akun youtube itu nggak gampang, tapi bukan berarti nggak mungkin. 

Kamu bisa bikin short youtube durasi 60 detik lalu bikin penutup di akhir video untuk subscribe akun youtube milikmu. Misalnya akun youtube saya : Youtube.com/misskaniya

Para penonton yang terpukau dengan videomu pasti mau subscribe dengan sukarela.

Video singkat 60 detik
Contoh views video short Youtube

4. Buat Afiliate Shopee, Tokopedia, Traveloka dan Website Lainnya


Yups, sudah bukan rahasia lagi bahwa short video sering digunakan untuk promosi jualan atau buat menarik affiliate. Bahkan baru-baru ini pun Tokopedia juga membuka peluang untuk mengajak member untuk mendaftar Affiliate Tokopedia. 

Sama halnya Shopee Affiliate, Tokopedia juga memberikan uang komisi untuk setiap penjualan produkmu lewat link affiliate tersebut. 

Selain itu, ada juga beberapa website yang menawarkan program affiliate seperti web jual beli domain dan hosting, web agen travel seperti Traveloka, Pegipegi, maupun Agoda  

Jadi, tunggu apalagi... yuk bikin short Youtube dan maksimalkan fitur Short Youtube untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Nah, selamat mencoba ya! 🤩


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?