Langsung ke konten utama

[Review Buku Pengembangan Diri] Out of The Maze by Spencer Johnson

 

Ebook out of the maze pdf


Judul Buku : Out of The Maze (Sekuel Who Moved My Cheese?)

Penulis : Spencer Johnson, M. D.

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Cetakan pertama, 2019

Tebal : 90 halaman 

Genre : self improvement

ISBN : 978-602-04-8861-5

Rating Buku : 5 🌟

Harga buku : Rp 94.800

Baca ebook Out of The Maze - Spencer Johnson di aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


Sinopsis Buku Out of The Maze (Cara Jitu Meloloskan Diri) - Spencer Johnson : 


Dua puluh tahun yang lalu, Dr. Spencer Johnson membawakan sebuah kisah tentang 2 karakter kurcaci sebesar tikus yang terperangkap di dalam labirin. 


Who Moved My Cheese? menyapu perhatian dunia dengan kekuatan wisdomnya tentang ketakutan dan perubahan.


Setelah terjual dua puluh delapan juta eksemplar, kini Dr. Johnson kembali dengan karakter-karakter idolanya.


Sekuel yang tak kalah luar biasa ini akan membantumu membuka berbagai teka-teki yang mungkin kamu hadapi dalam hidupmu.


❤❤❤


Review Buku Out of The Maze (Cara Jitu Meloloskan Diri) - Spencer Johnson : 


Dua puluh tahun kemudian dan setelah terjual 28 juta eksemplar, sekuel dari buku fenomenal, Who Moved My Cheese? akhirnya hadir. 


Melanjutkan pembahasan Who Moved My Cheese?, kini buku Out of the Maze karya Spencer Johnson menyajikan cerita sederhana yang menawarkan kebenaran sejati tentang bagaimana cara mengubah hidupmu. 


Ketika kita pertama kali bertemu mereka dalam Who Moved My Cheese? dua karakter kurcaci sebesar tikus bernama Hem dan Haw berhadapan dengan perubahan yang tidak pernah mereka duga, ketika Cheese yang sangat mereka sayangi tiba-tiba lenyap. 


Haw sukses belajar bagaimana menangani perubahan itu dengan cara mencoba mencari Cheese baru. Sedangkan Hem tetap terjebak dengan keadaan mandek itu. 


Buku Out of the Maze mengungkapkan apa yang selanjutnya dilakukan oleh Hem - dan bagaimana penemuan-penemuannya dapat membantumu memecahkan teka-teki beraneka macam labirin yang mungkin kamu hadapi. 


Cheese” adalah perumpamaan yang melambangkan hal-hal yang kamu inginkan dalam hidup, apakah itu pekerjaan yang bagus, hubungan pertemanan yang saling menyayangi, uang, harta benda, kesehatan, atau ketenangan batin. 


Labirin” adalah perumpamaan untuk situasi sulit atau perubahan apapun yang menghalangimu menemukan dan menikmati Cheese milikmu. 


Ketika kamu mengikuti Hem dan teman barunya, Hope, dalam perjalanan baru mereka nanti, kamu akan menemukan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak hal dari kehidupan ini dengan berpikir di luar kebiasaan. Atau, dalam kasus ini, di luar Labirin. 


Buku Out of The Maze ini ditujukan untuk segala usia dan latar belakang. Kamu hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk membaca buku ini, namun wawasan yang terkandung di dalamnya akan bertahan sepanjang masa.


Menurut saya : 


Buku Out of The Maze adalah sekuel buku Who Moved My Cheese? karya Spencer Johnson yang sangat laris di pasaran bahkan tembus penjualan hingga 28 juta eksemplar. Buku pengembangan diri ini saya baca di aplikasi Gramedia Digital. 


Buku Who Moved My Cheese sendiri adalah buku yang terbilang sangat mudah dipahami karena menggunakan pendekatan storytelling ala dongeng anak-anak untuk menggambarkan bagaimana perubahan dalam hidup dapat membuat seseorang menjadi berubah drastis. Perubahan ini bisa berarti perubahan hubungan, karier, financial, dsb. Jika diaplikasikan dalam kehidupan personal, maka akan menghasilkan dampak yang signifikan.  


Buku sekuelnya yaitu Out of The Maze menggambarkan bagaimana cara menemukan rute tercepat untuk menemukan jalan keluar dari maze atau labirin. Labirin ini adalah penghalang seseorang menuju perubahan. 


Buku Out of The Maze menunjukkan pada pembacanya rute untuk beradaptasi menghadapi perubahan yang terjadi dalam hidup dan pekerjaan mereka. Buku pengembangan diri terbaik ini membantu kita menemukan panduan untuk menghadapi perubahan. Selain itu, buku ini juga dapat mengubah takdir hidupmu. 


Terkesan berlebihan ya? Tapi saya melihat bahwa perubahan dalam hidup seringkali terasa sulit dilakukan. Begitu pun dengan perubahan sekecil apapun dalam hubungan relasi dengan orang lain dan pekerjaan. Ketika ada hal yang harus berubah, kita tidak tahu bagian mana yang harus dibenahi. 


Dalam buku pengembangan diri ini, penulis mengatakan bahwa cara lama tidak bisa digunakan untuk menghadapi perubahan. Kita harus memakai cara baru dan juga alat yang lebih baru. 


Yap... ibaratnya, kita benar-benar harus meninggalkan cara lama yang terkesan kuno agar bisa menuju perubahan yang lebih baik dalam hidup. 


Seperti saat Hem memanggul tas berisi alat untuk mencari cheese. Ia merasa kelelahan yang sangat karena alat lama itu tidak berguna untuk mencari cheese baru. Berhari-hari ia kelaparan karena tak menemukan makanan apapun. Hem terbiasa makan cheese sehingga menganggap makanan lain tidak baik untuknya. 


Saat Hem bertemu Hope yang menawarinya makan apel, ia awalnya tidak mau mencoba. Namun, Hem akhirnya menemukan fakta bahwa makanan baru pun bukan sesuatu yang perlu dihindari. Justru ia harus mencoba makan makanan baru agar menemukan sumber makanan berikutnya. 


Saat Hem makan apel, ia baru sadar apel pun sama lezat dan mengenyangkan, seperti cheese yang ia makan di dalam labirin sebelumnya. 


Kini, Hem menemukan fakta dan nilai-nilai kebajikan yang membantunya mengatasi perubahan dalam hidup dan mampu keluar dari labirin. 


Hem dan Hope menemukan sebuah tempat baru yang sangat indah dan benar-benar membuat mereka bersyukur karena bisa keluar dari labirin lama. 


Nilai-nilai hidup yang baru ini tertuang dalam kutipan atau quotes Out of the Maze yang bisa kamu baca di buku ini. Simak ya!  ❤️


Out of The Maze Quotes :


1. Keyakinan lama tidak akan menuntun Anda menemukan cheese baru. (Hlm. 16)

Aku hanya belum berusaha cukup keras. Yang perlu aku lakukan adalah menjelajahi bagian labirin yang belum pernah aku jelajahi. 

Hem melihat bahwa keyakinan lamanya tentang di mana letak  cheese membuatnya stuck. 

Akhirnya, ia membuat keyakinan baru agar ia berani mencoba menjelajahi labirin baru yang belum pernah dijelajahinya selama ini. 

 

2. Keyakinan adalah pikiran yang aku percayai kebenarannya. (Hlm. 34)

Keyakinan baru yang Hem percayai membuatnya mampu keluar dari labirin lama. Ia perlu menemukan labirin baru agar ia tahu bagaimana caranya bertahan hidup. 

Menurut Hem, makna palang-palang jendela yang ada di labirin adalah pemikirannya yang lama yang membuatnya terjebak di dalam labirin. 

3. Anda dapat mengubah pikiran Anda. Anda dapat memilih keyakinan baru. (Hlm. 40)


Selama di dalam labirin, Hem menganggap keyakinan sebagai jati dirinya. Itulah alasan mengapa ia sulit beralih dan percaya pada keyakinan baru. 

Hem percaya bahwa ia bisa mengubah keyakinan baru dan akhirnya menemukan titik terang dari masalahnya. 

4. Apa yang akan Anda lakukan, jika Anda percaya hal itu tidak mustahil? (Hlm. 44)

Memikirkan bahwa hal-hal yang ada di dunia ini tak ada yang mustahil akan membangkitkan keyakinan dan optimis dalam diri. Artinya, hal ini akan membuatmu berani keluar dari zona nyaman yang selama ini membentuk dirimu.

Jika kamu terus berusaha untuk menjadikan hal yang mustahil menjadi mungkin, maka kamu akan berada pada tempat lain yang lebih menjanjikan untuk menemukan cheese berikutnya.


Out of the maze ebook pdf
Kutipan buku Out of The Maze karya Spencer Johnson


5. Terkadang Anda harus mempercayainya sebelum Anda melihatnya. (Hlm. 52)

Apabila benar-benar tidak ada batas mengenai apa yang perlu kamu percayai, lalu mengapa kamu tak mencobanya? 

Saat kamu mempercayai sesuatu terlebih dahulu, kamu akan melihat jalan keluar dari masalah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba percaya pada pikiran barumu tersebut. 

6. Anda tidak harus percaya yang anda pikirkan. (Hlm. 56)

Hanya karena kamu memikirkannya, tidak berarti kamu harus mempercayainya. 

Selama seumur hidupnya, Hem percaya bahwa labirin adalah tempat yang berbahaya. Namun, kali ini, ia berpikir bahwa ia tidak perlu memasukkan pikiran tersebut sebagai sebuah keyakinan yang harus dipercayai. 

Saat ia percaya bahwa labirin tempat yang aman, ia mulai masuk ke dalam lorong labirin yang lebih jauh. Pada akhirnya, Hem dan Hope menemukan setitik cahaya yang menuntunnya ke tempat baru. 

Nah, saya sarikan rangkuman berikutnya ya! 


Cara keluar dari labirin dan menghadapi perubahan ala buku Out of The Maze



Cara Keluar dari Labirin dari Buku Out of The Maze karya Spencer Johnson :  


1. Perhatikan keyakinan anda. 


Keyakinan adalah pemikiran yang kamu percaya benar. 

2. Jangan percaya semua yang anda pikirkan.


Terkadang fakta-fakta adalah caramu melihat berbagai hal  

3. Tinggalkan cara yang tidak membuahkan hasil. 


Kamu tidak bisa menjalankan misi baru dengan membawa koper lama. 

4. Lihat keluar labirin. 


Pertimbangkan hal yang mungkin. Jelajahi hal yang mustahil.

5. Pilih keyakinan baru


Mengubah pemikiranmu, tidak mengubah siapa dirimu. 

6. Tidak ada batas untuk apa yang anda percayai


Kamu bisa melakukan, mengalami, dan menikmati jauh lebih banyak daripada yang kamu pikir bisa kamu lakukan. 


Nah, selamat membaca buku pengembangan diri Out of The Maze karya Spencer Johnson ya. Semoga resensi buku ini bermanfaat! ❤️


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

16 Business Terms in The Korean Drama "Startup"

The Korean Drama  "Startup" starring Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kang Hana and Kim Seon-ho just finished last week. Do you like this story in  Korean Drama Startup?