Langsung ke konten utama

5 Tips Menaikkan Level Belajar Bahasa Jepang dalam Satu Jam

 

Japan trip


5 Tips Menaikkan Level Belajar Bahasa Jepang dalam Satu Jam


Hanya dengan satu jam usaha, kamu dapat mempelajari beberapa keterampilan bahasa Jepang yang mengesankan dan juga bersenang-senang! 


Dalam artikel ini, aku akan membagikan lima aktivitas yang akan membantumu meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan, serta pemahaman bacaanmu. Jadi, mulailah dan beri tahu padaku bagaimana semuanya berjalan!


5 Tips Menaikkan Level Belajar Bahasa Jepang dalam Satu Jam


1. Memahami tata bahasa dan kosa kata dasar Bahasa Jepang


Bahasa Jepang memiliki tata bahasa dan kosa kata yang kompleks yang dapat membingungkan bagi pelajar pemula. Namun, dengan sedikit usaha, kamu dapat mulai memahami dasar-dasar tata bahasa dan kosa kata.


Ada tiga jenis utama tata bahasa Jepang: verb tenses, noun case, dan adjective case. Selain itu, bahasa Jepang juga memiliki konjugasi kata kerja, yaitu proses mengubah bentuk kata kerja untuk mencerminkan orang atau tense yang melakukan tindakan.


Untuk memulai memahami tata bahasa Jepang, penting untuk mengetahui bentuk kata kerja yang berbeda. Ada dua bentuk kata kerja utama dalam bahasa Jepang: past simple dan past continuous. Past simple digunakan ketika tindakan selesai di masa lalu dan past continuous digunakan ketika tindakan sedang berlangsung pada saat berbicara tetapi mungkin telah berhenti.


Untuk membuat segalanya lebih rumit, ada juga dua bentuk kata kerja utama dalam bahasa Jepang: polos dan sopan. Kata kerja biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari, sedangkan kata kerja sopan digunakan dalam situasi formal.





Untuk memahami cara membuat kalimat dalam bahasa Jepang, penting untuk memahami konjugasi kata kerja yang berbeda. 


Ada enam konjugasi kata kerja utama dalam bahasa Jepang: bentuk dasar, bentuk tidak beraturan, bentuk -masu (untuk membuat pertanyaan), bentuk -te (untuk membuat permintaan), dan bentuk -ru (untuk membuat janji).


Akhirnya, untuk memahami bagaimana mengatakan sesuatu dalam bahasa Jepang, penting untuk mengetahui tentang kasus kata benda yang berbeda. Ada empat kasus kata benda utama dalam bahasa Jepang: kasus nominatif (digunakan untuk subjek), kasus objektif (digunakan untuk objek), kasus genitif (digunakan untuk kepemilikan), dan kasus datif (digunakan untuk memberi).


Setelah kamu memiliki pemahaman dasar tentang tata bahasa dan kosa kata Jepang, kamu dapat mulai berlatih menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Kamu juga dapat mulai mempelajari beberapa ungkapan idiomatik berguna yang akan membantu kamu berkomunikasi lebih efektif dalam bahasa Jepang.


2. Buatlah ekspresi dasar dalam Bahasa Jepang


Ketika kamu ingin mengatakan sesuatu, kamu perlu menggunakan ekspresi dasar. Ada beberapa yang umum yang perlu kamu ketahui.


Ungkapan paling dasar adalah "ga", yang berarti "dan" atau "juga". Misalnya, kamu bisa mengatakan “watashi wa ga kamishiteru” yang artinya “Saya dan kamu akan tetap di sini”.


Ungkapan umum lainnya adalah "desu," yang berarti "ya." Misalnya, kamu dapat mengatakan “desu ga arimasu” yang berarti “ya, benar”.


Bahasa Jepang juga memiliki beberapa kata sifat dan kata keterangan. Beberapa contoh kata sifat adalah "kawaii", yang berarti imut, dan "wanneru", yang berarti luar biasa. Contoh kata keterangan adalah “honto” yang berarti serius, dan “tsukiku” yang berarti pelan-pelan.


Ketika kamu ingin mengatakan apa yang seseorang kenakan, kamu dapat menggunakan bentuk desu dari kata kerja “menjadi” diikuti dengan kata sifat untuk pakaian. 


Misalnya, kamu mungkin mengatakan Aya-san no ukiuki desu. Ini berarti Aya-san mengenakan kemeja oranye.





Ekspresi umum lainnya terdiri dari kata kerja untuk makan dan partikel de. Misalnya, kamu mungkin mengatakan "teburu de tabemasu"tau テーブルで食べます. Ini berarti bahwa "kamu akan makan di meja".


Ada juga beberapa ekspresi lain yang perlu kamu ketahui. Salah satu contohnya adalah kata toujou, yang berarti sekarang dan juga nanti dalam konteks waktu. Lain adalah ima, yang berarti sekarang atau saat ini.


3. Kenali beberapa kata dan frasa umum dalam Bahasa Jepang


Saat kamu mulai belajar bahasa Jepang, mengetahui beberapa kata dan frasa umum akan sangat membantu. Ini akan membuat belajar bahasa Jepang lebih mudah dipelajari dan tidak menakutkan. 


Berikut adalah sepuluh kata dan frasa Jepang paling umum yang akan kamu temui:


1. arigatou (terima kasih)

2. desu (ini)

3. konnichiwa (selamat pagi)

4. gochisoubi (selamat siang)

5. oi (hei)

6. ne (ya)

7. ii (tidak)

8. tada (benar sekali)

9. mada (itu saja)

10. tabetara (sampai jumpa)


Arigatou berarti "terima kasih." 

Desu berarti ini. Konnichiwa artinya selamat pagi. Gochisoubi artinya selamat siang. 

Oi adalah sapaan biasa, sering digunakan saat berbicara dengan seseorang yang tidak kamu kenal dengan baik. Ne adalah ya dan ii adalah tidak. 

Tada artinya benar. Mada berarti itu saja. Tabetara artinya sampai jumpa.





4. Berlatih mendengarkan dan berbicara Bahasa Jepang


Ketika kamu mencoba untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kamu, salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah mendengarkan dan berbicara sebanyak mungkin. Ini tidak hanya akan membantu kamu untuk lebih memahami orang-orang di sekitarmu, tetapi juga akan membantumu mengingat apa yang telah kamu dengar. 

Ketika kamu mampu memahami dan menanggapi apa yang dikatakan tanpa kesulitan, keterampilan bahasa Jepang kamu akan mulai berkembang pesat.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Jepangmu adalah dengan menggunakan kamus audio bahasa Jepang. 

Alat audio ini akan memungkinkan kamu berlatih mengidentifikasi kata dan frasa tertentu, serta artinya. Dengan mendengarkan untuk pengucapan kata dan frasa bahasa Jepang, kamu akan dapat fokus pada pengucapan yang benar. 




Selain itu, menggunakan kamus audio bahasa Jepang dapat membantu kamu meningkatkan kosa kata kamu. 

Dengan mempelajari kata dan frasa baru, kamu akan dapat memperluas pengetahuanmu tentang bahasa Jepangmu.

Berbicara bahasa Jepang juga penting. Ketika kamu dapat berkomunikasi dengan lancar dengan penutur asli, keterampilan bahasa Jepangmu akan mengambil langkah maju yang besar. 

Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbicaramu adalah dengan menghadiri kelas atau workshop. Cara belajar Bahasa Jepang ini akan memberimu kesempatan untuk berlatih berbicara dalam lingkungan dunia yang sesungguhnya. 

Selain itu, mempelajari materi Bahasa Jepang yang berfokus pada berbicara dan mendengarkan juga akan bermanfaat. Materi-materi ini akan membantu kamu menjadi lebih nyaman berbicara di depan orang lain.

Ada banyak cara untuk melatih kemampuan bahasa Jepangmu. Yang terpenting adalah terus berusaha! Dengan sedikit usaha dan dedikasi, kamu bisa menjadi pembicara dan pendengar yang mahir dalam waktu singkat.


5. Bersenang-senang dengan beberapa kegiatan yang menyenangkan


Belajar bahasa Jepang bisa menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat prosesnya lebih menyenangkan. kamu dapat bermain game, mempelajari kata dan ekspresi baru, membuat makanan ringan atau makanan, menonton film Jepang, atau bahkan menjelajahi sejarah dan budaya Jepang. 


Berikut adalah lima kegiatan menyenangkan untuk memulai!


1. Bermain Game Jepang

Bermain game adalah cara yang bagus untuk mempelajari kosakata dan aturan tata bahasa dasar. Ada banyak jenis permainan Jepang yang tersedia secara online atau di toko-toko. Beberapa game favorit termasuk permainan kartu seperti josei, mahjongg, dan manekineko, serta permainan kata seperti hangman dan sudoku.





2. Belajar Bahasa Jepang Melalui Audio Visual


Salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa apa pun adalah mendengarkan dan berbicara. 

Dengan mendengarkan orang dan membaca dengan keras, kamu akan meningkatkan kemampuan kamu untuk memahami apa yang dikatakan orang dan membangun fondasi untuk penggunaan tata bahasa yang benar. 

Ada banyak jenis materi audio Jepang yang tersedia secara online atau di toko, termasuk podcast, cerita, program radio, dan bahkan video pendidikan.


3. Membuat Makanan Jepang

Membuat camilan atau makanan juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih kemampuan bahasa Jepang kamu. Ada berbagai macam jajanan Jepang yang bisa kamu buat di rumah, seperti takoyaki (bola gurita), sushi gulung, okonomiyaki (pancake dengan topping gurih), udon (sejenis mie), atau tempura (seafood yang digoreng dan dilumuri) .


4. Menonton film Jepang

Menonton film Jepang adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan keterampilan bahasa kamu dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan. Banyak film Jepang tersedia di layanan streaming seperti Netflix atau Amazon Prime Video. Beberapa favorit kami termasuk Akira (1988), Spirited Away (2001), The Catcher in the Rye (1965), dan Inception (2011).





5. Belajar Budaya Jepang

Last but not least, belajar tentang budaya dan sejarah Jepang adalah cara yang bagus untuk belajar tentang bahasa dan orang-orang yang berbicara itu. Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan tentang sejarah dan budaya negara. 


Ada banyak sumber daya hebat yang tersedia secara online atau di toko-toko yang akan mengajarkanmu semua tentang masa lalu Jepang yang menarik.


1. Memahami tata bahasa dan kosa kata dasar

2. Buatlah ekspresi dasar

3. Kenali beberapa kata dan frasa umum

4. Berlatih mendengarkan dan berbicara

5. Bersenang-senang dengan beberapa kegiatan yang menyenangkan


Lima hal mengesankan yang dapat kamu lakukan dalam bahasa Jepang hanya dalam satu jam akan membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa jepangmu dan juga bersenang-senang! 





Kegiatan ini akan membantumu memahami tata bahasa dan kosa kata dasar, membuat ekspresi dasar, mengenal beberapa kata dan frasa umum, berlatih mendengarkan dan berbicara, dan bersenang-senang dengan beberapa kegiatan yang menyenangkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.