Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Dongeng Rusia

 

Cerita rakyat rusia


Judul Buku : Dongeng Animasi 3D - Dongeng Rusia

Judul asli: Animated Fairy Tales of the World: Russian Fairy Tales

Penulis: Kyowoon Korea

Alih Bahasa: Meliana Simamora

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Terbit: Cetakan Pertama, 2011

Tebal: 60 halaman

ISBN: 978-602-39-4925-0

Rating buku: 4/5 bintang

Harga buku: Rp 40.000

Baca ebook di Aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Dongeng Rusia:


Demi mencari si elang sang pujaan hatinya, Mariutzka rela menempuh perjalanan yang jauh dan penuh mara bahaya. Akhirnya, dibantu oleh tiga penyihir, dia berhasil menemui si elang. Lalu, si elang membawanya tinggal di istana dan mereka pun hidup bahagia selamanya.


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Dongeng Rusia:


Alkisah, di Rusia ada keluarga dengan tiga anak perempuan. Ayahnya sangat perhatian dan selalu membawa oleh-oleh. Dua anak perempuannya pun minta hadiah yang mahal, baik baju maupun kalung. Namun, sang adik yang merupakan seorang gadis bernama Mariutzka selalu minta hadiah berupa bulu elang yang berkilau pada ayahnya sebagai oleh-oleh.


Mariutzka sudah tiga kali meminta oleh-oleh bulu elang pada ayahnya, namun ayahnya tak kunjung menemukan hadiah itu. Hingga suatu hari, ayahnya menemukan ada penjual kotak yang isinya berupa bulu elang. Ayahnya pun langsung membelinya.


Tiap malam, gadis itu mengeluarkan bulu elang, dan keajaiban pun terjadi. Bulu elang itu berubah menjadi seorang pangeran tampan. Beberapa kali pangeran datang  mengobrol dan menari dengan gadis itu. 


Buku kumpulan cerita rakyat
Buku kumpulan dongeng animasi 3D terbitan BIP


Suatu hari, dua kakaknya merasa iri dengan yang dilakukan adiknya itu. Maka mereka pun membuat jebakan dengan memasang 3 pisau di dekat jendela. Sang elang pun terluka dan pergi. Ia berkata,


Jika dia benar-benar mencintaiku, dia akan menemukanku di mana pun aku berada. Tapi itu tidaklah mudah. Dia harus mengenakan tiga pasang sepatu balok besi, mematahkan tiga tongkat, dan merobekkan tiga topi sebelum dia menemukanku.


Saat terbangun, Mariutzka baru sadar bahwa elang sudah ke rumahnya, namun pergi lagi karena terluka parah. Elang terkena jebakan pisau yang merintangi jendela kamar Mariutzka. 

Mariutzka pun minta ijin pada ayahnya untuk mencari elang itu. Ia menyiapkan tiga topi, tiga sepatu besi, dan tiga tongkat untuk perjalanannya. 

Dalam perjalanan, Mariutzka bertemu dengan nenek penyihir bernama Baba Yaga. 


Menyiapkan bekal perjalanan berupa 3 sepatu, 3 topi dan 3 tongkat

Mariutzka pun menempuh perjalanan jauh. Ia pun bertemu dengan penyihir bernama Baba Yaga saat hendak beristirahat di pondok. 

Setiap kali sepatu, tongkat dan topinya rusak dalam perjalanan, ia beristirahat sejenak di pondok, dan ia bertemu dengan penyihir itu. 

Ada 3 penyihir bernama Baba Yaga yang merupakan kakak beradik. Mereka membekali Mariutzka dengan benda-benda sihir, mulai dari piring perak dan telur emas, bingkai perak dan jarum emas, dan alat pemintal perak dan kumparan emas.


Mariutzka saat bertemu dengan Baba Yaga dan anjing yang menuntunnya selama perjalanan


Aku akan memberimu ini. Jika ada yang ingin membelinya, katakan saja pada mereka untuk menunjukkan si elang padamu. (Hlm. 22)


Penyihir Baba Yaga mengatakan bahwa elang disihir oleh Ratu Kerajaan Akhir dan dijadikan suaminya. Namun, jika Mariutzka ingin bertemu elang, jangan jual benda-benda sihir itu, namun minta orang itu menunjukkan si elang padanya.  


Mariutzka melanjutkan perjalanan dan masuk ke istana ratu. Ia menyamar jari pelayan dan mencoba mencari elang. Namun elang tidak mengenalinya. 


Sang ratu yang penasaran dengan benda-benda sihir itu menukar kesempatan untuk bertemu elang dengan benda cantik itu. 


Cerita rakyat
Ratu penasaran dan ingin memiliki benda-benda sihir milik Mariutzka


Tak disangka, elang selalu tertidur karena obat yang diberikan ratu itu. Hingga tiga kali, Mariutzka pun sedih karena perjuanganya sia-sia. Ia menangis. Air mata tangisnya jatuh mengenai pangeran. Dan pangeran pun terbangun dari tidurnya. Sihirnya menghilang dan membuat ia mengenali Mariutzka. 


Setelah itu, pangeran memutuskan untuk keluar dari kerajaan akhir dan kembali ke kerajaannya sendiri. Ia pun menikah dengan Mariutzka. Mereka pun bahagia selamanya.


Menurut Saya : 


Dongeng Bulu Elang merupakan dongeng Rusia yang sangat melegenda dan diceritakan secara turun temurun di Rusia. Penulis dongeng Rusia ini bernama Afanasyev mengumpulkan dongeng-dongeng kuno Rusia dan membuat buku Cerita Rakyat Rusia yang digemari hingga kini.


Banyak dongeng kuno Rusia yang mengisahkan tentang perjuangan tokoh perempuan di dalam dongeng untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan menggapai impiannya. Dongeng Rusia juga memiliki karakteristik yang unik yaitu menggambarkan kehidupan yang keras karena iklim Rusia yang begitu sulit ditembus oleh manusia biasa. Apalagi musim dingin di Rusia yang menusuk tulang. Selain itu, lamanya siang yang lebih panjang dari belahan bumi lainnya. 


Karakter dongeng Rusia adalah pada tokohnya yang mengisahkan tentang perempuan pemberani. Selain itu tokohnya juga dibantu oleh penyihir baik hati.


Dongeng Rusia sering mengangkat kisah tentang perjuangan, keadilan, keberanian, kecantikan dan kebaikan. 


Dalam dongeng Bulu Elang, tokoh perempuan bernama Mariutzka sangat berani menghalau rintangan dan tantangan demi bisa bertemu cinta sejatinya. 


Dongeng Rusia ini juga disertai dengan aktivitas yang bisa dilakukan oleh pembaca anak. Misalnya: menyusun puzzle, mencocokkan gambar,  mencari jalan dan lain sebagainya





Hikmah Dongeng Bulu Elang Asal Rusia:

1. Belajar menjadi perempuan sederhana yang tidak tamak pada harta duniawi, seperti yang dilakukan tokoh Mariutzka

2. Berani mengejar cinta sejati hingga menembus halangan apapun yang ada di depannya

3. Menggunakan insting untuk terus waspada pada bahaya yang ada di depan mata

4. Mau mendengarkan nasehat orang lain, bahkan insting dari hewan sekalipun

5. Percaya bahwa kebaikan akan mengalahkan keburukan sekalipun orang berusaha untuk berbuat jahat pada kita.

6. Belajar skill bernegosiasi dengan orang lain untuk mendapatkan keinginan kita.


Kesimpulan :


Menurut saya, dongeng ini bisa menjadi gambaran betapa dongeng Rusia sangat berbeda dengan dongeng Eropa lainnya. Bahkan dongeng Rusia ini pun berakhir happy ending dan tidak terlalu menyeramkan karena tidak ada penyihir jahat atau orang jahat yang benar-benar sangat menyeramkan seperti dalam dongeng Grimm Bersaudara.


Selamat membaca ya!


Sumber foto : 

shopee bukumaret dan shopee dsoe02

https://shopee.co.id/Dongeng-Animasi-3D-Dongeng-Rusia-Buku-Cerita-Anak-i.13324598.3170373653

https://shopee.co.id/Set-Of-6-Dongeng-Animasi-3D-i.24201733.4636357820



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan