Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin

 

Buku dongeng anak eropa


Judul Buku : Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin

Judul Asli : Animated Fairy Tale of The World : The Fish and The Ring

Pengarang : Kyowon Editorial Departemen

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal: 62 halaman

ISBN : 978-602-45-5946-51

Genre buku: pictorial book/buku anak

Rating : 5 bintang

Harga buku : Rp 42.000


Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin:


Pada zaman dahulu kala, di bagian utara Inggris, hidup seorang bangsawan yang mampu melihat masa depan dari buku takdir. 


Setelah mengetahui bahwa putra kesayangannya memiliki takdir untuk menikahi perempuan dari kalangan bawah, dia merasa marah dan tidak terima. Sang Bangsawan pun segera mencegah hal ini menjadi nyata. 


Mampukah Sang Bangsawan mengubah suratan takdir dengan tindakannya?


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin:


Pernahkah kamu mendengar kisah dongeng Ikan dan Cincin dari Inggris


Dongeng ini ditulis oleh Joseph Jacob yang merupakan orang asli Australia namun ia belajar di Inggris. Ia mengumpulkan English Fairy Tale dan menjadikannya sebuah buku cerita dongeng anak.

Kisah tentang dongeng berjudul Ikan dan Cincin berkisah tentang seorang bangsawan yang sangat penasaran ingin tahu nasib anaknya di masa depan. Ia senang dengan ramal meramal, bahkan belajar ilmu meramal itu.

Sang Bangsawan ingin melihat siapa gadis yang akan mendampingi anak kesayangannya kelak. Ia ingin anaknya menikah dengan bangsawan juga, namun sayangnya saat ia melihat buku takdir kehidupan, ia terkejut dengan hasilnya.

Buku takdir kehidupan itu memperlihatkan bahwa jodoh anaknya di masa depan berasal dari kalangan orang miskin.

Tak disangka, sang bangsawan pun datang ke rumah rakyat jelata yang ia lihat di dalam buku kehidupan. Lalu, ia pun menawarkan bantuannya agar bisa merawat bayi tersebut. 

Ya... Namun, di tengah perjalanan, Sang Bangsawan justru berniat jahat untuk membuang bayi itu. Tujuannya agar bayi tersebut hanyut terbawa air sungai dan meninggal dalam perjalanan. 

Bayi itu tak meninggal, namun ditemukan oleh nelayan miskin dan gadis itu diangkat menjadi anak. Ia tumbuh dewasa dan semakin cantik.




Beberapa tahun kemudian saat akan memancing, ia kehausan dan meminta air di rumah terdekat. Sang Bangsawan bertemu lagi dengan gadis itu. Ia pun baru sadar bahwa gadis itu adalah anak yang pernah dibuangnya di sungai. 

Satu per satu rencana jahat disusun oleh sang bangsawan. Ia berniat meminta sang gadis membawa kertas untuk dibawa ke saudaranya. Ia berjanji akan memberi pekerjaan setelah tugas itu selesai.

Namun, kejahatan pun terjadi lagi. Gadis itu mendapatkan perlakuan jahat dari perampok, namun yang diperoleh perampok itu hanyalah kertas betuliskan hal yang aneh, yaitu perintah untuk membunuh gadis itu. 

Sang perampok malah merasa iba dan memutuskan untuk mengambil kertas lain dan menuliskan pesan pengganti. 

Untuk adikku tersayang. Segera nikahkan anakku dengan perempuan  yang membawa surat ini. - Humprey


Gadis itu tak tahu bahwa pesan yang ada di kertas pertama berbahaya, ia juga tidak sadar bahwa pesan itu sudah diganti. Ia sangat polos dan juga baik hati, sehingga tidak menyangka akan keberuntungan yang datang pada dirinya saat surat itu sampai pada adik bangsawan. 

Gadis itu pun menyiapkan pesta pernikahan dengan anak bangsawan. Sayangnya, Sang Bangsawan tahu ada kesalahan yang terjadi. Maka ia mengajak gadis itu keluar rumah, dan sampailah mereka di laut. 

Sang bangsawan mengambil cincin pernikahan yang diberikan anaknya dan melemparkannya ke laut. Sembari berkata, 

Jangan pernah muncul lagi di hadapanku sampai engkau menemukan cincin itu dan menunjukkannya padaku. (Hlm. 32)

Gadis itu tak bisa kembali ke rumahnya, jadi ia pun menawarkan tenaganya untuk bekerja pada tuan tanah di kastil yang indah. Ia diterima kerja dan membantu memasak makanan yang lezat. 

Beberapa waktu kemudian, kastil itu mengadakan pesta dan sang bangsawan pun tak disangka datang ke sana. Sang gadis khawatir jika ia terlihat oleh bangsawan. Ia pun lebih memilih sibuk di dapur dan memasak ikan. 

Sebuah keajaiban terjadi. 

Ikan yang dibersihkannya ternyata bukan ikan biasa. Ada cincin miliknya di dalam ikan itu. Sesuai ucapan sang bangsawan, ia boleh menampakkan diri jika memiliki cincin itu lagi.

Lalu, tahukah apa yang terjadi?

Bangsawan yang senang dengan masakan ikan itu meminta pemilik kastil untuk menunjukkan siapa koki yang memasak hidangan yang lezat. Tak disangka, itulah saatnya sang gadis bertemu lagi dengan bangsawan itu.

Itu adalah cincin yang sudah kubuang ke laut.... Takdir tidak bisa diubah oleh siapapun. Betapa bodohnya aku baru menyadari hal tersebut. 


Maka, bangsawan pun merestui anaknya dengan gadis itu.

Gadis ini telah aku buang dan ku usir. Tapi sekarang aku menyadarinya. Dialah pasangan takdir Putraku!

Akhirnya gadis itu pun menikah dengan Putra bangsawan tersebut dan hidup bahagia selamanya. 


Menurut saya:


Dalam dongeng Ikan dan Cincin di buku ini penulis mengisahkan tentang dongeng di Inggris yang sangat melegenda yaitu bagaimana kisah seorang gadis rakyat jelata yang menikah dengan keturunan bangsawan.

Meskipun takdir sudah ditetapkan, namun sang bangsawan tidak ingin ramalannya terwujud sehingga anaknya menikah dengan Gadis Miskin.

Ia melakukan berbagai macam cara agar Gadis itu lenyap dari hadapannya dan dijauhkan dari lingkungan tempat tinggal. Namun ternyata semesta selalu berpihak pada gadis tersebut sehingga Gadis itu dilindungi dari berbagai marabahaya. Bahkan tanpa sadar takdirlah yang membawanya hingga menuju cintanya yang sejati.

Saya membaca dongeng Ikan dan Cincin di buku anak ini. Setelah itu, saya penasaran lalu mencari tahu info cerita rakyat pendek di Google.

Saya menemukan dongeng pendek untuk anak SD di Web majalah Bobo, ada dongeng ikan dan cincin dalam versi yang lebih detail. Bahkan penulisnya menyebutkan nama tokoh tersebut di majalah Bobo.

Nama bangsawannya adalah Baron, sedangkan anak perempuan yang akan menikah dengan putranya yaitu Margareth. Dan putranya bernama Henry.

Ada perbedaan besar dalam cerita rakyat yang ada di buku ini dan versi majalah Bobo yaitu anak bangsawan tersebut akan menjadi seorang pangeran di masa depan. Sedangkan di majalah Bobo, kedudukan anak bangsawannya hanyalah seorang anak bangsawan, bukan seorang pangeran.

Di versi dongeng anak di majalah Bobo, penulisnya menyebutkan daerah tempat tinggal nelayan itu bernama York. 



Aktivitas Seru dalam Buku Dongeng Ikan dan Cincin: 

Kelebihan buku dongeng ikan dan cincin ini adalah beberapa aktivitas yang diberikan penulis agar anak-anak bisa mengasah skill antara lain :

1. Mencari kata yang tepat dalam sebuah kalimat

2. Melingkari benda yang mirip dengan benda yang ditemukan di dalam perut ikan

3. Mencari tahu cerita dongeng lain yang mirip dengan dongeng ikan dan cincin yaitu dongeng Raja Salomon yang kehilangan cincinnya sehingga turun Tahta

4. Membuat gambar Augmented Reality


Hikmah dari Dongeng Anak Ikan dan Cincin : 


1. Percaya pada takdir yang telah ditetapkan Tuhan. Karena tugas kita hanyalah menjalani kehidupan sebaik-baiknya.

2. Jangan mendahului takdir yang ditetapkan Tuhan yang Maha Kuasa, karena takdir akan tetap terjadi bagaimanapun manusia mengubahnya tak akan bisa

3. Berbuat baik pada orang yang pernah jahat pada kita

4. Tak kenal menyerah dan berusaha untuk melanjutkan hidup meskipun banyak ujian yang datang

5. Menyibukkan diri agar bisa mengurangi kesedihan yang dialami

6. Belajar untuk terus mengasah skill dan kemampuan untuk bekerja menjadi yang terbaik, misalnya belajar masak 

7. Jangan percaya ramalan dari tukang peramal karena seringkali ramalan hanya membuat hati was-was dan gelisah.


Nah, semoga dongeng anak Ikan dan Cincin ini bermamfaat ya! 🥰


Sumber gambar : shopee buku_laris

https://shopee.co.id/amp/Seri-Dongeng-Animasi-3D-EDISI-BARU-KATALOG-1-Buku-Cerita-Anak-Original-BIP-Gramedia-i.54992113.9805832080


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal

Cara Mengatasi Saldo Terpotong Saat Transaksi Internet Banking Gagal Pernah mengalami dana terpotong saat transaksi internet banking gagal? Saya baru aja mengalami hal ini. Kronologinya begini. Hari Jumat sore saya butuh pulsa buat internet karena sedang ada kerjaan yang harus online. Males banget buat ambil duit di ATM karena seringnya ATM di Indomaret error atau kosong isinya. Jadi saya putuskan buat beli pulsa lewat internet banking Klik BCA .

Rambu-rambu Lalu Lintas yang ada di Jepang

Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang  Rambu-rambu lalu lintas yang ada di Jepang kebanyakan ditunjukkan dalam bentuk simbol. Namun, untuk beberapa kondisi, rambu lalu lintas tidak ditunjukkan dalam bentuk simbol gambar, tetapi dalam bentuk tulisan yang ditulis dalam huruf kanji.

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies

Netflix : My Favourite Streaming Platform Online to Watching Korean Dramas and Japan Movies   Sist, do you watching the latest Korean drama? Could you give me some recommendation, please? Hmm, I don’t know. lately I am more into anime than K-drama. Well, the only K-drama I watching is Little Women on Netflix. I asked her recommendation because we have similar interest of drama. Even we don’t live together I found out we watched the same drama quite often. Sister bond, maybe? Lol. I asked that because she subscribes to Netflix on her smartphone.  However, the last time I subscribed to Netflix, I watched my favorite korean  drama Alchemy of Souls.