Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin

 

Buku dongeng anak eropa


Judul Buku : Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin

Judul Asli : Animated Fairy Tale of The World : The Fish and The Ring

Pengarang : Kyowon Editorial Departemen

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal: 62 halaman

ISBN : 978-602-45-5946-51

Genre buku: pictorial book/buku anak

Rating : 5 bintang

Harga buku : Rp 42.000


Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin:


Pada zaman dahulu kala, di bagian utara Inggris, hidup seorang bangsawan yang mampu melihat masa depan dari buku takdir. 


Setelah mengetahui bahwa putra kesayangannya memiliki takdir untuk menikahi perempuan dari kalangan bawah, dia merasa marah dan tidak terima. Sang Bangsawan pun segera mencegah hal ini menjadi nyata. 


Mampukah Sang Bangsawan mengubah suratan takdir dengan tindakannya?


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Ikan dan Cincin:


Pernahkah kamu mendengar kisah dongeng Ikan dan Cincin dari Inggris


Dongeng ini ditulis oleh Joseph Jacob yang merupakan orang asli Australia namun ia belajar di Inggris. Ia mengumpulkan English Fairy Tale dan menjadikannya sebuah buku cerita dongeng anak.

Kisah tentang dongeng berjudul Ikan dan Cincin berkisah tentang seorang bangsawan yang sangat penasaran ingin tahu nasib anaknya di masa depan. Ia senang dengan ramal meramal, bahkan belajar ilmu meramal itu.

Sang Bangsawan ingin melihat siapa gadis yang akan mendampingi anak kesayangannya kelak. Ia ingin anaknya menikah dengan bangsawan juga, namun sayangnya saat ia melihat buku takdir kehidupan, ia terkejut dengan hasilnya.

Buku takdir kehidupan itu memperlihatkan bahwa jodoh anaknya di masa depan berasal dari kalangan orang miskin.

Tak disangka, sang bangsawan pun datang ke rumah rakyat jelata yang ia lihat di dalam buku kehidupan. Lalu, ia pun menawarkan bantuannya agar bisa merawat bayi tersebut. 

Ya... Namun, di tengah perjalanan, Sang Bangsawan justru berniat jahat untuk membuang bayi itu. Tujuannya agar bayi tersebut hanyut terbawa air sungai dan meninggal dalam perjalanan. 

Bayi itu tak meninggal, namun ditemukan oleh nelayan miskin dan gadis itu diangkat menjadi anak. Ia tumbuh dewasa dan semakin cantik.




Beberapa tahun kemudian saat akan memancing, ia kehausan dan meminta air di rumah terdekat. Sang Bangsawan bertemu lagi dengan gadis itu. Ia pun baru sadar bahwa gadis itu adalah anak yang pernah dibuangnya di sungai. 

Satu per satu rencana jahat disusun oleh sang bangsawan. Ia berniat meminta sang gadis membawa kertas untuk dibawa ke saudaranya. Ia berjanji akan memberi pekerjaan setelah tugas itu selesai.

Namun, kejahatan pun terjadi lagi. Gadis itu mendapatkan perlakuan jahat dari perampok, namun yang diperoleh perampok itu hanyalah kertas betuliskan hal yang aneh, yaitu perintah untuk membunuh gadis itu. 

Sang perampok malah merasa iba dan memutuskan untuk mengambil kertas lain dan menuliskan pesan pengganti. 

Untuk adikku tersayang. Segera nikahkan anakku dengan perempuan  yang membawa surat ini. - Humprey


Gadis itu tak tahu bahwa pesan yang ada di kertas pertama berbahaya, ia juga tidak sadar bahwa pesan itu sudah diganti. Ia sangat polos dan juga baik hati, sehingga tidak menyangka akan keberuntungan yang datang pada dirinya saat surat itu sampai pada adik bangsawan. 

Gadis itu pun menyiapkan pesta pernikahan dengan anak bangsawan. Sayangnya, Sang Bangsawan tahu ada kesalahan yang terjadi. Maka ia mengajak gadis itu keluar rumah, dan sampailah mereka di laut. 

Sang bangsawan mengambil cincin pernikahan yang diberikan anaknya dan melemparkannya ke laut. Sembari berkata, 

Jangan pernah muncul lagi di hadapanku sampai engkau menemukan cincin itu dan menunjukkannya padaku. (Hlm. 32)

Gadis itu tak bisa kembali ke rumahnya, jadi ia pun menawarkan tenaganya untuk bekerja pada tuan tanah di kastil yang indah. Ia diterima kerja dan membantu memasak makanan yang lezat. 

Beberapa waktu kemudian, kastil itu mengadakan pesta dan sang bangsawan pun tak disangka datang ke sana. Sang gadis khawatir jika ia terlihat oleh bangsawan. Ia pun lebih memilih sibuk di dapur dan memasak ikan. 

Sebuah keajaiban terjadi. 

Ikan yang dibersihkannya ternyata bukan ikan biasa. Ada cincin miliknya di dalam ikan itu. Sesuai ucapan sang bangsawan, ia boleh menampakkan diri jika memiliki cincin itu lagi.

Lalu, tahukah apa yang terjadi?

Bangsawan yang senang dengan masakan ikan itu meminta pemilik kastil untuk menunjukkan siapa koki yang memasak hidangan yang lezat. Tak disangka, itulah saatnya sang gadis bertemu lagi dengan bangsawan itu.

Itu adalah cincin yang sudah kubuang ke laut.... Takdir tidak bisa diubah oleh siapapun. Betapa bodohnya aku baru menyadari hal tersebut. 


Maka, bangsawan pun merestui anaknya dengan gadis itu.

Gadis ini telah aku buang dan ku usir. Tapi sekarang aku menyadarinya. Dialah pasangan takdir Putraku!

Akhirnya gadis itu pun menikah dengan Putra bangsawan tersebut dan hidup bahagia selamanya. 


Menurut saya:


Dalam dongeng Ikan dan Cincin di buku ini penulis mengisahkan tentang dongeng di Inggris yang sangat melegenda yaitu bagaimana kisah seorang gadis rakyat jelata yang menikah dengan keturunan bangsawan.

Meskipun takdir sudah ditetapkan, namun sang bangsawan tidak ingin ramalannya terwujud sehingga anaknya menikah dengan Gadis Miskin.

Ia melakukan berbagai macam cara agar Gadis itu lenyap dari hadapannya dan dijauhkan dari lingkungan tempat tinggal. Namun ternyata semesta selalu berpihak pada gadis tersebut sehingga Gadis itu dilindungi dari berbagai marabahaya. Bahkan tanpa sadar takdirlah yang membawanya hingga menuju cintanya yang sejati.

Saya membaca dongeng Ikan dan Cincin di buku anak ini. Setelah itu, saya penasaran lalu mencari tahu info cerita rakyat pendek di Google.

Saya menemukan dongeng pendek untuk anak SD di Web majalah Bobo, ada dongeng ikan dan cincin dalam versi yang lebih detail. Bahkan penulisnya menyebutkan nama tokoh tersebut di majalah Bobo.

Nama bangsawannya adalah Baron, sedangkan anak perempuan yang akan menikah dengan putranya yaitu Margareth. Dan putranya bernama Henry.

Ada perbedaan besar dalam cerita rakyat yang ada di buku ini dan versi majalah Bobo yaitu anak bangsawan tersebut akan menjadi seorang pangeran di masa depan. Sedangkan di majalah Bobo, kedudukan anak bangsawannya hanyalah seorang anak bangsawan, bukan seorang pangeran.

Di versi dongeng anak di majalah Bobo, penulisnya menyebutkan daerah tempat tinggal nelayan itu bernama York. 



Aktivitas Seru dalam Buku Dongeng Ikan dan Cincin: 

Kelebihan buku dongeng ikan dan cincin ini adalah beberapa aktivitas yang diberikan penulis agar anak-anak bisa mengasah skill antara lain :

1. Mencari kata yang tepat dalam sebuah kalimat

2. Melingkari benda yang mirip dengan benda yang ditemukan di dalam perut ikan

3. Mencari tahu cerita dongeng lain yang mirip dengan dongeng ikan dan cincin yaitu dongeng Raja Salomon yang kehilangan cincinnya sehingga turun Tahta

4. Membuat gambar Augmented Reality


Hikmah dari Dongeng Anak Ikan dan Cincin : 


1. Percaya pada takdir yang telah ditetapkan Tuhan. Karena tugas kita hanyalah menjalani kehidupan sebaik-baiknya.

2. Jangan mendahului takdir yang ditetapkan Tuhan yang Maha Kuasa, karena takdir akan tetap terjadi bagaimanapun manusia mengubahnya tak akan bisa

3. Berbuat baik pada orang yang pernah jahat pada kita

4. Tak kenal menyerah dan berusaha untuk melanjutkan hidup meskipun banyak ujian yang datang

5. Menyibukkan diri agar bisa mengurangi kesedihan yang dialami

6. Belajar untuk terus mengasah skill dan kemampuan untuk bekerja menjadi yang terbaik, misalnya belajar masak 

7. Jangan percaya ramalan dari tukang peramal karena seringkali ramalan hanya membuat hati was-was dan gelisah.


Nah, semoga dongeng anak Ikan dan Cincin ini bermamfaat ya! 🥰


Sumber gambar : shopee buku_laris

https://shopee.co.id/amp/Seri-Dongeng-Animasi-3D-EDISI-BARU-KATALOG-1-Buku-Cerita-Anak-Original-BIP-Gramedia-i.54992113.9805832080


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Buku Anak] Ayo Berlatih Silat! Karya Ahmad Fuadi

  Judul Buku : Ayo Berlatih Silat! Penulis : Ahmad Fuadi Ilustrator  : Ella Elviana Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP) Terbit : Cetakan pertama, 2018 Tebal: 26 halaman Genre : pictorial book (buku anak) ISBN : 978-602-483-165-3 Rating Buku : 4/5🌟 Harga buku : Rp 52.000 Baca ebook di aplikasi Ipusnas ❤❤❤

Belajar 25 Kosakata Bahasa Jepang tentang Tahun Baru dan artinya

Tradisi Tahun Baru di Jepang Tahun Baru di Jepang adalah salah satu tradisi yang paling populer dan penting. Hal ini karena tahun baru di Jepang adalah saat ketika seluruh penduduk negara bersama-sama menyambut tahun baru yang baru. Dalam budaya Jepang, tahun baru dianggap sebagai hari dimana semua orang bisa bersuka-ria bersama dan melupakan masa lalu untuk memulai tahun yang baru.  Pada hari tahun baru, orang-orang Jepang akan mengadakan perayaan keluarga besar. Mereka biasanya akan berkumpul di rumah salah satu anggota keluarga untuk makan malam bersama dan bersukacita.  Makanan yang terkenal dalam tradisi tahun baru Jepang adalah Osechi Ryori, yang terdiri dari makanan-makanan tradisional Jepang seperti ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tahun baru di Jepang disebut 'Oshogatsu', dan merayakannya dengan beberapa tradisi unik dan ritual yang terus berlanjut selama berabad-abad. Berbagai tradisi tahun baru Jepang telah berkembang selama ratusan tahun. Pada hari-hari pertama Janua

9 Alasan Seseorang Kangen Padamu

Dia adalah teman masa kecilku, seseorang yang akrab dengan diriku. Kami berbagi kenangan manis dan sedih, bercanda dan berduka bersama. Namun, saat kami beranjak dewasa, kami terpisah. Kami berjanji untuk tetap bertemu, tapi kami tahu bahwa itu tidak akan terjadi. Waktu berlalu, puluhan tahun, dan kami belum pernah bertemu lagi. Tapi aku masih merindukannya. Aku masih mengingat kenangan kami, kebahagiaan dan sedih yang kami bagi. Aku masih merindukan kehangatan dan kebaikan yang dia berikan. Aku tahu bahwa aku tidak dapat bertemu dengannya lagi, tapi aku masih merindukannya. Aku masih berharap bisa bertemu dengannya.  Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Alasan Seseorang Kangen Orang kangen karena mereka merindukan orang yang mereka cintai atau tempat yang mereka suka. Mereka merasa kesepian tanpa orang atau tempat yang mereka cintai. Mereka merindukan orang yang mereka sayangi dan memiliki kenangan hangat bersama.  Mereka merindukan tempat yang mengingatkan mereka pada kenangan